Cara Mendorong Mobil bila Akinya Mati Tiba-tiba di Jalan

By Arris Riehady - Agustus 27, 2021

Tiba-tiba mobil mogok di jalan karena akinya mati? Tenang, begini cara mendorong mobil yang aman.

mendorong mobil

Mendorong mobil di jalan raya bisa jadi berbahaya baik bagi diri sendiri dan juga orang lain. Pasalnya, jalan raya dipenuhi oleh lalu-lalang kendaraan.

Mungkin, tidak ada yang berharap untuk mendorong mobil mogok di jalan raya. Tetapi yang namanya musibah atau kerusakan mendadak pada mobil tidak bisa dihindari.

Oleh karena itu, diperlukan pengecekan dan perawatan mobil agar performanya tetap optimal dan tidak merepotkan kamu sebagai pemiliknya.

Baca juga: Apa Itu Engine Mounting? Berikut Penjelasan dan Fungsinya

Bila memang terjadi dan mobil mogok di jalan, begini cara mendorongnya agar tetap aman.

Menyalakan lampu hazard

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menenangkan diri sejenak dan nyalakan lampu hazard.

Fungsi lampu hazard adalah sebagai penanda keadaan darurat yang dialami oleh pengemudi, seperti sedang mengganti ban, kecelakaan lalu lintas, atau mogok di tengah jalan.

Menyalakan lampu hazard berguna untuk memberi isyarat kepada pengendara lain agar mereka segera menghindari mobil dan meminimalisir kecelakaan.

Baca juga: Etika Menyalakan Lampu Sein, Hati-hati Salah Arah

Dalam Undang-Undang No. 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Pasal 121 Ayat 1, setiap pengemudi kendaraan bermotor wajib memasang segitiga pengaman, lampu isyarat peringatan bahaya, atau isyarat lain pada saat berhenti atau parkir dalam keadaan darurat di jalan.

Jadi, jangan menggunakan lampu hazard jika bukan dalam keadaan darurat, karena akan membingungkan pengguna jalan lain. Apalagi menyalakan lampu hazard untuk lurus di perempatan.

 mendorong mobil

Mendorong mobil

Jika mobil mogok di tengah jalan, sebelum ke luar mobil, pastikan sudah aman dan perhatikan kondisi di sekitar.

Lalu perlahan, kamu bisa mendorong mobil ke tempat yang lebih aman, seperti di bahu jalan atau jalur darurat untuk menghindari kendaraan lain.

Baca juga: Spooring dan Balancing Bikin Mobil Tidak Limbung, Beneran?

Untuk mendorong mobil ke tempat aman tersebut, bila memungkinkan kamu bisa minta tolong orang lain agar agar pekerjaan semakin ringan.

Namun hati-hati saat mendorongnya, selalu utamakan keselamatan.

kode transmisi matik

Transmisi mobil

Mendorong mobil tidak bisa sembarangan. Memang tidak terlalu sulit bila mendorong mobil bertransmisi manual, namun kamu tetap butuh bantuan orang lain.

Baca juga: Cara Cek Keaslian STNK, Periksa Data sampai QR Code

Kalau kerusakan pada aki, misalnya soak, mobil masih bisa menyala untuk langsung menuju bengkel.

Caranya harus di jalan datar dan lurus, lalu dorong mobil dalam keadaan hidup atau on, dan tranmisi netral. Setelah mobil di dorong dan melaju cukup, injak pedal kopling dan masukkan gigi 1.

Biasanya mesin akan menyala, lalu dengan segera kamu bisa injak kembali pedal kopling, masuk ke netral, dan injak pedal gas secukupnya.

Jaga agar mesin mobil tidak mati lagi selama beberapa saat, kemudian baru dapat berjalan menuju bengkel.

Untuk mobil dengan transmisi matik, masukkan ke netral dan pinggirkan mobil ke tempat aman.

Baca juga: Mobil Limbung Bikin Mabuk Darat, Mitos atau Fakta?

Catat ya, mobil matik hanya boleh didorong dalam posisi netral atau transmisi N, sebab jika tidak dapat menimbulkan gesekan yang sangat besar dan menyebabkan rusaknya logam penggerak transmisi mobil.

mendorong mobil

Titik aman mendorong mobil

Kamu bisa mendorong bagian belakang mobil tepat di area yang paling kokoh, biasanya di sekitar pojok kiri dan kanan.

Tetapi posisi titik aman pada setiap mobil bisa berbeda-beda. Untuk mobil yang memiliki deretan lampu di bagian pinggir belakang, titik amannya berada di kap bagasi yang agak samping.

Sedangkan bila pinggiran bagasi dilapisi karet, daerah tersebutlah yang aman untuk ditekan ketika mendorong mobil.

Baca juga: Toyota Kijang Kapsul atau Isuzu Panther, Mau Pilih Mana?

Untuk mobil yang bagasinya menggunakan penutup semuanya kaca, kamu dapat mendorong di bagian fender belakang kiri dan kanan.

Berita Terkait

Author

What (apa), Who (siapa), When (kapan), Where (dimana), Why (kenapa), dan How (bagaimana). Suka kecepatan dan ketinggian. I am @arristoocrazy!