Search Cars

Tips & Rekomendasi

Cara memulai Investasi Mobil Klasik, Jangan Salah Langkah

Investasi mobil klasik sangat digandrungi oleh pecinta otomotif, khususnya yang suka dengan gaya klasik. Lalu, bagaimana cara memulainya?

Investasi Mobil Klasik

Demi menambah pundi-pundi keuangan untuk masa depan, ada beragam cara yang bisa dilakukan. Menabung dan menjalani bisnis adalah hal yang paling umum.

Namun saat ini, tak sedikit orang yang sudah mulai terjun ke dunia investasi karena dipercaya tak hanya mampu menambah jumlah harta yang dimiliki saja, tetapi juga membuat kondisi finansial yang sangat baik.

Instrumen investasi seperti saham, reksadana, properti, dan sebagainya mulai dijajal sebagian orang. Namun, saat ini ada jenis investasi lain dan mulai digandrungi karena banyaknya ragam keunikan, yakni investasi mobil klasik.

Selain itu, kelangkaannya juga membuat harga mobil klasik bisa melambung tinggi setiap waktunya.

 

Baca juga: Syarat Perjalanan Terbaru Setelah Larangan Mudik Berakhir

Investasi mobil klasik memang sudah dikenal sejak zaman dulu. Namun, diperkirakan jenis investasi ini kian menjadi tren sejak awal tahun 2000-an.

Para penggiat otomotif semakin peduli bahwa memiliki mobil klasik tidak hanya sekedar dijadikan alat transportasi atau dikoleksi sebagai pemuas hobi, tetapi juga bisa memiliki nilai tambah di masa depan.

Harga mobil klasik yang umum dimiliki pecinta otomotif sangat beragam, mulai dari puluhan hingga miliaran rupiah.

Harga tersebut bisa dipengaruhi berbagai hal, seperti usia, jumlah produksi, nilai estetika atau tampilan, kondisi mesin, dan sebagainya.

Belum lagi dengan beragam fitur atau keunggulan yang dimiliki mobil klasik edisi terbatas. Kalau kamu juga berminat, yuk simak cara investasi mobil klasik agar bisa meraih keuntungan di masa depan.

Raih Untung di Masa Depan dengan Investasi Mobil Klasik

Lakukan riset sebelum membeli mobil klasik

Untuk memulai investasi mobil klasik, tentunya kamu perlu memilih mobil klasik yang ingin kamu miliki. Lakukan riset sederhana dengan mencari daftar mobil klasik yang layak untuk diinvestasikan.

Lalu, pertimbangkan merek mobil yang akan kamu beli. Sebab, harga yang tinggi ditentukan tidak hanya dari jenis mobilnya, tetapi tentu juga berdasarkan brand.

Baca juga: 5 Hal yang Harus Direncanakan Sebelum Mudik Setelah Lebaran

Kemudian, sama seperti instrumen investasi lainnya, mobil klasik juga memiliki masa pasang-surut tersendiri. Oleh karenanya, cek kembali harga mobil klasik saat ini.

Jika kamu memang memiliki budget untuk membeli mobil klasik, pilih mobil dengan harga terbaik. Jangan lupa juga untuk mengecek kualitas mobil, agar harga sesuai dengan kondisi mobil yang ada.

Raih Untung di Masa Depan dengan Investasi Mobil Klasik

Rutin melakukan perawatan berkala

Selain permintaan pasar, mobil klasik akan semakin bernilai tinggi jika terawat dan diperhatikan kondisinya. Salah satunya adalah dengan melakukan perawatan berkala.

Misalnya adalah rutin membersihkan bagian luar dan dalam mobil klasik, memakai oli mobil berkualitas terbaik, melindungi mobil dengan body cover, menjaga tampilan cat mobil, dan lain sebagainya.

Baca juga: Tarif Tol Ngawi-Kertosono Naik 29 April 2021, Ini Daftarnya

Memanaskan mobil secara teratur juga perlu dilakukan agar kualitas mesin terjaga. Harga mobil klasik yang memiliki mesin prima tentu lebih tinggi dibandingkan yang sudah mengalami gangguan.

Raih Untung di Masa Depan dengan Investasi Mobil Klasik

Jangan lupa, poles mobil di bengkel terpercaya

Mobil yang sudah terlihat tua dan ketinggalan jaman bukan berarti tidak bisa difungsikan. Agar nilainya semakin bertambah, coba menjadikannya terlihat lebih kinclong dengan cara memolesnya. 

Baca juga: Makanan dan Minuman Ini Bisa Bikin Anti Ngantuk Saat Nyetir

Untuk itu, pilih bengkel mobil yang khusus menangani service mobil klasik. Pasalnya, tidak semua montir mahir men-service mobil klasik. 

Kemudian, tanya dan diskusikan juga hasil pemeriksaannya agar kamu paham kondisi mobil dengan baik.

Perbanyak informasi mobil klasik lewat komunitas

Selain merawat dan membawa mobil ke bengkel, cara investasi mobil klasik lainnya adalah dengan meningkatkan pengetahuanmu terhadap segala info tentang mobil klasik.

Selain dari internet, kamu juga bisa memperkaya informasi dengan bergabung ke sebuah komunitas pecinta mobil klasik.

Dari sini, kamu bisa mendapatkan segala informasi terbaru soal mobil klasik yang diinvestasikan dari setiap anggota di komunitas.

Baca juga: Air Garam Dapat Menghantarkan Arus Listrik, Bisa Jadi Alternatif Kelistrikan Mobil?

Gabung ke komunitas juga menambah teman diskusi dan tanya jawab soal investasi mobil klasik.

Selain itu, kamu juga bisa memperluas jaringan dengan mengenal orang baru, misalnya penjual terpercaya, orang-orang yang sedang mencari dan berniat membeli mobil klasik, ahli mesin, atau lainnya.

jual mobil jarang dipakai

Jual saat harga beli tinggi

Investasi mobil klasik memiliki prinsip yang tak berbeda jauh dengan instrumen investasi lainnya, yakni jualah saat harganya sedang tinggi.

Baca juga: Ban Tubeless Sering Kempis Saat Digunakan, Apa Masalahnya?

Tren mobil klasik akan selalu berputar, akan ada masa di mana investasi mobil kembali hits dan banyak diikuti orang-orang.

Menjual mobil klasik dalam kondisi pasar seperti itu akan cenderung lebih menguntungkan. T

erlebih jika kamu membutuhkan dana segar atau berniat mengganti koleksi mobil dengan mobil lain maupun instrumen investasi lain.

Lindungi dengan asuransi

Selain menjaga kondisi dan kualitasnya, cara berikutnya agar koleksi mobil klasik kamu nilainya terjaga adalah dengan menggunakan asuransi kendaraan.

Jenis asuransi ini akan memberikan pertanggungan apabila mobil mengalami kerusakan atau hilang dicuri.

Setelah itu, asuransi kendaraan memberikan jaminan uang pertanggungan yang nilainya sesuai dengan jenis mobil klasikmu.

Jadi, tak ada ruginya jika kamu membayar premi bulanan untuk memberi perlindungan ekstra terhadap berbagai risiko.

Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk investasi mobil klasik?

 

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.