BMW Indonesia Luncurkan BMW 320i Touring dan BMW 330i Sedan

Jadi semakin premium dan hadirkan banyak perubahan, apa saja kelebihan BMW 320i Touring dan BMW 330i Sedan yang baru diluncurkan?

BMW 320i Touring

BMW Indonesia kembali luncurkan dua mobil terbarunya, BMW 320i Touring dan BMW 330i Sedan.

Hadir dalam trim BMW 320i Touring M Sport berjenis wagon dan BMW 330i M Sport dengan jenis. Beragam upgrade kelengkapan, teknologi terkini, dan fitur terbaru turut dijejalkan.

BMW 320i Touring dan BMW 330i Sedan adalah model kendaraan paling legendaris dari BMW, yang kini hadir dengan kelengkapan identik dan semakin ikonik.

“BMW menciptakan generasi baru ketika meluncurkan 3 Series Touring pertama kali pada tahun 1987, dan sejak saat itu telah tetapkan tolak ukur baru dalam hal kedinamisan dan performa kendaraan,” kata Presiden Director BMW Group Indonesia, Ramesh Divyanathan.

Sementara itu, lanjutnya, BMW Seri 3 Sedan adalah model kendaraan BMW paling sukses dan legendaris di seluruh dunia.

Baca juga: Penjualan BMW Group Indonesia Cetak Rekor Baru di 2021

Bisa dibilang, BMW 320i Touring M Sport adalah penyempuraan dari model yang sama yang diluncurkan BMW Indonesia pada tahun 2020. Begitu pula dengan BMW 330i M Sport yang dikenalkan pada tahun 2019.

Lalu apa saja ubahan pada BMW 320i Touring dan BMW 330i Sedan terbaru ini?

BMW 320i Touring

Mesin BMW 320i Touring dan BMW 330i Sedan

Pada dasarnya kedua mobil yang masuk dalam BMW Seri 3 ini menggendong mesin yang sama, yaitu berkapasitas 2.000 cc empat silinder segaris berteknologi BMW TwinPower Turbo dengan TwinScroll turbocharger dan High Precision Direct Injection.

Mesin tersebut dikawinkan dengan transmisi Steptronic 8-percepatan. Namun dari sisi tenaga dan torsinya terdapat perbedaan mengingat jenis kedua kendaraan ini berbeda.

Baca juga: Aki BMW E30 Boleh Dijumper sedangkan E36 Tidak, Beneran?

Pada BMW 320i Touring, mesinnya dapat menyemburkan tenaga hingga 184 daya kuda dengan torsi 300 Nm.

Di atas kertas, mobil ini dapat melesat dari 0 hingga 100 kilometer per jam dalam waktu 3,5 detik.

Kecepatan maksimalnya mencapai 230 kilometer per jam dengan konsumsi bahan bakar 16,1 kilometer per liter.

Sedangkan mesin BMW 330i Sedan mampu menghasilkan tenaga hingga 258 daya kuda dengan torsi maksimal 400 Nm.

Kemampuan akselerasi dari 0 hingga 100 kilometer per jam dalam waktu 5,8 detik.

Lalu, kecepatan maksimal hingga 250 kilometer per jam dan konsumsi bahan bakar 15,1 kilometer per liter.

BMW 320i Touring

Eksterior BMW 320i Touring dan BMW 330i Sedan

Karena jenisnya berbeda, tentu dimensinya juga berbeda. BMW 320i Touring dengan jenis wagon ini memiliki dimensi panjang 4.709 milimeter, lebar 1.827 milimeter dan tinggi 1.470 milimeter.

Baca juga: Deretan Mobil BMW Seri X Terbaru di Awal Tahun 2021

Bila dibandingkan model sebelumnya, BMW 320i Touring lebih panjang 76 milimeter, lebih lebar 16 milimeter, dan lebih tinggi 8 milimeter.

Jarak sumbu roda lebih panjang 41 milimeter menjadi 2.851 milimeter.

Pada BMW 330i Sedan dimensinya tentu lebih ringkas dan kecil karena jenisnya sendiri yang masuk dalam kategori sedan premium mid-size.

Fitur eksterior keduanya identik, seperti lampu utama dengan BMW LaserLight terbaru.

Dengan teknologi tinggi BMW lampu utama ini memiliki fitur Glare-Free Hi-Beam dan konsumsi energi yang efisien serta keamanan berkendara pada saat situasi gelap dan sulit.

Bagian kaki-kaki, keduanya menggunakan velg berukuran 19 inci dengan model M Light Alloy Wheels Double-Spoke Style 791 M Bicolour, Jet Black, Burnished. Velg tersebut dibalut ban jenis run flat tyre dengan ukuran 225/40 R19 dan 255/35 R19.

Baca juga: Apa Bedanya BMW Seri 4 Terbaru Tipe Coupe dan Convertible?

Setelah itu, terdapat rem M Sport dengan kaliper empat piston di depan dan kaliper dua piston di bagian belakang.

Tiap kalipernya, warna merah BMW 320i Touring dan biru BMW 330i Sedan, diembos dengan logo BMW M, membuatnya semakin memperkuat nuansa sporty.

Lalu ada juga fitur Comfort Access 2.0 yang memungkinkan pembukaan dan penutupan pintu tanpa sentuhan saat pengemudi meninggalkan atau mendekati kendaraan.

