BMW M3 Competition dan BMW M4 Competition Hadir di Indonesia

Tidak tanggung-tanggung, BMW Indonesia memboyong dua mobil tercepat, BMW M3 Competition dan BMW M4 Competition, berapa harganya?

BMW M3 Competition dan BMW M4 Competition

BMW Indonesia hadirkan dua model M sekaligus, BMW M3 Competition dan BMW M4 Competition, yang ditujukan untuk pecinta kecepatan.

Dalam sejarahnya, BMW M3 dikenalkan sejak 35 tahun lalu oleh BMW Motorsport GmbH untuk menjadi kendaraan homologasi Deutsche Tourenwagen Meisterschaft (DTM) atau balap touring di Jerman yang sangat popular.

BMW M3 dan BMW M4 yang hadir dalam varian Competition serta resmi mengaspal di Indonesia menjadi generasi keenam dari model legendaris tersebut.

Baca juga: BMW M3 dan BMW M4 Hadir Atas Nama Kecepatan

BMW dengan emblem M biasanya mesin, transmisi, suspensi, interior, aerodinamika, dan eksteriornya sudah dimodifikasi, sehingga selain lebih mewah, mobil juga jadi lebih kencang.

Perlu diketahui, semua BMW Seri M sudah melewati serangkaian tes, salah satunya adalah tes kecepatan dan ketahanan di fasilitas milik BMW di Nürburgring, Jerman.

“BMW M3 Competition dan BMW M4 Competition terbaru terapkan teknologi racing cars dari sirkuit ke jalan raya, dan ribuan putaran di Nürburgring Nordschleife,” kata Director of Communications BMW Group Indonesia Jodie O’tania.

Baca juga: Perbandingan Kecepatan BMW M3, BMW M4, dan BMW M1000RR

Lantas, bagaimana desain, performa, dan harga BMW M3 Competition dan BMW M4 Competition? Yuk, intip di bawah ini.

BMW M3 Competition dan BMW M4 Competition

Eksterior BMW M3 Competition dan BMW M4 Competition

Desain bodi BMW M3 Competition merupakan sedan empat pintu, sementara BMW M4 Competition adalah coupe dua pintu.

Aura buas sudah terpancar dari desain eksterior kedua mobil sport ini. Tampak depan, keduanya hadir dengan desain kidney grille baru. Grille tersebut diapit oleh LED Adaptif dengan BMW Laserlight.

Baca juga: BMW Astra Store Kelapa Gading Hadir dengan Layanan Terbaik

Bentuknya vertikal dengan list horizontal untuk mengalirkan udara segar ke dalam ruang mesin. Pada bagian bumper hadir juga kisi-kisi yang mengalirkan udara ke bagian rem dan ban depan.

Turun ke bagian kaki-kaki, BMW M3 Competition dilengkapi velg forged BMW M light-alloy double-spoke style 825 M Bi-colour Jet Black burnished dengan ukuran 275/35 R19 di bagian depan dan 285/30 R20 di bagian belakang.

Lalu, untuk BMW M4 Competition menggunakan BMW M light-alloy double-spoke style 826 M Bi-colour Jet Black burnished with Translucent Shadow dengan ukuran yang sama.

Baca juga: Apa Bedanya BMW Seri 4 Terbaru Tipe Coupe dan Convertible?

Kedua model sedan dan coupe ini juga memiliki atap yang terbuat dari carbon-fibre-reinforced plastic (CFRP) dengan antena sirip yang dioptimalkan secara aerodinamis, spoiler belakang, dan dua exhaust tail pipes khas BMW M.

BMW M3 Competition dan BMW M4 Competition

Interior BMW M3 Competition dan BMW M4 Competition

Sebagai mobil sport, interior BMW M3 Competition dan BMW M4 Competition dirancang dengan desain kokpit yang ergonomis memastikan fokus pengemudi tetap seratus persen pada pengalaman berkendara yang intens.

BMW M Sport Seats yang baru, dikembangkan dan dapat disetel secara elektrik hadir dengan trim kulit fine-grain Merino dengan fitur ventilasi udara.

Baca juga: MINI Paddy Hopkirk Edition, Hanya Ada 10 Unit di Indonesia

Desain terbaru pada jok ini juga memberikan impresi sporty melalui elemen warna BMW M dan single-tone leather.

Selain itu, kedua mobil ini juga dilengkapi dengan M Carbon interior package yang meliputi bagian interior trim, central console, lingkar kemudi, hingga paddle shift untuk pertama kalinya.

Suhu dalam kabin disesuaikan melalui AC dengan 3-zone climate control. Setelah itu, pencahayaan interior LED, termasuk ambient lighting.

Kemudian, sistem speaker Harman Kardon meningkatkan kenyamanan dalam berkendara sehari-hari dan dalam perjalanan yang lebih jauh.

Baca juga: MINI Frozen Brass Edition, Hanya Ada 10 Unit di Indonesia

BMW Live Cockpit Professional dan BMW Intelligent Personal Assistant juga hadir sebagai standar untuk BMW M3 Competition dan BMW M4 Competition yang bisa terkoneksi dengan smartphone secara nirkabel melalui penggunaan Apple CarPlay dan Android Auto.

BMW M3 Competition dan BMW M4 Competition

BMW M Drive Professional

Sistem kontrol dan display infotainment pada BMW M3 Competition dan BMW M4 Competition terdiri dari serangkaian fitur baru yang berperan dalam pengalaman berkendara yang seru.

