Search Cars

Travel & Lifestyle

Tips Road Trip di New Normal untuk Liburan Menyenangkan

Siapa yang tidak kangen liburan? Buat yang mau jalan-jalan pakai mobil pribadi, simak dulu tips road trip di new normal.

road trip di new normal

Siapa yang tidak kangen liburan setelah melewati masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) selama lebih kurang dua bulan lamanya? Pasti pada kangen, kan.

Meski masih ada pembatasan transportasi umum untuk ke luar kota, tapi kamu bisa liburan dengan road trip menggunakan mobil pribadi asal tetap mengikuti protokol kesehatan.

Liburan dengan cara road trip dinilai lebih bersensasi bagi sebagian orang. Selain melepas penat, road trip bisa membuat kamu lebih mengenal karakter teman atau anggota keluarga lebih dalam.

Bagaimana tidak, saat road trip kamu bisa berhari-hari di jalan dalam satu mobil dengan teman atau keluarga, serta bebas untuk jalan ke manapun sesuka hati.

Baca juga: Rangkuman Panduan New Normal Indonesia dari Kemenkes RI

Nah, buat yang sudah merencanakan, supaya aman dan tetap sehat, ini tips road trip di new normal.

road trip di era new normal

Cek kesehatan

Sebelum melakukan road trip di new normal, kamu wajib cek kesehatan lebih dahulu. Jika perlu lakukan rapid test di rumah sakit, sehingga jika ada pemeriksaan di saat perjalanan road trip di new normal, ada bukti otentik yang menyatakan kamu sehat.

Selain melakukan pengecekan kesehatan secara, kamu juga perlu memperhatikan asupan vitamin, istirahat dan tidur yang cukup di sela-sela liburan, serta pastikan kamu membawa obat-obatan pribadi.

Jika perlu, bawalah termometer sepanjang liburan, agar suhu badanmu terpantau.

road trip di era new normal

Selalu menggunakan masker di perjalanan

Selama perjalanan, walau hanya di mobil saja dengan anggota keluarga, kamu juga wajib untuk selalu memakai masker.

Jangan sampai perjalanan road trip di new normal kamu terganggu karena diberhentikan oleh petugas yang menghimbaumu untuk selalu menggunakan masker.

Baca juga: Aturan Pengendalian Transportasi di New Normal dari Menhub

Penggunaan masker wajib untuk menghindari terjadinya kontak droplet antara pengemudi dan penumpang. Sehingga kamu juga dapat terhindar dari paparan virus yang belum ditemukan obatnya ini.

bawa sepeda di mobil

Bawa perlengkapan pribadi

Jangan lupa, sebelum memulai perjalanan kamu siapkan perlengkapan pribadi yang digunakan oleh masing-masing orang. Misalnya saja perlengkapan mandi dan perlengkapan ibadah.

Baca juga: Aturan Jaga Jarak Saat Berkendara Sesuai Undang-Undang

Kemudian, agar tidak sering mampir ke tempat umum, kamu bisa bawa bekal dan peralatan makan sendiri. Selain itu, ada baiknya kamu juga menyiapkan serta membawa obat-obatan pribadi untuk berjaga-jaga.

 

road trip di era new normal

Siapkan hand sanitizer

Masker dan hand sanitizer adalah starter pack wajib selama road trip di new normal. Hand sanitizer  wajib kamu gunakan usai menggunakan fasilitas umum bila tidak memungkinkan untuk cuci tangan dengan sabun, misalnya saja seperti usai membayar tol atau beli bensin.

Tidak hanya itu, ada baiknya juga kamu siapkan dan bawa tisu basah beralkohol dan disinfektan semprot untuk membersihkan bagian interior mobil yang sering disentuh serta alas sepatu.

road trip di era new normal

Atur tempat duduk sesuai protokol kesehatan

Selama di dalam mobil dalam perjalanan road trip di new normal, kamu juga perlu mengatur tempat duduk sesuai dengan protokol kesehatan.

Baca juga: Ini Destinasi Road Trip Populer yang Dekat dengan Jakarta

Aturan berkendara yang wajib ditaati, yaitu pembatasan jumlah penumpang sebesar 50% dari kapasitas angkut kendaraan.

Secara rinci, pembatasan kendaraan jenis sedan hanya boleh mengangkut 3 orang yang terdiri dari 1 pengemudi dan 2 penumpang di belakang.

Lalu, untuk mobil non-sedan yang memiliki kapasitas 7 penumpang hanya boleh mengangkut maksimal 4 orang yang terdiri dari 1 pengemudi, 2 penumpang di tengah, dan 1 penumpang di belakang.

road trip di era new normal

Hindari melintas di zona merah

Zona merah adalah wilayah yang masih terdapat kasus penularan virus corona cukup tinggi. Secara umum, terkait penyebaran virus corona, pemerintah telah membagi empat zona yakni, zona hijau yang berarti daerah aman, zona kuning artinya penyebaran virus corona rendah, zona oranye sedang, dan zona merah.

Baca juga: SevaMagz Vol. 4: Nostalgia Mobil Tua

Karena itu, jangan sampai liburanmu kacau gara-gara salah menentukan destinasi atau tempat tujuan.

Untuk mengetahui zona-zona tersebut kamu bisa mengunduh aplikasi PeduliLindungi di smartphone. Aplikasi ini dikembangkan langsung oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika.

destinasi road trip

Hindari destinasi yang ramai pengunjung

Untuk mencegah terpapar virus corona, ada baiknya untuk menghindari destinasi yang berpotensi menciptakan kerumunan.

Ubahlah rencana wisata ke tempat yang relatif jarang dikunjungi agar tidak berdesak-desakan dengan wisatawan lainnya.

Baca juga: Begini Syarat Khusus Perjalanan di Masa Adaptasi New Normal

Lalu, yang paling penting sebelum road trip di new normal, pastikan untuk merencanakan perjalananmu sesuai dengan kondisi terkini.

Ingat untuk selalu menjaga kebersihan dan kesehatan, sehingga liburan tetap menyenangkan. Jadi, selamat road trip dan jangan lupa untuk selalu menerapkan protokol kesehatan ya.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.