Search Cars

Tips & Rekomendasi

Cara Menghilangkan Baret di Mobil Sesuai dengan Tingkat Goresannya

Kesal mobil kesayangan catnya tidak mulus sempurna? Tenang dulu, ini cara menghilangkan baret ringan.

menghilangkan baret

Memiliki mobil yang kinclong dan mulus adalah dambaan tiap orang. Tentu kesal, bila mobil kesayangan catnya baret pada beberapa bagian bodinya.

Baret pada mobil memang sewajarnya aja, apalagi bila digunakan sebagai kendaraan harian yang mengantarkan pemiliknya dari satu titik ke titik lainnya.

Ada beberapa kategori baret pada cat di bodi mobil, yaitu baret halus, baret ringan, dan baret dalam.

Lantas bagaimana bisa terjadi dan apa bisa menghilangkan baret tersebut? Yuk simak selengkapnya di bawah ini.

menghilangkan baret

Baret halus

Baret halus biasanya akan lebih terlihat di mobil dengan cat warna hitam dan warna gelap lainnya. Meski hampir tidak terlihat, namun bila terakumulasi akan merusak estetika.

Baca juga: Cara Antisipasi Agar Cover Mobil Tidak Merusak Bodi dan Cat

Penyebab baret halus paling utama adalah debu dan pasir yang tidak sengaja langsung tersapu, baik saat  mengelap mobil dalam keadaan kering  atau saat mencucinya.

Pencegahan dan cara menghilangkan baret ringan yang paling mudah adalah jangan membersihkan mobil dengan menggunakan kemoceng atau langsung mengelapnya.

Bila ingin mencucinya, pastikan debu dan pasir sudah terbasuh sepenuhnya dengan air. Pastikan juga sponge dan lap dicuci dulu agar bebas dari pasir apalagi kerikil yang menempel sebelum mengusapnya ke bodi mobil.

JIka tidak terlalu dalam, menghilangkan baret halus dapat dilakukan dengan memoles bodi mobil, detailing, atau coating untuk melindunginya.

menghilangkan baret

Baret ringan

Selanjutnya, baret ringan yang biasa terjadi akibat bodi mobil tergores dengan benda yang lebih keras, seperti ranting pohon atau kerikil. Bisa juga tidak sengaja tergores oleh cincin atau tas pemilik mobil.

Baca juga: Mudahnya Coating Mobil Sendiri Biar Makin Kilap dan Kinclong

Selama tidak merusak susunan cat pada bodi mobil, baret ringan masih bisa dihilangkan. Cara menghilangkan baret ringan pun mudah, bahkan beberapa bahan untuk membantunya dapat ditemukan di rumah.

Cara pertama menghilangkan baret ringan yang paling umum adalah menggunakan kompon. Cara kerjanya ialah mengikis cat di sekitar goresan sehingga membuat goresan tertutup.

Hasilnya, cat mobil akan kembali mulus. Pilihlah kompon warna putih karena hasilnya akan jauh lebih maksimal.

Tidak hanya untuk mobil hitam saja, kompon bisa digunakan sebagai cara menghilangkan baret pada mobil putih dan warna lainnya.

Cara menggunakannya sangat mudah. Pertama-tama, bersihkan permukaan mobil terlebih dahulu supaya debu yang menempel hilang. Lalu, keringkan permukaan mobil dengan lap halus.

menghilangkan baret

Lalu, oleskan kompon ke atas goresan secukupnya. Setelah itu, poles dengan segera supaya tidak mengering. Lakukan dengan hati-hati dan jangan terlalu menekan supaya tidak banyak bagian cat yang terkikis.

Baca juga: Cara Poles Mobil di Rumah Tanpa Menggunakan Mesin

Selain menggunakan kompon, ada cara untuk menghilangkan baret ringan dengan menggunakan scratch remover. Untuk mendapatkan scratch removers, kamu bisa membelinya di toko aksesoris mobil.

Cara pemakaiannya tinggal dipoles saja pada bagian cat mobil yang tergores sebanyak lima kali. Setelah itu, gunakan kain microfiber untuk menggosoknya. Lakukan secara perlahan.

Dalam keadaan darurat, bahan-bahan seperti lotion anti nyamuk, pasta gigi, atau minyak kayu putih pun bisa digunakan untuk menghilangkan baret ringan pada bodi mobil.

Baca juga: 5 Alasan Kenapa Cuci Mobil Sendiri Lebih Baik

Bila baret ringan telah hilang atau setidaknya tersamarkan, kamu bisa kakukan poles dan waxing agar mobil makin kinclong.

menghilangkan baret

Baret dalam

Baret dalam bisa terjadi karena mobil mengalami kecelakaan ringan, seperti bersenggolan atau diserempet kendaraan lain. Yang paling umum biasanya adalah mobil menyerempet trotoar, pagar, pohon, motor, tiang listrik, dan sebagainya.

Meski bisa disamarkan dengan bahan-bahan untuk menghilangkan baret ringan, baret dalam dalam pada bodi mobil sudah termasuk parah karena bisa saja merusak struktur cat.

Untuk memperbaiki, sebaiknya langsung saja bawa ke bengkel. Jika mobil dilindungi asuransi, perusahaan penyedia jasa layanan akan membantu dan memperbaikinya. Jadi kamu tidak perlu khawatir.

Kerusakan cat mobil akibat baret memang tidak berpengaruh ke performa mesin. Namun, hal itu akan membuat tampilan mobil menjadi kurang menarik digunakan saat berkendara.

Baca juga: Warna Mobil Paling Favorit di Dunia dan Cara Merawatnya

Oleh karena itu, pastikan kamu langsung mengatasi dan menghilangkan baret di mobil ya.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.