Tips & Rekomendasi

Cara Bikin AC Mobil Lebih Dingin di Bulan Ramadan

Sebagai persiapan bulan Ramadan, coba cara ini agar AC mobil lebih dingin. Mudah sekali loh.

AC mobil lebih dingin

Pendingin kabin atau air conditioner (AC) mobil menjadi salah satu komponen penting yang fungsinya menambah kenyamanan ketika berkendara.

Apalagi saat musim kemarau yang kemungkinan akan jatuh pada bulan Ramadan ini. Sayangnya, karena terlalu seringnya digunakan setiap saat membuat kinerja AC menjadi tidak maksimal.

Alasan paling mudah ketika AC di mobil kurang dingin adalah freonnya yang habis atau kurang. Padahal, masalahnya tidak melulu freon AC mobil karena  tidak akan habis untuk jangka waktu yang lama.

Baca juga: Benarkah Asap Rokok Bisa Sebabkan Kerusakan pada AC Mobil?

Freon AC mobil tidak akan habis jika tidak ada kebocoran, kecuali sudah digunakan selama 2-3 tahun, pasti ada penyusutan, tapi tidak akan banyak.

Umumnya, AC mobil menjadi perangkat yang berumur panjang. Hanya, diperlukan perawatan secara berkala. Tujuannya, agar suhu udara di dalam kabin tetap terjaga kesejukannya.

Nah untuk menjaga dan supaya AC mobil lebih dingin untuk persiapan di bulan Ramadan dan musim kemaran, coba cara ini yuk.

sejarah toyota alphard

Menjaga kebersihan kabin

Tentunya sebagai pemilik mobil, wajib menjaga kebersihan interior atau kabin mobil. Kabin yang kotor dan berdebu dapat tersikulasi masuk ke filter AC sehingga mengganggu kinerjanya.

Baca juga: Sesuaikan Kondisi Cuaca, Ini Cara Mudah Mengatur AC Mobil

Ketika kinerjanya terganggu, suhu kabin akan sulit dingin.

AC mobil lebih dingin

Jangan buka jendela

Jika menyalakan AC, jangan ada baiknya tidak membiarkan jendela mobil terbuka. AC mobil tidak dirancang untuk mendinginkan ruang yang besar, apalagi jika jendela terbuka, maka suhu dinginnya akan terbuang sia-sia.

Bersihkan kondensor

Usahakan melakukan perawatan berkala pada bagian kondensor AC, bersihkan juga kondensor saat mencuci mobil untuk membuang debu dan kotoran yang menempel, yang dapat menyebabkan kebocoran serta korosi.

Bersihkan filter kabin

Jangan lupa untuk selalu merawat dan membersihkan filter kabin. Jika memang sudah dianjurkan untuk ganti, sebaiknya lakukanlah pergantian filter kabin secara berkala.

Baca juga: Cara Merawat Kaca Mobil Agar Terhindar dari Jamur dan Baret

AC mobil lebih dingin

Jangan mematikan AC dalam waktu lama

Hingga kini masih banyak pemilik mobil yang percaya bahwa menyalakan AC adalah pemborosan bahan bakar, dan tidak menggunakannya dalam jangka waktu lama.

Anggapan itu justru membuat AC cepat rusak. Dengan lama tidak aktif maka selang dan belt AC mengering, akibatnya cepat getas.

Baca juga: Bisakah Pasang Defogger Sendiri di Kaca Belakang Mobil?

Jika tidak ingin menggunakan AC saat berkendara demi penghematan bahan bakar atau alasan lain, maka sebaiknya sering melakukan pemanasan.

Hidupkan AC selama 10 menit minimal seminggu sekali, agar semua sistem di AC berfungsi.

Matikan mesin dan AC beberapa saat

Perjalanan jauh dan macet kadang memang membuat bosan. Selain terlalu lama berada di dalam mobil, kadang AC juga ikut bermasalah karena menyala dalam waktu lama, 4 jam misalnya.

Untuk mengatasinya, matikan mesin dan AC mobil untuk beberapa saat. Jangan lupa juga untuk membuka jendela mobil agar udara di dalam mobil dapat bersirkulasi dengan baik.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Kaca Film Mobil Bikin AC Lebih Dingin?

Ini juga berguna untuk mengistirahatkan AC yang sudah bekerja terlalu keras sepanjang perjalanan. Jadi, AC akan lebih cepat dingin ketika dihidupkan kembali.

AC mobil lebih dingin

Operasikan dengan benar

Kesalahan paling sering dilakukan adalah menyalakan AC ketika suhu dalam kabin sedang panas-panasnya usai terparkir di bawah paparan matahari.

Sebaiknya, buang dulu suhu panas tersebut. Suhu panas menyebabkan AC mobil harus bekerja lebih lama untuk mendinginkan suhu kabin.

Dengan membiarkan hawa panas keluar, nantinya akan membuat AC mobil lebih dingin. 

AC mobil lebih dingin

Servis berkala

Terakhir, bila memang sudah waktunya, lakukan servis berkala pada AC. Lakukan servis berkala maksimal tiap enam bulan sekali. Jangan lupa, ganti parts pada sistem AC jika memang sudah waktunya.

Baca juga: Amankah Menyalakan AC Mobil Saat Menerjang Banjir?

Urusan servis berkala, Kamu bisa menggunakan layanan Booking Service dan Home Service Seva.id. Tidak hanya servis berkala, kamu juga bisa melakukan ganti suku cadang mobilmu.

Jadi agar AC mobil lebih dingin, gunakan saja Booking Service. Mobil selalu terawat dan kegiatanmu tetap terus berjalan di bulan Ramadan.

Booking Service

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi
Supergraphic left
Supergraphic right

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.