Search Cars

Review Otomotif

Duo BMW 840i Resmi Menapak di Indonesia, Ini Spesifikasinya

BMW Indonesia kembali luncurkan mobil sport mewah teranyarnya. Bagaimana impresi BMW 840i Gran Coupé M Technic dan BMW 840i Coupé M Technic?

BMW 840i

Pada Kamis (23/7), BMW Indonesia kembali meluncurkan dua varian BMW Seri 8 terbaru melalui aplikasi video conference.

Tahun ini, BMW Indonesia kembali memboyong BMW Seri 8 dengan BMW 840i Gran Coupé M Technic dan BMW 840i Coupé M Technic, setelah sebelumnya diperkenalkan tahun lalu.

Sebagai informasi, BMW Seri 8 dikembangkan dari BMW M8 GTE yang sangat sukses di lintasan kompetisi balap. Menilik sejarahnya, BMW Seri 8 pertama kali dikenalkan pada dunia dalam ajang Frankfurt Motor Show pada tahun 1989. Mobil dengan kode E31 dari BMW ini berjalan cukup lama hingga tahun 1999.

Baca juga: Harga BMW 840i Gran Coupé M Technic dan BMW 840i Coupé M Technic

BMW Seri 8 adalah mobil legal jalan raya pertama yang menggunakan mesin berkonfigurasi V12. Garis bodi serta lampu utama bergaya pop up menjadi pembeda dari desain mobil-mobil BMW lainnya.

Nah kali ini BMW Seri 8 hadir dengan varian BMW 840i Gran Coupé M Technic dan BMW 840i Coupé M Technic. Apa saja yang beda? Ini impresinya.

BMW 840i Gran Coupé M Technic

Sport coupé 4 pintu termewah

“BMW 840i Gran Coupé M Technic dan BMW 840i Coupé M Technic adalah sports car luar biasa, karena ini adalah satu-satunya kendaraan di segmennya yang dikembangkan langsung dari sports car dua pintu. Dengan hadirnya varian empat pintu, BMW Group secara sistematis perluas portofolio BMW di kelas sports car mewah,” ujar Ramesh Divyanathan, President Director BMW Group Indonesia.

Konsep coupé empat pintu diterjemahkan menjadi bodi yang mewah dan progresif dengan frameless door. Tampak depan, lampu utama berdesain pipih dengan teknologi BMW Laserlight dengan Selective Beam hasilkan jangkauan lampu jauh hingga 530 meter dan fungsionalitas adaptif.

Garis atap menyatu ke bagian belakang dengan elegan, melalui transisi berbentuk sirip di sekitar pilar C yang membuat bentuk kendaraan semakin sporty. Sementara itu, kaca belakang juga mengikuti garis yang sedikit lebih curam untuk hasilkan ruang bagasi yang lebih besar.

Pada bagian kaki-kaki, sistem rem M Sport Brake kedua mobil sport mewah ini menonjol berkat daya henti yang luar biasa, stabilitas termal yang tinggi, response cepat dan kenyamanan prima.

Baca juga: BMW X3 M Competition dan BMW X4 M Competition Meluncur di Indonesia

Sistem ini gabungkan rem empat-piston kaliper tetap di bagian depan dan single-piston di belakang dengan ukuran piringan rem sebesar 19 inci, hal ini juga diakhiri dengan sentuhan khusus BMW M pada kaliper dengan kelir berwarna biru.

BMW 840i Gran Coupé M Technic

BMW 8 Series Gran Coupé menggunakan ban ukuran berbeda untuk depan dan belakang, termasuk velg light-alloy 20 inci BMW M Y-spoke 728 M bicolour dengan ban performance dalam finishing Jet Black-polished.

Sementara, BMW 840i Coupé M Technic untuk eksterior perbedaannya terdapat pada BMW Individual high-gloss Shadow Line dengan extended contents termaksud pada kidney grille di bagian depan.

Ditambah dengan M Carbon Package juga turut disematkan diseluruh bagian eksterior termaksud M Carbon Roof.  Hal ini membuat absennya sun roof pada varian ini.

Baca juga: BMW 320i Touring M Sport, Station Wagon untuk Dikoleksi

Untuk menekankan tampilan sporty yang lebih kuat, BMW 840i Coupé M Technic juga dilengkapi dengan velg light-alloy 20 inci BMW M Y-spoke 728 M bicolour dengan ban performance dalam finishing Jet Black untuk keseluruhan bagian velgnya dan ban performa tinggi dengan ukuran berbeda di depan serta belakang.

BMW 840i Gran Coupé M Technic

Interior sporty

Baik pengendara dan penumpang akan merasakan sensasi mobil sport yang sesungguhnya karena jok sudah mengadaptasi desain semi bucket dengan dibalut oleh Leather Merino yang mewah.

Kontur dan pola jahitan di jok belakang pun didesain sama dengan bagian depan. Kursi ketiga untuk digunakan dalam perjalanan singkat terletak di antara dua kursi dan miliki sistem sabuk pengaman lengkap, menjadikannya mobil sport dengan jumlah kursi 4 plus 1.

Keduanya juga hadir dengan trim interior Carbon Fiber dan BMW Individual Headliner Alcantara antrasit ditambah lagi dengan aplikasi Kaca Crafted Clarity untuk elemen-elemen interior, seperti tuas transmisi dengan bertuliskan angka 8 yang menyala.

Baca juga: Keunggulan Teknologi dan Fitur BMW di X Series

Bagasi mobil dapat diubah dengan mudah berkat sandaran belakang yang dapat dilipat dengan konfigurasi 40:20:40, yang bagian-bagian individualnya dapat dilipat turun dari ruang bagasi menggunakan tuas.

Dengan kapasitas sebesar 440 liter, ruang bagasi ini cukup besar untuk menampung tiga tas golf. Fitur ini sangat jarang ditemukan pada segmen mobil sport.

BMW 840i Gran Coupé M Technic

Performa mesin tak tertandingi

Baik BMW 840i Gran Coupé M Technic dan BMW 840i Coupé M Technic menggendong mesin 6 silinder segaris berkapasitas 3.000 cc di balik kapnya yang ringan.

Baca juga: Mengenal BMW Seri M dan Sejarahnya di Dunia

Mesin bertransmisi Steptronic Sport 8-Percepatan tersebut dipadukan dengan BMW TwinPower Turbo dan VALVETRONIC fully variable valve control, sistem high-pressure injection, dan sistem double VANOS variable camshaft control.

Tenaga yang dihasilkan mencapai 340 daya kuda dengan torsi hingga 500 nM. Berdasarkan klaim, mobil ini dapat melesat dari 0 hingga 100 kilometer per jam dengan hanya 5,2 detik saja.

Sementara kecepatan maksimalnya mencapai 250 kilometer per jam yang diatur dan dibatasi secara elektronik, serta konsumsi bahan bakarnya 12,7 kilometer per liter.

Kamu pilih yang mana, BMW 840i Gran Coupé M Technic atau BMW 840i Coupé M Technic?

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.