Search Cars

Review Otomotif

BMW M 1000RR, Motor penyandang Emblem M Pertama di Dunia

Untuk pertama kalinya di dunia BMW Motorrad mengenalkan BMW M 1000RR. Seberapa kencang motor yang menyandang M ini?

BMW M 1000RR

Setelah menyebarkan teaser, akhirnya BMW Motorrad lewat akun Instagram @bmwmotorrad (23/9) merilis BMW M 1000RR. Selain BMW M 1000RR, BMW Group juga meluncurkan mobil BMW M3 dan BMW M4.

Seperti diketahui, M atau divisi M pada BMW sendiri berdiri pada tahun 1972. Pada awalnya divisi M bernama BMW Motorsport GmbH. Divisi ini memiliki tugas untuk meracik mobil-mobil BMW agar siap untuk tempur di arena balap.

BMW dengan emblem M biasanya mesin, transmisi, suspensi, interior, aerodinamika, dan eksteriornya sudah dimodifikasi, sehingga kecepatannya menjadi lebih kencang.

Baca juga: Mengenal Mobil BMW Seri M dan Sejarahnya di Dunia

Semua BMW Seri M sudah melewati serangkaian tes, salah satunya adalah tes kecepatan dan ketahanan di fasilitas milik BMW di Nürburgring, Jerman

Nah, BMW M 1000RR menjadi motor pertama di dunia yang menyandang emblem M. Bagaimana dengan performanya? Yuk simak!

BMW M 1000RR

Mesin BMW M 1000RR

BMW M 1000RR menggendong mesin yang sama dengan BMW S1000RR, hanya saja dilakukan pengaturan (tuning) ulang oleh divisi M BMW untuk mendapatkan performa terbaik.

Tipe mesin BMW M 1000RR adalah 4 silinder segaris berpendingin cairan dengan BMW ShiftCam berkapasitas 999 cc. Setelah di-tuning, tenaganya meningkat pesat, menjadi 212 daya kuda pada BMW M 1000RR.

Baca juga: Jajaran Mobil BMW yang Mengawal MotoGP, Apa Saja Serinya?

Mesin tersebut mampu melontarkan motor ini hingga kecepatan maksimal 305 kilometer per jam. Kecepatan 0 hingga 100 kilometer per jam mampu dilahap hanya dengan 3,1 detik saja.

Tuning yang dilakukan pada mesin tersebut meliputi teknologi BMW Shift Cam, rocker arm dibuat lebih ringan, port intake memiliki desain geometri baru, serta camshaft dan area intake lebih dimaksimalkan.

Sebagai pelengkap, sistem pembuangan melalui knalpot Akrapovic berbahan titanium dibuat lebih ringan 3.657 gram dibandingkan BMW S1000RR.

BMW M 1000RR

Desain BMW M 1000RR

BMW M 1000RR memiliki dimensi panjang 2.073 milimeter, lebar 840 milimeter, dan tinggi 1.457 milimeter, serta dengan tinggi jok 832 milimeter. Beratnya 193,5 kilogram dengan kapasitas tangkinya 16,5 liter.

Baca juga: Jadi Mobil Terkencang, Ini Spesifikasi BMW M8 di Indonesia

Tidak seperti BMW HP4 yang menggunakan frame berbahan karbon, BMW M 1000RR masih menggunakan bahan alumunium, begitu juga dengan swing arm-nya.

Bagian kaki-kakinya menggunakan pelek ring 17 inci dengan ban berprofil 120/70 di depan dan 200/55 di belakang.

Kemudian, pada bagian suspensi, di depan menggunakan teleskopik up side down, sementara di belakang menggunakan monoshock yang dapat diatur sesuai kebutuhan pengguna.

Sementara pengeremannya menggunakan kaliper yang juga di-tuning ulang oleh M, dengan dua cakram di depan dan satu di belakang yang lebih tebal daripada BMW S1000RR dengan teknologi BMW Motorrad Race ABS and ABS Pro.

Baca juga: BMW X3 M Competition dan BMW X4 M Competition Meluncur di Indonesia

Kesan sporty makin mantap berkat adanya winglet yang dipasang di samping fairing depan. Winglet berfungsi untuk membantu meningkatkan downforce saat motor melaju dengan kecepatan tinggi.

BMW M 1000RR memiliki desain visor baru yang lebih tinggi dan diklaim mengurangi hambatan angin dan mengimbangi tekanan dari winglet.

BMW M 1000RR

Fitur BMW M 1000RR

BMW M 1000RR dijejali beragam fitur yang akan memudahkan penggunaannya untuk sehari-hari dan juga track day.

Sebut saja mode berkendara mulai dari Rain, Road, Dynamic, Race, dan Race Pro. Termasuk ada juga Dynamic Traction Control (DTC) dan DTC wheelie function with 6axle sensor box. Motor ini dibekali fitur Hill Start Control yang biasanya terdapat di mobil BMW.

Baca juga: Keistimewaan Edisi Terbatas BMW M5 Edition 35 Years

Sebagai motor flagship, tentunya fitur-fitur seperti layar instrumen panel TFT berukuran 6,5 inci, Shift Assistant Pro untuk berpindah gigi lebih halus tanpa kopling, Launch Control, hingga seluruh lampu di motor ini sudah menggunakan LED.

Tertarik memilikinya? Sayang, belum ada keterangan resmi soal harga BMW M 1000RR. Sebagai patokan, harga BMW S1000RR off the road Jakarta Rp 767.000.000 untuk varian standar dan Rp 828.000.000 untuk varian M Package.

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.