Begitu juga dengan spion serta bagasi, tinggal kantungi kunci dan ayunkan kaki di bawah bagasi maka akan terbuka dan tertutup secara otomatis.

BMW 320i Touring

Interior BMW 320i Touring dan BMW 330i Sedan

Perbedaan utama keduanya ada pada bagian bagasi. Pada BMW 320i Touring, jendela belakang dapat dibuka secara terpisah untuk memudahkan ketika akan memasukkan atau mengeluarkan barang.

Tidak hanya itu, memasukkan barang-barang berukuran besar semakin mudah, berkat lebar kompartemen yang bertambah 112 milimeter, serta derajat buka 30 mm lebih tinggi dan juga 125 milimeter lebih lebar di bagian atasnya.

Baca juga: BMW M3 Competition dan BMW M4 Competition Hadir di Indonesia

Selayaknya mobil jenis wagon yang mengutamakan kepraktisan, mobil ini juga dilengkapi dengan Anti-Slip Rail yang bekerja secara otomatis.

Anti-Slip Rail akan mendeteksi ketika ada barang di atasnya dan secara otomatis akan naik dan menahan barang tersebut ketika berkendara ataupun dalam keadaan parkir yang curam.

Tidak hanya itu, kelengkapan seperti cargo net juga menjadi opsi standar untuk memperkuat kesan wagon-nya. Cargo net dapat digunakan dalam keadaan jok belakang terlipat ataupun tidak terlipat.

Untuk desain dashboard, baik BMW 320i Touring dan BMW 330i Sedan yang berfokus pada pengemudi, Control Display dan panel instrumen.

Baca juga: Apa Bedanya BMW Seri 4 Terbaru Tipe Coupe dan Convertible?

Lingkar kemudi dibalut BMW M Sport Leather terbaru yang dirancang dengan tombol multifungsi. Secara keseluruhan interiornya menggunakan BMW M Interior Trim Finishers Carbon Fibre.

BMW Operating System 7.0 yang baru memainkan peran utama dalam mengoptimalkan sistem kontrol dan display dengan fungsi digital modern yang disesuaikan dengan kebutuhan pengemudi.

BMW Live Cockpit Professional terdiri dari display yang dirancang secara konsisten, sesuai kebutuhan, dan dapat disesuaikan pada cluster instrumen 12,3 inci yang sepenuhnya digital dan Display Control 10,25 inci.

Baca juga: MINI Frozen Brass Edition, Hanya Ada 10 Unit di Indonesia

Untuk pengoperasian yang intuitif, pengemudi dapat memilih dari fungsionalitas layar sentuh Control Display, iDrive Controller, tombol roda kemudi, kontrol suara dan kontrol isyarat (Gesture Control). Elemen lain dari BMW Live Cockpit Professional adalah BMW Intelligent Personal Assistant, karakter digital cerdas yang merespons ucapan suara “Hey BMW”.

BMW Intelligent Personal Assistant bisa jadi teman yang membantu pengemudi dengan berbagai tugas, seperti menangani hiburan onboard yang disediakan oleh Harman Kardon Surround Sound dengan 16 speakers, amplifier berkekuatan 464 Watt, dan 9 channels.

BMW 320i Touring dan BMW 330i Sedan juga dilengkapi dengan Apple CarPlay nirkabel yang meningkatkan pengalaman pengguna secara keseluruhan, terutama dalam perjalanan panjang.

BMW 320i Touring

Fitur BMW 320i Touring dan BMW 330i Sedan

Fitur utama BMW 320i Touring dan BMW 330i Sedan adalah tersedianya Parking Assistant Plus.

Dengan Parking Assistant Plus mobil mampu melakukan akselerasi, pengereman, dan penggantian gigi melalui transmisi Steptronic saat berkendara masuk dan keluar dari tempat parkir, sehingga pengemudi hanya perlu siaga.

Baca juga: Perbandingan Kecepatan BMW M3, BMW M4, dan BMW M1000RR

Fungsinya juga termasuk Reverse Assistant yang dengan mudah mengatur kendaraan mundur hingga 50 meter mengikuti jalur yang sama pada saat bergerak maju.

Tak hanya itu, opsi ini juga memberikan keamanan yang lebih saat parkir ataupun saat dihadapi belokan atau tikungan yang sulit untuk dilihat.

Dengan Surround View dan Panorama View yang juga dapat di pin-point sesuai dengan titik yang sudah simpan sebelumnya, sehingga saat melewati jalan yang sulit tersebut di kemudian hari, mobil akan secara otomatis menampilkan Panorama View tanpa perlu menyetelnya.

BMW 320i Touring

Ketersediaan dan harga BMW 320i Touring dan BMW 330i Sedan

Harga BMW 320i Touring ini adalah Rp 1.329.000.000, sedangkan harga BMW 330i Sedan Rp 1.009.000.000. Harga yang tercantum merupakan harga off the road, jadi akan ada penambahan pajak dan lain-lain.

Baca juga: MINI Paddy Hopkirk Edition, Hanya Ada 10 Unit di Indonesia

Untuk jenis wagon akan tersedia dalam jumlah terbatas mulai hari ini, hanya 40 unit saja di Indonesia! Tiap pembelian keduannya juga sudah termasuk BMW Service Inclusive dan BMW Group Tire Coverage.

Jadi, kamu pilih BMW 320i Touring M Sport atau BMW 330i M Sport?