Cara Menerapkan Hidup Hemat Listrik di Rumah Sejak Dini

By Amalia Kartika - September 30, 2021

Menerapkan sikap hidup hemat listrik harus diterapkan sedini mungkin. Bagaimana caranya? Simak selengkapnya di artikel ini.

hemat listrik

Apakah kamu sudah menerapkan hemat listrik di tempat tinggalmu? Mungkin hal ini terbilang sulit karena energi listrik sangat penting untuk kegiatan sehari-hari.

Apalagi di era yang serba menggunakan teknologi ini, penggunaan listrik jadi semakin besar. Namun, sumber daya listrik bisa semakin berkurang seiring berjalannya waktu.

Baca juga: 6 Anggaran yang Harus Disiapkan Saat Pindah Rumah

Maka dari itu, kita harus mulai menerapkan hemat listrik dan hal ini perlu diajarkan dan diterapkan kepada anak sejak dini. 

Nah, apa saja sih sikap hidup hemat listrik yang harus diterapkan sejak dini? Simak beberapa contohnya berikut ini.

Matikan lampu yang tidak dipakai

Pertama, gunakan lampu hanya pada saat diperlukan saja. Sebagaian orang mungkin masih sering meninggalkan suatu ruangan dengan lampu dalam keadaan menyala, padahal ada di ruangan lain.

Baca juga: 7 Kombinasi Warna Cat Dinding Rumah Biar Makin Estetik

Misalnya, ketika anak meninggalkan kamar atau ruang mainnya, ajarkan kebiasaan untuk selalu mematikan lampu jika sudah tidak diperlukan atau sebelum meninggalkan ruangan.

Membiarkan lampu menyala terlalu lama akan membuat tagihan listrik meningkat, lho.

Tidak pakai lampu di pagi dan siang hari

Selain itu, sebaiknya tidak menggunakan lampu di siang hari dan menggunakan pencahayaan dari luar. Makanya, sebisa mungkin setiap ruangan di rumah memiliki penerangan yang cukup.

Buka gorden dan jendela kamar anak setiap pagi agar mendapat udara segar serta penerangan dari luar. Ajarkan pula kebiasaan ini kepada anak agar dapat melakukannya sendiri.

Cabut kabel dari saklar setelah digunakan

Sikap hidup hemat listrik yang wajib dilakukan adalah mencabut kabel peralatan elektronik ketika sudah selesai digunakan. Hindari meninggalkan barang elektronik, misalnya mengisi daya baterai ponsel semalaman.

Baca juga: Koleksi Generasi 90an yang Pernah Hits dan Penuh Kenangan

Kenapa begitu? Meski peralatan elektronik sudah tidak digunakan atau dalam keadaan mati, selama masih ada kabel yang tercolok di saklar, aliran listrik tetap mengalir.

Jadi, daripada daya listrik terbuang begitu saja dan dikhawatirkan malah membuat tagihan listrik meningkat, biasakan untuk langsung mencabut kabel dari saklar jika tidak dipakai.

Batasi penggunaan televisi dan gadget

Bagi yang suka membiarkan televisi menyala apalagi sampai dinyalakan ketika tidur, jangan membiasakan hal seperti ini ya. 

Membiarkan peralatan elektronik menyala tentu dapat membuat tagihan listrik membengkak. Kebiasaan ini dapat menjadi contoh yang kurang baik bagi anak-anak.

Baca juga: Apa itu Layanan 5G dan Bagaimana Perbedaannya dengan 4G?

Agar menghindari hal seperti ini, cobalah untuk membatasi penggunaan televisi. Misalnya nonton tv hanya boleh 2 jam saja, setelah itu langsung matikan tv dan cabut kabelnya dari saklar.

Terapkan hal ini dengan penggunaan gadget atau video game. Membatasi penggunaan gadget juga dapat menghemat listrik karena tidak perlu terlalu sering diisi dayanya.

Berita Terkait

Author