Cara Mengatasi Kabin Bau Apek Pada Mobil yang Jarang Dipakai

Yuk, ketahui penyebab dan cara mengatasi kabin bau apek pada mobil yang jarang dipakai.

Siapa yang tidak kesal mendapati kabin mobil berbau apek? Padahal mobil tersebut jarang dipakai dan hanya sesekali dipanaskan saja mesinnya.

Sebenarnya, bau apek pada kabin mobil bisa terjadi kapan saja, baik mobil yang sering atau jarang dipakai. Ada banyak penyebab kabin berbau apek, pertama tentu masalah kebersihan. Tetapi, ada juga mobil yang kabinnya bersih namun tetap bau apek.

Baca juga: Cegah Corona dengan Membersihkan Interior Mobil Secara Mandiri

Jika sudah begini kamu harus cari tahu penyebabnya lebih dalam lagi. Bila saat AC dinyalakan baru tercium bau apek, bisa jadi filter atau evaporatornya sudah kotor.

Lalu, bau apek juga bisa berasal dari karpet mobil. Biasanya, karpet mobil berbahan karet rentan lembab dan menimbulkan bau apek. Solusinya, segera cuci hingga bersih dan keringkan.

Lain lagi bau apek di kabin yang timbul dari jok mobil. Bahan jok berbeda-beda, jadi untuk menghilangkan bau apek, kamu sebaiknya mengenali jenis bahan jok mobilmu.

Baca juga: Cara Merawat Jok Mobil Berbahan Kulit, Semi Kulit, Nilon, dan Vinyl

Nah, selain itu, masih ada lagi cara mengatasi kabin bau apek. Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

Rutin mengecek kabin

Untuk mengatasi kabin bau apek pada mobil yang jarang dipakai, ini lebih mudah. Seperti yang sudah disebutkan di atas, masalahnya hanya seputar kelembapan kabin yang mengakibatkan jamur.

Biasanya, hal ini terjadi pada mobil yang jarang dipakai dan terparkir di luar ruangan, sehingga perubahan suhu dari siang ke malam serta saat panas ke hujan terjadi secara drastis.

Jika kondisi mobil kamu yang jarang dipakai demikian, ada baiknya rutin mengecek kondisi kabin.

Misalnya, saat memanaskan mesin mobil minimal seminggu sekali, kamu bisa membuka seluruh pintu atau jendela agar sirkulasi udara di dalam kabin tetap terjaga.

Baca juga: Amankah Bila Menjemur Mobil di Bawah Sinar Matahari?

Lalu, lakukan perawatan pada karpet dan jok. Besihkan juga bagian dashboard, lingkar kemudi, door trim, sabuk pengaman, dan plafon.

Hindari menggunakan pengharum ruangan

Banyak pemilik mobil yang mengambil jalan pintas untuk menghilangkan bau apek pada kabin dengan menyemprotkan pengharum ruangan.

Hal ini bisa dibilang salah, karena kandungan pengharum ruangan dan pengharum khusus untuk mobil berbeda.

Ada pula bahaya yang ditimbulkan penggunaan pengharum ruangan pada kabin mobil. Butir air pada pengharum ruangan yang masuk ke evaporator bisa mengakibatkan terbentuknya embun. Lalu, muncul alga dan jamur yang melepaskan spora.

Baca juga: Pengharum Mobil Bikin Kanker? Mungkin Ini Penyebabnya

Spora tersebut akan dihembuskan lewat AC dan berpotensi menyebabkan Infeksi Saluran Pernapasan Akut atau ISPA.

Gunakan bahan alami untuk menghilangkan bau

Selain membersihkan secara rutin dan melakukan sirkulasi udara, cara mengatasi kabin bau apek yang paling baik adalah dengan menggunakan bahan-bahan alami.

Jika sudah dibersihkan tapi kabin masih bau apek, kamu bisa menggunakan kopi bubuk murni untuk menetralisirnya.

Tempatkan semangkuk kecil kopi bubuk di dalam kabin mobil selama satu malam. Tidak hanya bau apek, aroma kopi dapat menetralisir bau asap rokok dan bau sisa makanan.

Selanjutnya, kamu juga bisa gunakan cuka apel. Caranya sama, diamkan segelas cuka apel di kabin mobil selama satu malam. Bau apek pun jadi netral kembali.

Baca juga: Manfaat Kopi, Jadi Pengharum dan Penghilang Bau di Kabin Mobil

Bahan alami lain yang bisa kamu gunakan untuk menetralisir bau apek dari dalam kabin mobil adalah bubuk kayu manis, daun pandan, dan baking soda.

Bahan-bahan tersebut mudah dibeli dan didapat. Harganya lebih miring ketimbang jika kamu harus beli pengharum khusus mobil.

Air purifier

Cara mengatasi kabin bau apek pada mobil yang jarang dipakai paling praktis adalah menggunakan air purifier.

Air purifier dapat menyerap debu dan bau apek yang ada di dalam kabin lalu menyaringnya, dan kemudian mengeluarkan udara yang segar.

Alat ini juga dapat membunuh bakteri dan jamur di kabin mobil. Cara kerjanya mirip dengan pengatur suhu udara atau AC.

Namun, jika AC dapat mengubah suhu dan temperatur udara di kabin mobil, air purifier hanya membersihkan dan memurnikan udara saja, sesuai dengan namanya.

Baca juga: 6 Benda yang Berbahaya jika Ditinggal dalam Kabin Mobil

Saat ini harga air purifier khusus mobil bervariasi, di marketplace atau toko aksesoris harganya mulai ratusan hingga jutaan rupiah. Tergantung daya cakup ruangan dan merek.

Tidak terlalu rumit untuk mengetahui penyebab dan cara mengatasi kabin bau apek. Yang terpenting, kamu sebagai pemilik mobil harus rajin dan konsisten untuk menjaga kebersihannya ya.