Cara Menentukan Harga Jual Mobil yang Pasti Menguntungkan

26 February 2020

Mau jual mobil tapi bingung menentukan harganya? Yuk, simak cara menentukannya yang #BikinKamuSiap menjual mobil dengan harga sesuai.

cara menentukan harga jual mobil

Memiliki mobil yang sesuai dengan kebutuhan adalah impian banyak orang. Seperti yang sudah diketahui, saat kamu menjual mobil, akan ada uang tambahan dari penjualan tersebut untuk membeli mobil baru.

 

Terkait itu, apabila kamu ingin jual mobil, apakah pernah bingung bagaimana menentukan harganya agar pantas dan sesuai dengan keinginan pembeli?

 

Masalah klasik saat menentukan harga jual mobil adalah kalau terlalu murah takut menyesal, sedangkan jika jual terlalu mahal nantinya mobil tidak akan laku.

 

Baca juga: Jual Mobil Jarang Dipakai Ternyata Tidak Sepenuhnya Untung

 

Nah, daripada kamu bingung, mending simak cara menentukan harga jual mobil berikut ini.

Cek depresiasi

Cara menentukan harga jual mobil yang pertama adalah kamu harus mengecek seberapa besar depresiasi harganya.

 

Umumnya, bila kamu membeli mobil dari baru atau menjadi tangan pertama, depresiasi harganya berkisar antara 15 sampai 25 persen. Sedangkan penurunan harga mobil bekas bisa lebih rendah dari itu.

Astra Auto Fest 2020

Tahun pembuatan

Semakin muda tahun pembuatan mobil yang ingin kamu jual, maka harganya pasti akan lebih tinggi. Ini pun sesuai dengan pembahasan depresiasi di atas.

 

Baca juga: Cara Dapat Untung Saat Jual Mobil Bekas

 

Semakin banyak mobil baru yang bermunculan, maka semakin turun juga nilai mobil yang sebelumnya sudah lebih dulu dikeluarkan pabrikan.

Kondisi mobil

Harga jual mobil juga bergantung pada kondisi mobil. Untuk itu, jika tidak ingin harga jual mobil turun drastis, ada baiknya kamu selalu melakukan perawatan secara berkala di bengkel resmi agar kondisi mobil tetap prima.

 

Hal ini penting agar nantinya mobil terlihat gres dan layak pakai. Mungkin pada awalnya membutuhkan biaya untuk perbaikan, tetapi perlu diingat bahwa kondisi mobil bekas yang dijual dengan kondisi baik, maka harga jualnya pun akan lebih tinggi dan tentunya kamu jadi lebih untung.

 

Sebelum melakukan perawatan di bengkel resmi, jangan lupa booking service terlebih dulu di Seva.id ya.

mengurus STNK dan BPKB yang hilang atau rusak karena banjir

Dokumen lengkap

Selanjutnya, pastikan kelengkapan dokumen mobil. Beberapa surat yang harus diperhatikan misalnya STNK dan BPKB. Pada STNK khususnya, periksa lagi apakah pajak sudah dibayar atau belum.

 

Baca juga: Mana yang Lebih Menguntungkan, Menjual Mobil Secara Pribadi Atau Tukar Tambah?

 

Pajak STNK yang masih panjang jatuh temponya biasanya akan mendongkrak harga jual mobil.

Harga pasaran

Nah, kembali ke masalah klasik cara menentukan harga jual mobil, langkah yang perlu kamu lakukan adalah mengecek harga pasar untuk mobil yang akan dijual. kamu dapat melakukan pengecekan melalui surat kabar atau website.

 

Selain itu, untuk mengetahui harga pasaran mobil yang ingin dijual, kamu juga bisa cek dengan mengunjungi bursa penjualan mobil bekas.

Jual Mobil Saya

Cara menentukan harga jual mobil yang terakhir adalah dengan menjualnya secara online. Kamu tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk mengiklankan mobil atau bertemu dengan pembeli yang belum tentu. Cukup menjual mobil bekas kamu di Seva.id.

 

Baca juga: Fitur Terbaru Seva.id yang Bikin Kamu Makin Mudah Beli Mobil

 

Melalui layanan Jual Mobil Saya, Seva.id memberikan kemudahan kepada kamu untuk menjual kendaraan secara mandiri. Seva.id akan membantu mengiklankan mobil yang hendak kamu jual.

Lebih lanjut, jual mobil di Seva.id tidak hanya mudah dan cepat, tetapi juga gratis alias tidak dipungut biaya, dan pastinya sangat aman. Kamu cukup mengikuti langkah-langkah pada infografis di atas.

 

Bagaimana? Mudah kan? Layanan Jual Mobil Saya di Seva.id bakal #BikinKamuSiap menjual mobil dengan harga yang sesuai.

Author

Sing with me, sing for the year. Sing for the laughter and sing for the tear. Sing with me, it's just for today. Maybe tomorrow the good Lord will take you away. - Dream On, Aerosmith -

SHARE