BMW 320i Dynamic Rakitan Indonesia Resmi Meluncur

Varian terbaru dalam jajaran Seri 3, BMW 320i Dynamic, hasil rakitan anak bangsa resmi diluncurkan, berapa harganya?

BMW 320i Dynamic

Pada 22-24 Oktober 2021, dalam acara BMW Group Driving Experience 2021, BMW Group Indonesia kembali menghadirkan varian terbaru Seri 3, yakni BMW 320i Dynamic.

Acara yang digelar di Senayan Park, Jakarta, juga menampilkan rangkaian 12 unit kendaraan BMW dan 2 unit MINI, serta lebih dari 20 kendaraan BMW dan MINI dapat dicoba oleh pengunjung.

Untuk rute test drive sendiri meliputi Scenic Drive, Driving Dynamics, dan X-Ramps Station yang akan menguji kemampuan teknologi penggerak empat roda khas BMW xDrive.

Baca juga: 3 Mobil Listrik BMW yang Akan Hadir di Tahun 2022

Bintang utamanya tentu BMW 320i Dynamic, yang melengkapi jajaran Seri 3 di Indonesia. Lebih istimewa, sebab sedan ini dirakit di BMW Production Network 2, Gaya Motor.

Varian terbaru ini tawarkan seluruh kelebihan Seri 3 seperti pengalaman berkendara yang dinamis, tampilan sporty, fitur keamanan terbaik, dan teknologi terbaru dengan kombinasi efisiensi bahan bakar, juga penawaran harga yang sangat menarik.

Bagaimana selengkapnya mengenai BMW 320i Dynamic?

BMW 320i Dynamic

Mesin BMW 320i Dynamic

Sebagai varian baru, BMW 320i Dynamic tawarkan mesin 2.0 liter dengan konfogurasi empat silinder segaris.

Baca juga: Catatan Sejarah BMW Seri 3 dari Generasi Jadul Sampai Kini

Mesin tersebut dikawinkan dengan TwinPower Turbo terbaru yang terdiri dari twin-scroll turbocharger, High Precision Injection, VALVETRONIC, dan Double-VANOS.

Karakteristik lain dari mesin ini termasuk crankshaft yang lebih ringan yang mengurangi gesekan internal, manajemen pelepasan panas yang dioptimalkan dan sistem manajemen komputer mesin terbaru yang membuat seluruh proses dikalkulasi lebih cepat dan tepat.

Hasilnya ada peningkatan tenaga menjadi 184 daya kuda dengan torsi maksimal 300 Nm.

Baca juga: Mobil Buas BMW M5 Competition Mencengkram Aspal Indonesia

BMW 320i Dynamic dapat melesat dari 0 hingga 100 kilometer per jam hanya dalam 7,1 detik saja. Lalu kecepatan maksimalnya berada pada 235 kilometer per jam.

BMW 320i Dynamic

Eksterior BMW 320i Dynamic

Dari sisi eksterior, BMW 320i Dynamic membawa bahasa desain terbaru BMW dengan karakter modern dan dinamis dari Seri 3 dengan garis-garis kuat.

Dibanding pendahulunya, sedan ini lebih panjang 76 milimeter, lebih lebar 16 milimeter, dan lebih tinggi 1 milimeter. Selain itu sumbu roda juga lebih panjang 41 milimeter.

Baca juga: Perbedaan BMW Seri X di Indonesia, Lengkap dari X1 sampai X7

Bukan sekedar menjadi lebih besar, perbedaan ukuran tersebut berdampak positif pada stabilitas dan ketangkasan mobil ini saat sedang dikendarai serta melaju di atas aspal.

Bagian depan, moncong BMW 320i Dynamic dihiasai BMW Kidney Grille yang besar dan menyatu dengan lampu utama. Lampu ini juga sudah menggunakan teknologi BMW LED Headlights yang mengadopsi desain dari desain BMW i.

BMW 320i Dynamic

Lalu lampu kabut depan LED maupun Air Curtains terintegrasi ke dalam air intake, menggunakan desain NACA yang telah terbukti di dunia Motorsports.

Baca juga: BMW Indonesia Luncurkan BMW 320i Touring dan BMW 330i Sedan

Di bagian samping, desain BMW 320i Dynamic diperkuat dengan M Shadownline. Kaki-kakinya ditopang oleh velg desain terbaru berukuran 17 inci Light Alloy Wheels V-Spoke Style 775, Bicolour Orbit Grey Burnished.

