Search Cars

Travel & Lifestyle

Tips Menghasilkan Foto Bagus dengan Kamera Smartphone dalam Keadaan Low Light

Jangan takut low light, kamu tetap bisa menghasilkan foto bagus walaupun dengan kamera smartphone dengan cara berikut ini.

kamera smartphone

Travelling tak lengkap rasanya tanpa adanya sebuah foto, entah itu foto pemandangan, selfie, ataupun foto-foto bersama. Bukan cuma sebagai bukti perjalanan kita dan di upload di media sosial, foto saat liburan juga bisa menjadi sebuah kenang-kenangan, khususnya ketika liburan telah usai.

 

Kadang, travelers membawa kamera DSLR untuk menghasilkan foto yang bagus. Walaupun begitu, ada juga travelers yang hanya menggunakan kamera smartphone untuk menangkap gambar, karena kini foto yang dihasilkan kamera smartphone tidak kalah bagus dibandingkan kamera DSLR.

 

Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar gambar yang dihasilkan oleh kamera smartphone terlihat fokus dan sempurna, terlebih saat kamera tidak mendapatkan cukup cahaya atau low light. Untuk itu, simak penjelasan berikut yang mungkin bisa membantu kamu ketika foto menggunakan smartphone.

 

Usahan agar kamera tidak goyang

Ketika mengambil gambar dengan smartphone, usahakan badan kamu tetap stabil dan seimbang sehingga gambar yang ditangkap dapat terlihat jelas. Atau, kamu bisa menggunakan tripod khusus smartphone untuk menghindari shaking ketika mengambil gambar.

 

Manfaatkan fitur grid

Setiap kamera di handphone memiliki fitur grid sebagai panduan untuk penempatan objek yang akan kamu foto. Dengan bantuan fitur ini, kamu bisa menghasilkan foto yang lebih simetris dan memudahkan kamu untuk mengatur angle foto yang diinginkan.

 

Baca juga: Cara Mudah Menghasilkan Foto Kece Menggunakan Kamera Smartphone

 

Ambil gambar dari beberapa angle

Pengambilan angle otomatis akan berpengaruh pada hasil foto kamu. Oleh karena itu, kamu jangan ragu untuk mengambil foto dari berbagai angle agar mendapatkan hasil foto yang bagus dan sesuai dengan keinginan. Bahkan, kamu bisa mengambil angle foto yang tak biasa agar berbeda dengan foto yang sudah ada.

Bila perlu, aktifkan fitur HDR

Sesuai dengan namanya, fitur HDR (High Dynamic Range) pada smartphone kamu membuat cahaya yang masuk ke dalam kamera menjadi lebih baik. Selain itu, foto yang dihasilkan menjadi jelas dan mendekati keadaan aslinya.

 

Manfaatkan mode manual

Meskipun fitur fokus otomatis pada handphone dapat membantu kamu dalam mengambil gambar dengan mudah, namun fitur manual masih sering digunakan, apalagi saat keadaan low light. Biasanya, fitur otomatis tidak dapat menangkap objek yang kamu inginkan secara maksimal ketika kekurangan cahaya.

 

Baca juga: Coba Foto Mobil Anda dengan Tips Ini Untuk Hasil yang Maksimal

 

Bila menggunakan fitur manual, kamu dapat setting ISO, shutter speed, dan aperture sesuai kebutuhan kamu.

Aktifkan night mode

Selain fitur manual, smartphone juga memberikan night mode, yang membantu kamu menangkap foto dalam keadaan low light. Jika kamu kebingungan ketika menggunakan mode manual di handphone kamu, night mode mungkin bisa menjadi alternatif kamu saat menjepret objek dalam gelap.

 

Ketahui kondisi lingkungan yang akan menjadi objek foto

Terakhir, kenali lingkungan di sekitar spot foto. Pastikan kondisinya mendukung kamu untuk mengambil foto, misalnya kekuatan cahaya, objek, sampai dengan kondisi warga di lingkungan itu.

 

Baca juga: Trik Fotografi Ini Akan Membuat Foto Mobil Semakin Keren

 

Memang, berfoto saat traveling seakan sudah menjadi hal wajib yang dilakukan sebagai kenang-kenangan dan konten di media sosial.

 

Selain untuk berfoto, smartphone kamu juga berguna untuk memesan Sejalan, yang memudahkan transportasi kamu saat traveling. Jadi, kamu tidak perlu repot lagi mencari siapa yang akan mengantar kamu ke tempat tujuan.

 

Untuk itu, ayo download Sejalan sekarang dan nikmati liburan seru bareng Sejalan.

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.