Search Cars

Uncategorized

Tak Harus Uang, Sedekah Ramadan Juga Bisa dalam Bentuk Ini

Sedekah di bulan Ramadan tidak melulu harus dalam bentuk uang, masih banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk bersedekah. Lalu apa saja alternatifnya?

sedekah di bulan ramadan

Bulan Ramadan tentunya menjadi momen yang tepat untuk saling berbagi dengan memperbanyak sedekah. Tidak harus dengan uang, sedekah bisa dilakukan melalui berbagai macam cara.

Sebagai opsi, berikut beberapa bentuk sedekah selain dengan uang atau harta benda lainnya. 

takjil

Berbagi Takjil

Bersedekah di bulan puasa paling sering kamu temui bukan? Meskipun terlihat sepele, tapi berbagi takjil adalah salah satu sarana meraup pahala paling mudah. Sedekah dengan cara ini pun sangat membantu bagi orang-orang yang tengah berpuasa. 

Biasanya berbagi takjil dilakukan dengan turun ke jalan, ke masjid, hingga ke disalurkan panti asuhan atau ke pemukiman kaum dhuafa. 

Baca juga: Bayar Zakat dan Meminta Sumbangan Ada Mekanisme dan Aturannya

kebutuhan pokok

Berbagi sembako

Bagi yang berniat memberikan sumbangan ke panti asuhan tapi enggan memberikan donasi dalam bentuk uang, kamu bisa memberikan sedekah dalam bentuk sembako.

Agar tidak salah memilih sembako yang akan disedekahkan, ada baiknya kamu memilih bahan makanan pokok yang biasa dikonsumsi sehari-hari.

Kamu bisa memilih bahan makanan pokok seperti beras, minyak goreng, telur, tepung terigu, dan mie instan. Bahan makanan tersebut akan sangat bermanfaat bagi mereka yang membutuhkan.

Baca juga: Hukum Bayar Zakat Online dan Website serta Aplikasi untuk Menunaikannya

al-quran

Peralatan Ibadah

Selanjutnya, kamu bisa juga menyumbangkan perlengkapan ibadah. Selain kebutuhan pangan, kebutuhan untuk beribadah dengan nyaman juga pasti dibutuhkan.

Kamu bisa membagikan perlengkapan ibadah seperti sarung, mukena, baju koko, peci, dan kitab Al-Qur’an kepada yayasan maupun panti asuhan, apalagi lebaran atau hari raya Idulfitri akan segera datang.

donasi

Pakaian bekas

Setelah kebutuhan beribadah, kebutuhan pokok setelahnya adalah pakaian. Tidak semua orang punya stok pakaian layak yang dapat digunakan. Hal ini bisa menjadi ide bagus untuk kamu menyumbangkan pakaian yang sudah tidak terpakai namun masih dalam kondisi yang bagus dan layak pakai. 

Selain mendapat pahala, rumah juga tidak akan dipenuhi dengan barang-barang yang tidak terpakai. Jika memiliki banyak pakaian di rumah, kamu bisa mulai menyortir pakaian untuk disedekahkan di bulan Ramadan ini ya.

Baca juga: Ide Parsel Lebaran Anti Mainstream, Unik dan Menarik

Itulah beberapa jenis sedekah di bulan Ramadan yang bisa kamu lakukan. Jangan pernah takut untuk memulai berbuat baik di bulan yang suci ini.

Untuk memudahkan niat baik kamu untuk menyerahkan sedekahmu, kamu bisa menggunakan layanan Movic #SiapAntar.

Bersedekah dari rumah, jadi lebih praktis, tenang dan nyaman. Movic siap antar jemput semua kebutuhanmu. 

   

 

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.