BMW M3 Competition dan BMW M4 Competition Hadir di Indonesia

By Arris Riehady - Juli 1, 2021

Tidak tanggung-tanggung, BMW Indonesia memboyong dua mobil tercepat, BMW M3 Competition dan BMW M4 Competition, berapa harganya?

BMW M3 Competition dan BMW M4 Competition

BMW Indonesia hadirkan dua model M sekaligus, BMW M3 Competition dan BMW M4 Competition, yang ditujukan untuk pecinta kecepatan.

Dalam sejarahnya, BMW M3 dikenalkan sejak 35 tahun lalu oleh BMW Motorsport GmbH untuk menjadi kendaraan homologasi Deutsche Tourenwagen Meisterschaft (DTM) atau balap touring di Jerman yang sangat popular.

BMW M3 dan BMW M4 yang hadir dalam varian Competition serta resmi mengaspal di Indonesia menjadi generasi keenam dari model legendaris tersebut.

Baca juga: BMW M3 dan BMW M4 Hadir Atas Nama Kecepatan

BMW dengan emblem M biasanya mesin, transmisi, suspensi, interior, aerodinamika, dan eksteriornya sudah dimodifikasi, sehingga selain lebih mewah, mobil juga jadi lebih kencang.

Perlu diketahui, semua BMW Seri M sudah melewati serangkaian tes, salah satunya adalah tes kecepatan dan ketahanan di fasilitas milik BMW di Nürburgring, Jerman.

“BMW M3 Competition dan BMW M4 Competition terbaru terapkan teknologi racing cars dari sirkuit ke jalan raya, dan ribuan putaran di Nürburgring Nordschleife,” kata Director of Communications BMW Group Indonesia Jodie O’tania.

Baca juga: Perbandingan Kecepatan BMW M3, BMW M4, dan BMW M1000RR

Lantas, bagaimana desain, performa, dan harga BMW M3 Competition dan BMW M4 Competition? Yuk, intip di bawah ini.

BMW M3 Competition dan BMW M4 Competition

Eksterior BMW M3 Competition dan BMW M4 Competition

Desain bodi BMW M3 Competition merupakan sedan empat pintu, sementara BMW M4 Competition adalah coupe dua pintu.

Aura buas sudah terpancar dari desain eksterior kedua mobil sport ini. Tampak depan, keduanya hadir dengan desain kidney grille baru. Grille tersebut diapit oleh LED Adaptif dengan BMW Laserlight.

Baca juga: BMW Astra Store Kelapa Gading Hadir dengan Layanan Terbaik

Bentuknya vertikal dengan list horizontal untuk mengalirkan udara segar ke dalam ruang mesin. Pada bagian bumper hadir juga kisi-kisi yang mengalirkan udara ke bagian rem dan ban depan.

Turun ke bagian kaki-kaki, BMW M3 Competition dilengkapi velg forged BMW M light-alloy double-spoke style 825 M Bi-colour Jet Black burnished dengan ukuran 275/35 R19 di bagian depan dan 285/30 R20 di bagian belakang.

Lalu, untuk BMW M4 Competition menggunakan BMW M light-alloy double-spoke style 826 M Bi-colour Jet Black burnished with Translucent Shadow dengan ukuran yang sama.

Baca juga: Apa Bedanya BMW Seri 4 Terbaru Tipe Coupe dan Convertible?

Kedua model sedan dan coupe ini juga memiliki atap yang terbuat dari carbon-fibre-reinforced plastic (CFRP) dengan antena sirip yang dioptimalkan secara aerodinamis, spoiler belakang, dan dua exhaust tail pipes khas BMW M.

BMW M3 Competition dan BMW M4 Competition

Interior BMW M3 Competition dan BMW M4 Competition

Sebagai mobil sport, interior BMW M3 Competition dan BMW M4 Competition dirancang dengan desain kokpit yang ergonomis memastikan fokus pengemudi tetap seratus persen pada pengalaman berkendara yang intens.

BMW M Sport Seats yang baru, dikembangkan dan dapat disetel secara elektrik hadir dengan trim kulit fine-grain Merino dengan fitur ventilasi udara.

Baca juga: MINI Paddy Hopkirk Edition, Hanya Ada 10 Unit di Indonesia

Desain terbaru pada jok ini juga memberikan impresi sporty melalui elemen warna BMW M dan single-tone leather.

Selain itu, kedua mobil ini juga dilengkapi dengan M Carbon interior package yang meliputi bagian interior trim, central console, lingkar kemudi, hingga paddle shift untuk pertama kalinya.

Suhu dalam kabin disesuaikan melalui AC dengan 3-zone climate control. Setelah itu, pencahayaan interior LED, termasuk ambient lighting.

Kemudian, sistem speaker Harman Kardon meningkatkan kenyamanan dalam berkendara sehari-hari dan dalam perjalanan yang lebih jauh.

Baca juga: MINI Frozen Brass Edition, Hanya Ada 10 Unit di Indonesia

BMW Live Cockpit Professional dan BMW Intelligent Personal Assistant juga hadir sebagai standar untuk BMW M3 Competition dan BMW M4 Competition yang bisa terkoneksi dengan smartphone secara nirkabel melalui penggunaan Apple CarPlay dan Android Auto.

Berita Terkait

Author

What (apa), Who (siapa), When (kapan), Where (dimana), Why (kenapa), dan How (bagaimana). Suka kecepatan dan ketinggian. I am @arristoocrazy!