BMW M Drive Professional, yang memulai debutnya di sini, dirancang khusus untuk berkendara di sirkuit.

BMW M Drive Professional ini termasuk BMW M Traction Control baru yang inovatif, yang memungkinkan fungsi pembatasan slip roda terintegrasi dengan sistem DSC untuk disesuaikan (melalui sepuluh penyetelan) dengan preferensi dan kebutuhan pribadi pengemudi.

Baca juga: 4 BMW M8 Bisa Dibeli Cash Bila Jadon Sancho Pindah ke MU

Elemen lain dari BMW M Drive Professional adalah BMW M Drift Analyser, yang mencatat dan menilai statistik mengemudi saat bermanuver.

Selanjutnya adalah BMW M Laptimer, untuk mencatat waktu putaran dan informasi lain yang dihasilkan selama mengemudi di dalam sirkuit.

M Drive Professional juga menghadirkan fungsi M Traction Control terbaru yang dapat diakses di mode TRACK.

Untuk personalisasi, tombol Setup di konsol tengah menyediakan akses langsung ke opsi pengaturan untuk mesin, sasis, kemudi dan sistem pengereman, Gear Shift Assistant, dan kontrol traksi.

BMW M3 Competition dan BMW M4 Competition

Panel kontrol di konsol tengah terdapat tombol M Mode sebagai standar yang dapat digunakan untuk menyesuaikan respon dan karakteristik sistem bantuan pengemudi dan tampilan di kluster instrumen dan tampilan Head-Up Display.

Baca juga: Deretan Mobil BMW Seri X Terbaru di Awal Tahun 2021

Head-Up Display BMW menghadirkan pengalaman berkendara yang sesuai dengan situasi yang dihadapi, lengkap dengan M-specific display, REV counter bar, dan display entertainment.

Pengemudi dapat memilih dari pengaturan ROAD dan SPORT, dengan mode TRACK yang dikembangkan untuk tancap gas di sirkuit balap.

Di luar sirkuit, BMW M3 Competition dan BMW M4 Competition juga dilengkapi serangkaian fitur yang memudahkan pengemudi.

Sebut saja sistem driving-assistance mutakhir meringankan beban kerja pengemudi secara monoton atau situasi yang tidak menentu di jalan.

Baca juga: Jadi Mobil Terkencang, Ini Spesifikasi BMW M8 di Indonesia

Kedua mobil ini juga hadir dengan Active Park Distance Control dengan sensor di depan dan belakang, Front Collision Warning with brake intervention dan Lane Departure Warning.

Fitur Parking Assistant 2.0 yang dilengkapi dengan Surround View system, juga dengan Reversing Assistant hadir sebagai standar.

BMW M3 Competition dan BMW M4 Competition

Mesin BMW M3 Competition dan BMW M4 Competition

BMW M3 Competition dan BMW M4 Competition menggendong mesin yang sama, yakni mesin berkapasitas 3.000 cc berkonfigurasi enam silinder segaris.

Mesin tersebut dikombinasikan dengan BMW M TwinPower Turbo dan 8-speed M Steptronic transmission with Drivelogic.

Baca juga: New BMW X1 sDrive18i dan New BMW X3 sDrive20i Resmi Mengaspal

Dua turbocharger dengan sistem Indirect Charge air-cooling dan direct-injection membantu menghasilkan tenaga instan serta siap untuk putaran tinggi tanpa interupsi untuk mencapai kecepatan tertingginya.

Hasil kombinasi itu membuat kedua mobil ini dapat melesat dari 0 hingga 100 kilometer per jam hanya dengan 3,9 detik saja, dan 0 hingga 200 kilometer per jam hanya dalam waktu 12,5 detik.

Sementara semburan tenaganya melonjak hingga 510 daya kuda dengan tenaga maksimal hingga 650 Nm.

Dengan teknologi sasis dari BMW M4 GT3, BMW M3 Competition dan BMW M4 Competition memiliki kecepatan maksimal 250 kilometer per jam yang dibatasi oleh elektronik.

BMW M3 Competition dan BMW M4 Competition

Harga BMW M3 Competition dan BMW M4 Competition

BMW M3 Competition dan BMW M4 Competition memiliki tiga pilihan warna eksklusif, yakni Sao Paulo Yellow, Toronto Red metallic, dan Isle of Man Green metallic.

Baca juga: Dirakit Lokal, Harga BMW X7 Terbaru Jauh Lebih Murah

Harga BMW M3 Competition dibandrol Rp 2.059.000.000, dan harga BMW M4 Competition Rp 2.119.000.000. Seluruh harga tertera off the road.

Sedangkan untuk varian Individual memiliki harga berbeda. Rp 2.599.000.000 untuk harga BMW M3 Competition Individual dan harga BMW M4 Competition Individual adalah Rp 2.659.000.000.

Varian Individual ini hadir dengan jumlah yang sangat terbatas dan memiliki fitur tambahan seperti M Carbon exterior package, M Carbon bucket seats, warna BMW Individual Frozen paintwork.

Baca juga: Resmi Mengaspal, Ini Ubahan dan Harga New BMW X5 xDrive40i

Lalu, ada juga M compound brake dengan warna Red high-gloss, velg dengan finishing eksklusif, dan BMW Individual Lights Shadow Line.

Kamu pilih mana, sedan BMW M3 Competition atau coupe BMW M4 Competition?