Duo BMW 840i Resmi Menapak di Indonesia, Ini Spesifikasinya

By Arris Riehady - July 27, 2020

BMW Indonesia kembali luncurkan mobil sport mewah teranyarnya. Bagaimana impresi BMW 840i Gran Coupé M Technic dan BMW 840i Coupé M Technic?

BMW 840i

Pada Kamis (23/7), BMW Indonesia kembali meluncurkan dua varian BMW Seri 8 terbaru melalui aplikasi video conference.

Tahun ini, BMW Indonesia kembali memboyong BMW Seri 8 dengan BMW 840i Gran Coupé M Technic dan BMW 840i Coupé M Technic, setelah sebelumnya diperkenalkan tahun lalu.

Sebagai informasi, BMW Seri 8 dikembangkan dari BMW M8 GTE yang sangat sukses di lintasan kompetisi balap. Menilik sejarahnya, BMW Seri 8 pertama kali dikenalkan pada dunia dalam ajang Frankfurt Motor Show pada tahun 1989. Mobil dengan kode E31 dari BMW ini berjalan cukup lama hingga tahun 1999.

Baca juga: Harga BMW 840i Gran Coupé M Technic dan BMW 840i Coupé M Technic

BMW Seri 8 adalah mobil legal jalan raya pertama yang menggunakan mesin berkonfigurasi V12. Garis bodi serta lampu utama bergaya pop up menjadi pembeda dari desain mobil-mobil BMW lainnya.

Nah kali ini BMW Seri 8 hadir dengan varian BMW 840i Gran Coupé M Technic dan BMW 840i Coupé M Technic. Apa saja yang beda? Ini impresinya.

BMW 840i Gran Coupé M Technic

Sport coupé 4 pintu termewah

“BMW 840i Gran Coupé M Technic dan BMW 840i Coupé M Technic adalah sports car luar biasa, karena ini adalah satu-satunya kendaraan di segmennya yang dikembangkan langsung dari sports car dua pintu. Dengan hadirnya varian empat pintu, BMW Group secara sistematis perluas portofolio BMW di kelas sports car mewah,” ujar Ramesh Divyanathan, President Director BMW Group Indonesia.

Konsep coupé empat pintu diterjemahkan menjadi bodi yang mewah dan progresif dengan frameless door. Tampak depan, lampu utama berdesain pipih dengan teknologi BMW Laserlight dengan Selective Beam hasilkan jangkauan lampu jauh hingga 530 meter dan fungsionalitas adaptif.

Garis atap menyatu ke bagian belakang dengan elegan, melalui transisi berbentuk sirip di sekitar pilar C yang membuat bentuk kendaraan semakin sporty. Sementara itu, kaca belakang juga mengikuti garis yang sedikit lebih curam untuk hasilkan ruang bagasi yang lebih besar.

Pada bagian kaki-kaki, sistem rem M Sport Brake kedua mobil sport mewah ini menonjol berkat daya henti yang luar biasa, stabilitas termal yang tinggi, response cepat dan kenyamanan prima.

Baca juga: BMW X3 M Competition dan BMW X4 M Competition Meluncur di Indonesia

Sistem ini gabungkan rem empat-piston kaliper tetap di bagian depan dan single-piston di belakang dengan ukuran piringan rem sebesar 19 inci, hal ini juga diakhiri dengan sentuhan khusus BMW M pada kaliper dengan kelir berwarna biru.

Berita Terkait

Author

What (apa), Who (siapa), When (kapan), Where (dimana), Why (kenapa), dan How (bagaimana). Suka kecepatan dan ketinggian. I am @arristoocrazy!