BMW Indonesia Jadi Kendaraan Resmi di GP Mandalika

Jadi kendaraan resmi di GP Mandalika, BMW Indonesia menghadirkan dua mobil listrik. Apa saja itu dan bagaimana kecanggihannya?

BMW GP Mandalika

BMW Indonesia meresmikan kerja sama dengan Mandalika Grand Prix Association (MGPA). Nantinya, BMW bakal jadi Official Mobility Partner atau kendaraan resmi selama berlangsungnya ajang GP Mandalika.

Dalam waktu dekat, akan ada 2 ajang balap yang digelar di Pertamina Mandalika International Street Circuit atau GP Mandalika, yaitu Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) pada 12-14 November 2021 yang dilanjutkan dengan World Superbike (WorldSBK) pada 19-21 November 2021.

Baca juga: Catatan Sejarah BMW Seri 3 dari Generasi Jadul Sampai Kini

BMW juga akan menjadi kendaraan resmi untuk gelaran MotoGP yang rencananya akan berlangsung pada bulan Maret 2022. Faktanya, BMW sudah menjadi Official Car of MotoGP sejak tahun 1999.

Apa saja mobil BMW yang bakal lalu lalang selama GP Mandalika? Simak artikelnya berikut ini.

BMW GP Mandalika

Menghadirkan dua mobil listrik di GP Mandalika

Akan ada dua unit mobil listrik yang diserahkan BMW Indonesia kepada MGPA sebagai kendaraan resmi selama ajang IATC dan WSBK, yaitu BMW 330e M Sport dan BMW X3 xDrive 30e.

Baca juga: 3 Mobil Listrik BMW yang Akan Hadir di Tahun 2022

“Dua unit kendaraan BMW akan digunakan sebagai safety car untuk Sirkuit. Inisiatif ini membuktikan komitmen BMW Indonesia untuk mendukung perkembangan Motorsport di Indonesia,” kata Bayu Riyanto, Vice President of Sales and Network Development BMW Indonesia.

Kedua kendaraan Plug-In Hybrid Electric Vehicle (PHEV) tersebut hadir dengan teknologi sistem penggerak BMW xDrive dan BMW eDrive Technology.

BMW GP Mandalika

Spesifikasi BMW 330e M Sport

Secara eksterior, penampakan BMW 330e M Sport mirip bahkan sama persis dengan 330i. Bedanya, hanya terletak pada port elektrik untuk mengisi daya mobil.

Di bagian mesin, BMW 330e M Sport dibekali dengan mesin kapasitas 2.0 liter turbo petrol 4 silinder dan menggunakan transmisi otomatis 8 percepatan.

Baca juga: BMW Indonesia Luncurkan BMW 320i Touring dan BMW 330i Sedan

Mobil yang menggunakan penggerak rear wheel drive (RWD) ini mampu mengeluarkan tenaga maksimum 252 daya kuda dan torsi maksimum 420 Nm.

Jika pakai mode elektrik menghabiskan daya sekitar 7,6 kWh hingga 12 kWh dan mampu melaju sejauh 56 kilometer.

Dari segi interiornya juga sama seperti BMW seri 3 lainnya dengan panel instrumen digital 12,3 inci yang dilengkapi dengan keterangan apakah sedang menggunakan tenaga elektrik atau tenaga dari bensin.

Selain itu, panel kontrol di bagian tengah sudah dilengkapi BMW Operating System 7.0 dengan BMW Intelligent Personal Assistant yang mengutamakan sistem kontrol digital dan merespons ucapan suara “Hey BMW”.

Baca juga: Perbedaan BMW Seri X di Indonesia, Lengkap dari X1 sampai X7

Bagian kursi belakang juga memiliki ruang duduk yang luas dan nyaman dengan adanya arm rest di bagian tengah dan charging port untuk pengisian daya ponsel.

BMW GP Mandalika

Spesifikasi BMW X3 xDrive30e

Sama seperti 330e M Sport, BMW X3 xDrive30e juga dibekali dengan mesin kapasitas 2.0 liter turbo 4 silinder dan transmisi otomatis 8 percepatan dengan shift mode Sport dan Manual.

Mobil SAV (Sport Activity Vehicle), sebutan BMW untuk jenis sport utility vehicle (SUV) ini mampu mengeluarkan tenaga puncak hingga 292 daya kuda dan torsi maksimum 420 Nm.

Baca juga: BMW X3 xDrive30i M Sport, Varian tertinggi BMW X3 Resmi Hadir

BMW X3 xDrive30e dibekali dengan baterai lithium-ion berkapasitas 12 kWh. Berbeda dengan BMW 330e M Sport yang dapat melaju hingga sejauh 56 kilometer, BMW X3 xDrive30e hanya dapat melaju hingga 46 kilometer jika daya mobil terisi penuh.

Bagian interiornya dilengkapi dengan Live Cockpit Plus, yaitu panel instrumen 5,1 inci dan Control Display resolusi tinggi berukuran 10,25 inci. Di dalamnya juga dilengkapi dengan BMW Operating System 7.0 seperti di BMW 330e M Sport.

Mobil listrik ini memiliki fitur keselamatan Dynamic Stability Control (DSC), Dynamic Traction Control (DTC), Dynamic Brake Control (DBC) dan juga rem Anti-lock Braking System (ABS) yang membantu pengemudi saat bermanuver di jalan agar mobil tetap stabil.

BMW GP Mandalika

Sementara bagian eksteriornya sama seperti BMW X3 xDrive30i dengan DNA Motorsport khas kendaraan BMW M yang sporty.

Baca juga: BMW 320i Dynamic Rakitan Indonesia Resmi Meluncur

BMW X3 xDrive30i menggunakan sistem pencahayaan BMW Adaptive LED dengan selective-beam berbentuk hexagonal. Desain kidney grille terlihat lebih tegas dan menyatu dengan bumper depan M Sport.

Bagian belakangnya terdapat two-tone bumper M Sport Exterior Package dengan dua tail-pipe yang menambah kesan agresif.

Kedua mobil listrik BMW ini memang belum dipasarkan di Indonesia. Namun, secara tampilan dan fitur utama tidak jauh berbeda dengan BMW Seri 3 dan BMW X3 yang sudah mengaspal.

Buat yang penasaran dengan mobil BMW lainnya, kamu bisa cek langsung di Seva.id ya!