Search Cars

Tips & Rekomendasi

Tips Aman Naik Motor di New Normal Buat Bikers yang Aktif Berkendara

Bagaimana agar tetap aman di jalan saat naik motor di masa new normal? Berikut tipsnya.

tips aman naik motor

Pada masa adaptasi kebiasaan baru, jumlah kasus Covid-19 belum menurun. Tiap harinya, jumlah pasien dari virus yang belum ditemukan vaksinnya ini terus bertambah.

Kluster penyebaran virus corona baru juga terus bermunculan di area perkantoran dan tempat lainnya. Tidak heran bila Gubernur DKI Jakarta memutuskan untuk kembali memperpanjang Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB Transisi Fase sampai 13 Agustus 2020.

Untuk yang sudah rutin beraktivitas di luar rumah atau mulai kembali bekerja di kantor menggunakan kendaraan roda dua pun harus beradaptasi.

Baca juga: Motor 250 cc Langka yang Banyak Diburu Kolektor Otomotif

Lantas, bagaimana tips aman naik motor di  new normal atau masa adaptasi kebiasaan baru ini? Ini penjelasan dari Johannes Lucky, Manager Safety Riding PT Astra Honda Motor (AHM).

Sebelum berangkat

Menurut Johannes, tips aman naik motor di masa adaptasi kebiasaan baru tidak berbeda seperti biasanya.

Tidak akan terasa menyusahkan bila sudah menjadi kebiasaan berkendara motor dengan riding gear standar keamanan seperti helm, masker, jaket, sarung tangan, celana panjang, dan sepatu.

“Jika memang penting dan mendesak tidak ada salahnya untuk keluar rumah menggunakan motor,” katanya.

Selanjutnya, sebelum berangkat menggunakan motor, ada beberapa kebiasaan yang perlu diperhatikan, seperti kondisi tubuh.

Sebelum berkendara, sebaiknya melakukan pengecekan suhu tubuh untuk memastikan kondisi badan fit dan sehat. Jika suhu tubuh menunjukkan 37,3 derajat celcius atau lebih, sebaiknya tidak beraktivitas di luar rumah.

Baca juga: Impresi Pertama Honda ADV 150 dan Honda Monkey

Periksa juga kondisi sepeda motor terutama sepeda motor yang sudah lama tidak digunakan. Cek kondisi secara ringan seperti kebocoran oli, perhatikan kondisi dan tekanan ban, periksa sistem pengereman dan kopling serta lampu tetap berfungsi baik.

“Ya, diharapkan ketika hendak keluar menggunakan motor sebaiknya perhatikan kondisi tubuh, lalu regulasi rute serta tempat yang ingin dikunjungi,” tambahnya.

Kalau memang tempat yang ingin dikunjungi berada di zona merah penyebaran Covid-19, ada baiknya tidak perlu berangkat.

Bekali diri dengan perlengkapan pribadi mulai dari bawa makanan dan peralatan makan sendiri hingga peralatan ibadah.

Selama di perjalanan

Tips aman naik motor di masa adaptasi kebiasaan baru juga perlu diaplikasikan ketika di perjalanan. Tetap perhatikan protokol kesehatan agar selalu menggunakan masker saat berkendara di atas motor.

Baca juga: Honda Forza dan Honda Super Cub C125 Meluncur di Indonesia

“Selain itu, usahakan pilih rute dan jam yang tidak macet untuk selalu menjaga jarak dengan pengguna motor lainnya,” kata Johannes.

Selama perjalanan, jika terpaksa melakukan transaksi seperti membayar parkir atau beli bahan bakar minyak (BBM) gunakan pembayaran dengan uang elektronik untuk meminimalisir kontak dengan orang lain.

Hindari penggunaan helm secara bergantian dan selalu gunakan visor saat berkendara untuk mencegah benda asing masuk serta mencegah mengusap mata saat dalam perjalanan.

Jika menggunakan buff, sebaiknya juga tetap menggunakan masker agar kemampuan penyaringan partikel berbahaya dapat bekerja lebih baik.

Sarung tangan yang digunakan sebaiknya yang menutupi seluruh bagian tangan (full cover). Bila hanya memiliki satu sarung tangan, selalu terapkan cuci tangan sebelum dan sesudah menggunakan sarung tangan.

Saat motor diparkir di tempat tujuan, usahakan semua peralatan berkendara atau safety gear diletakkan pada tempat tertutup seperti bagasi motor dan tas helm untuk menghindari paparan udara yang kemungkinan membawa virus corona.

tips aman naik motor

Kembali pulang

Jangan buru-buru langsung masuk rumah usai beraktivitas menggunakan motor. Hal pertama yang harus dilakukan adalah menyemporotkan cairan desinfektan yang aman ke riding gear yang digunakan mulai dari jaket, sarung tangan, celana panjang, hingga sepatu.

Baca juga: Sehari Menyusuri Klasiknya Yogyakarta dengan Honda CMX 500 REBEL

Lalu lap helm menggunakan tisu yang mengandung alkohol kemudian keringkan. Masker sebaiknya langsung dicuci menggunakan deterjen.

Riding gear yang telah digunakan dapat disimpan di bagasi motor atau sediakan tas tersendiri.

Bila motor diparkir di dalam rumah, semprotkan dengan desinfektan lalu lap hingga bersih. Lebih aman lagi bila dicuci lebih dahulu.

“Memang ada baiknya menjaga kebersihan dengan selalu mengganti riding gear. Sebelum berinteraksi dengan anggota keluarga atau istirahat pun sebaiknya mandi lebih dahulu,” tutur Johannes.

tips aman naik motor

Touring dan kopdar

Biker memang identik dengan touring dan kopi darat bersama teman atau komunitas.

Memang tidak ada larangan untuk melakukan touring dan kopdar selama kedua aktivitas tersebut selama tetap berada di koridor protokol kesehatan.

“Misalnya untuk touring, rute dan tujuan tidak perlu yang jauh serta masih tetap berada di zona aman,” jelasnya.

Baca juga: 8 Tren Modifikasi, Mana yang Cocok untuk Motor Anda?

Tips aman naik motor di masa adaptasi kebiasaan baru ini hanya sebagai panduan. Hal yang terpenting, jaga selalu kesehatan dan kondisi tubuh sebelum berkendara menggunakan motor.

“Keselamatan dan kesehatan menjadi kunci utama untuk dapat beraktivitas dengan produktif di masa adaptasi kebiasaan baru ini,” tutup Johannes.

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.