Sementara belakangnya meneruskan garis-garis horizontal dan lampu LED yang ramping dan bergaya memberikan bagian belakang soliditas yang lebar dan kekar.

BMW 320i Dynamic

Lebih ringan

Struktur bodi dan sasis BMW 320i Dynamic terbaru dikembangkan untuk menyempurnakan kedinamisan berkendara, karakteristik handling yang gesit, kemudi presisi tinggi, dan kinerja pengereman yang unggul.

Baca juga: Aki BMW E30 Boleh Dijumper sedangkan E36 Tidak, Beneran?

Secara keseluruhan, BMW 320i Dynamic terbaru memiliki berat hingga 55 kilogram lebih ringan dari generasi sebelumnya.

Sedan ini juga memiliki pusat gravitasi rendah dan distribusi bobot 50:50, sementara struktur bodi mejadi lebih kaku dan teknologi suspensi telah meningkat secara signifikan.  Aerodinamika yang dioptimalkan mengurangi koefisien hambatan menjadi hanya 0,23.

BMW 320i Dynamic

Interior BMW 320i Dynamic

Tidak hanya di luar, interior BMW 320i Dynamic pun menggunakan bahasa desain baru.

Baca juga: BMW M3 Competition dan BMW M4 Competition Hadir di Indonesia

Kabin luas bersama dengan fokus kokpit pada pengemudi, menjadi nilai jual utama dari bagian interior mobil sedan ini. Tombol start/stop mesin kini terletak di panel kontrol yang baru dan berada di konsol tengah.

Tuas perpindahan gigi atau tuas pemilih yang juga baru dirancang bergabung dengan iDrive Controller dan tombol-tombol untuk unit Driving Experience Control.

Di jok baris kedua tentunya nyaman karena interior ini juga semakin luas seiring dengan tambahan ekstra dimensi pada bagian eksteriornya.

Baca juga: Apa Bedanya BMW Seri 4 Terbaru Tipe Coupe dan Convertible?

Selain itu, ruang bagasi 480 liter dan buka tutup otomatis dari BMW 320i Dynamic terbaru tawarkan kenyamanan dan fungsionalitas kendaraan.

BMW 320i Dynamic

Fitur BMW 320i Dynamic

BMW 320i Dynamic terbaru menggunakan pilihan sistem bantuan inovatif yang disempurnakan untuk keselamatan pengendara dan menyambut tren kendaraan otonom.

Fitur yang mendukungnya meliputi Park Distance Control dan kamera mundur yang membantu pengemudi melakukan manuver dan memasuki atau keluar dari tempat parkir.

Baca juga: Mengenal Sejarah BMW Seri 5 dari Masa ke Masa

Proses parkir yang lebih mudah ini berkat hadirnya fitur Park Assist. Fitur ini akan mengambil alih kemudi, akselerasi, pengereman, dan perubahan gigi dengan transmisi Steptronic saat masuk dan keluar slot parkir pararel atau lateral.

Fitur BMW 320i Dynamic lainnya adalah adalah Reversing Assistant. Dengan fitur ini mobil dapat mundur kembali ke posisi semula secara otomatis dengan jarak 50 meter, dengan rute yang sama saat bergerak maju.

Reversing Assistant ini berguna saat pengendara menghadapi rintangan di depan dan harus kembali dengan posisi mundur.

BMW 320i Dynamic

Harga BMW 320i Dynamic

Mobil ini sudah tersedia di seluruh diler resmi BMW Indonesia. Harga BMW 320i Dynamic Rp 799.000.000 off the road, dengan penyesuaian peraturan PPnBM berdasarkan emisi.

Baca juga: Bedah Mesin dan Harga MINI Cooper Terbaru, Ada 8 Varian!

Harga BMW 320i Dynamic tersebut lebih kompetitif dibanding dengan saudara-saudaranya. Misal, BMW 330i M Sport dengan harga Rp 929.000.000 off the road atau BMW 520i M Sport dengan harga Rp 1.019.000.000 off the road.

Setiap unit BMW sudah dilengkapi dengan BMW Service Inclusive untuk perawatan dan garansi, serta BMW Group Tire Coverage selama 2 tahun untuk ban mobil.

Bagaimana, kamu tertarik memiliki BMW 320i Dynamic?