Cara Sederhana Agar Rumah Terhindar Dari Virus Corona

Walaupun #dirumahaja kamu tetap harus menjaga kebersihan. Caranya mudah, simak di bawah ini.

rumah terhindar virus Corona

Sejak merebaknya wabah virus Corona atau Covid-19 di Indonesia, pemerintah langsung ambil langkah cepat dengan membatasi gerak masyarakat.

 

Hal ini bertujuan agar penyakit yang disebabkan oleh virus dan belum ada vaksinnya ini tidak menyebar lebih cepat lagi. Salah satu himbauan dari pemerintah adalah isolasi mandiri di rumah.

 

Dalam waktu dua minggu, beberapa instansi sudah diliburkan. Bahkan, beberapa kantor pemerintahan dan swasta sudah mengeluarkan kebijakan work from home (WFH) atau bekerja dari rumah agar karyawan dapat melakukan social distancing (menjaga jarak).

 

Social distancing ini dapat dilakukan dengan menjauhi kerumunan, kurangi berjabat tangan, tidak pergi ke tempat ramai, dan menjaga jarak setidaknya satu meter dengan orang lain. Cara ini dinilai tepat untuk menangkal penyebaran serta penularan virus Corona.

 

Baca juga: Tips Menghitung Kebutuhan Cat Dinding Rumah Agar Hemat Budget

 

Tapi, jangan sampai kamu terlena dengan adanya WFH. Kamu juga harus memperhatikan kebersihan rumah dan sekitarnya. Untuk itu, simak cara agar rumah terhindar dari virus Corona berikut ini.

rumah terhindar virus Corona

Semprot disinfektan

Menyemprotkan disinfektan hingga saat ini dinilai ampuh untuk mencegah, termasuk agar rumah terhindar dari virus Corona.

 

Salah satu cara penularan penyakit dengan gejala demam, batuk, dan kesulitan bernapas ini adalah dengan bersentuhan secara langsung pada benda yang sudah terpapar virus.

 

Virus Corona menyebar dari cairan bersin atau batuk, lalu menginfeksi lewat kontak langsung, seperti berpelukan, jabat tangan, ciuman, hingga melalui media benda yang disentuh.

 

Baca juga: Makin Aman, Ini Alarm Rumah Anti Maling Paling Populer

 

Oleh karena itu, ada baiknya untuk menyemprotkan cairan disinfektan pada benda atau tempat yang kiranya sering di sentuh, misalnya seperti pagar, daun pintu, smartphone, remote TV atau AC, dan sebagainya. Lalu, pel lantai rumah dan lap perabotan dengan cairan ini.

 

Tips dari dr. Nahla Shihab untuk membuat cairan disinfektan adalah dengan mencampurkan 95 mililiter cairan pembersih, seperti Bayclin, dengan 905 mililiter air. Mudah bukan?

cegah corona

Selalu cuci tangan

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, virus Corona dapat menginfeksi orang yang sehat lewat sentuhan dengan benda atau kontak langsung dengan orang yang terinfeksi virus.

 

Sudah pasti, tangan adalah media utama untuk penularannya. Maka dari itu, meski kamu di rumah saja, tidak ada salahnya untuk selalu mencuci tangan.

 

Baca juga: Keuntungan Memiliki Mini Garden di Rumah, Berani Coba?

 

Jangan hanya dengan air, cuci tangan kamu dengan baik sesuai anjuran dengan menggunakan sabun. Selain itu, sediakan juga hand sanitizer di rumah sebagai pengganti sabun.

rumah terhindar virus Corona

Rajin mandi

Selain menjaga rumah agar terhindar dari virus Corona, kamu juga wajib memperhatikan kebersihan diri sendiri.

 

Caranya menjaga kebersihan diri ketika di rumah adalah dengan rajin mandi, apalagi jika kamu habis dari luar walau hanya sebentar.

 

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menunjukkan virus Corona dapat bertahan di permukaan benda selama beberapa jam hingga beberapa hari. Karena itu, kamu juga harus rutin mengganti baju bahkan handuk agar terhindar dari infeksi virus ini.

 

Baca juga: Tips Mengajukan KPR Rumah Kedua Saat KPR Rumah Pertama Belum Lunas

 

Jika memang di rumah saja, kamu disarankan untuk mandi dua kali sehari ya. Bila perlu tambahkan cairan anti kuman seperti Dettol di air mandi mu.

rumah terhindar virus Corona

Hewan peliharaan

Walau belum ada bukti virus Corona dapat ditularkan dari hewan peliharaan, tapi buat kamu yang memelihara hewan seperti anjing atau kucing di rumah ada baiknya mulai perhatikan keadaannya.

 

Selain memastikan hewan peliharaan selalu dalam keadaan sehat, jangan lupa untuk memandikannya. Apalagi jika hewan peliharaanmu sering bermain di luar rumah.

 

Jika di luar rumah, hewan perliharaan seperti kucing gemar berpetualang atau berjalan-jalan, bahkan kadang memakan makanan yang ditemuinya.

 

Baca juga: Cara Mudah Membersihkan Kotoran Hewan Peliharaan di Kabin Mobil

 

Untuk pencegahan, sementara ini sebaiknya kamu jaga hewan peliharaan di dalam kandangnya dengan selalu membersihkannya.

rumah terhindar virus Corona

Jaga kesehatan

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan agar rumah terhindar dari virus Corona.

 

Selain dengan rajin cuci tangan dan mandi, kamu juga disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang bergizi agar daya tahan tubuh kuat. Imbangi juga ketahanan tubuh dengan rutin mengkonsumsi vitamin dan istirahat dengan cukup.

 

Untuk yang gemar berolahraga, ada beberapa gerakan yang bisa dilakukan di rumah, seperti push up, sit up, skipping, yoga, senam, dan angkat beban.

 

Baca juga: Ada Makanan Pencegah Kanker, Mitos atau Fakta?

rumah terhindar virus Corona

Sudah menjadi tanggung jawab antar individu untuk selalu menerapkan gaya hidup sehat. Mulai dari diri sendiri dan lingkungan sekitar.

 

Jadi, yuk tingkatkan kesadaran dan kewaspadaan dengan selalu jaga kebersihan serta kesehatan.