Cara Bikin AC Mobil Lebih Dingin di Bulan Ramadan

By Arris Riehady - April 8, 2021

Sebagai persiapan bulan Ramadan, coba cara ini agar AC mobil lebih dingin. Mudah sekali loh.

AC mobil lebih dingin

Pendingin kabin atau air conditioner (AC) mobil menjadi salah satu komponen penting yang fungsinya menambah kenyamanan ketika berkendara.

Apalagi saat musim kemarau yang kemungkinan akan jatuh pada bulan Ramadan ini. Sayangnya, karena terlalu seringnya digunakan setiap saat membuat kinerja AC menjadi tidak maksimal.

Alasan paling mudah ketika AC di mobil kurang dingin adalah freonnya yang habis atau kurang. Padahal, masalahnya tidak melulu freon AC mobil karena  tidak akan habis untuk jangka waktu yang lama.

Baca juga: Benarkah Asap Rokok Bisa Sebabkan Kerusakan pada AC Mobil?

Freon AC mobil tidak akan habis jika tidak ada kebocoran, kecuali sudah digunakan selama 2-3 tahun, pasti ada penyusutan, tapi tidak akan banyak.

Umumnya, AC mobil menjadi perangkat yang berumur panjang. Hanya, diperlukan perawatan secara berkala. Tujuannya, agar suhu udara di dalam kabin tetap terjaga kesejukannya.

Nah untuk menjaga dan supaya AC mobil lebih dingin untuk persiapan di bulan Ramadan dan musim kemaran, coba cara ini yuk.

sejarah toyota alphard

Menjaga kebersihan kabin

Tentunya sebagai pemilik mobil, wajib menjaga kebersihan interior atau kabin mobil. Kabin yang kotor dan berdebu dapat tersikulasi masuk ke filter AC sehingga mengganggu kinerjanya.

Baca juga: Sesuaikan Kondisi Cuaca, Ini Cara Mudah Mengatur AC Mobil

Ketika kinerjanya terganggu, suhu kabin akan sulit dingin.

AC mobil lebih dingin

Jangan buka jendela

Jika menyalakan AC, jangan ada baiknya tidak membiarkan jendela mobil terbuka. AC mobil tidak dirancang untuk mendinginkan ruang yang besar, apalagi jika jendela terbuka, maka suhu dinginnya akan terbuang sia-sia.

Berita Terkait

Author

What (apa), Who (siapa), When (kapan), Where (dimana), Why (kenapa), dan How (bagaimana). Suka kecepatan dan ketinggian. I am @arristoocrazy!