Search Cars

Tips & Rekomendasi

Tips Beli Mobil Bekas dengan Kualitas Mobil Baru

Beli mobil bekas bisa jadi solusi terbaik bagi Anda yang ingin memiliki mobil namun belum ada memiliki cukup dana untuk membeli mobil baru.

 

Perlu diingat, saat akan beli mobil bekas banyak hal yang harus dipertimbangkan serta diperhatikan agar tidak kecewa nantinya. Tidak perlu khawatir, meski bekas jika teliti dan tepat memilihnya, Anda bisa saja mendapatkan mobil yang bagus, bahkan mendekati kualitas mobil baru. Untuk Anda yang berminat beli mobil bekas, berikut cara cek mobil bekas serta tips beli mobil bekas.

1. Cek Bodi Mobil

Bodi mobil adalah hal pertama yang harus dicek ketika beli mobil bekas karena ini yang paling terlihat oleh mata. Jangan terburu nafsu membeli jika melihat mobil bekas dengan bodi dan cat yang masih sangat mulus. Tanyakan pada penjualnya hasil cat ulang atau orisinal.

 

Selain rangka yang terdapat bekas las atau sambungan yang tidak rapih, mobil yang pernah terlibat kecelakaan terlihat juga dari garis bodinya yang tidak simetris atau warna cat yang tidak sama.

2. Periksa Interior

Langkah selanjutnya setelah eksterior adalah memeriksa interior mobil bekas. Periksa seluruh bagian interior yang meliputi jok, door trim, plafon, dan dashboard.

 

Jangan lupa, pastikan semua bagian elektronik di bagian interior berfungsi dengan baik.

 

Selain itu, jika Anda menemukan mobil bekas dengan jarak tempuh yang rendah, periksa juga bagian karpet dan pedal-pedalnya. Jika sudah aus atau diganti, bukan tidak mungkin sebenarnya mobil tersebut sering digunakan untuk bepergian.

3. Kondisi Mesin

Hal penting yang juga harus Anda perhatikan saat beli mobil bekas adalah kondisi mesinnya. Masalahnya tidak semua orang mengerti soal mesin.

 

Jika baru pertama kali beli mobil bekas sebaiknya Anda mengajak teman yang benar-benar paham soal mesin serta masalahnya.

 

Jangan tertipu dengan tampilan mesin yang mengilap. Sebelum dijual, pemilik akan membawa mobilnya ke salon mobil untuk cuci, poles bodi, hingga pembersihan interior dan mesin.

 

Selain melakukan test drive untuk mengetahui kondisi mesin, Anda juga wajib memeriksanya dengan seksama seperti dengarkan baik-baik suara mesin, jangan ada kebocoran atau rembesan oli dan cairan lainnya, hingga kondisi aki dan kelistrikan.

4. Mencocokkan Dokumen

Kecocokan dokumen mobil juga merupakan hal yang sangat penting. Periksa semua dokumen seperti BPKP dan STNK.

 

Selain sesuai dengan nama asli pemiliknya, pastikan juga semuanya sesuai dengan yang ada pada mobil, yakni nomor mesin serta nomor rangka.

5. Asuransi

Hal lain yang perlu diperhatikan sebelum beli mobil bekas adalah dengan melihat apakah mobil sudah memilki asuransi sebelumnya. Akan lebih baik jika mobil sudah memiliki asuransi sehingga jika sesuai dengan kebutuhan bisa diteruskan menggunakan asuransi tersebut dengan cara pindah tangan.

6. Tempat Pembelian

Beli mobil bekas dari tangan pertama akan membuat Anda lebih mengerti kondisi perawatan dari mobil, apalagi jika orang yang menjualnya adalah orang yang Anda kenal.

 

Tetap saja ada hal yang harus Anda tanyakan seperti sejarah pemakaiannya yang meliputi jadwal servis, jarak tempuh yang sesungguhnya, suku cadang apa saja yang pernah dan harus diganti, pernah kecelakaan, hingga pernah terendam banjir. Sedangkan jika berniat beli mobil bekas dari diler Anda wajib lebih selektif lagi.

 

Pasalnya, saat ini banyak diler yang membuka penjualan mobil bekas dengan segala penawarannya.

 

Salah satu diler mobil bekas yang dapat Anda percaya adalah Mobil88. Diler mobil bekas ini menjual berbagai merek dan tipe mobil yang berkualitas dengan jaminan garansi serta buyback, selain jaminan bebas kecelakaan dan banjir, odometer asli, keabsahan dan kelengkapan dokumen terjamin, hingga nomor rangka serta nomor mesin sesuai dengan dokumen kendaraan.

 

Teliti dan tidak buru-buru menjadi hal wajib saat Anda beli mobil bekas. Selamat berburu!

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.