Search Cars

Tips & Rekomendasi

Mudik Sekeluarga dengan Mobil Bermesin Kecil, Baca Ini Dulu

Berencana mudik bersama keluarga dengan mobil pribadi? Tentu lebih menyenangkan jika Anda memahami mobil yang dikendarai.

 

Mobil keluarga yang saat ini sedang menjadi primadona adalah Toyota All New Calya. Mobil LCGC (low cost green car) dengan kapasitas 7 penumpang ini dirasa mumpuni, tapi jangan asal berangkat, mending simak dulu tips ini!

 

1. Daya angkut mobil

Jadi biasanya, esensi mudik itu bawa kerabat dan dan barang sebanyak-banyaknya ke kampung halaman biar lebaran lebih meriah. Tapi ingat, tiap mobil itu punya daya angkut yang beda-beda.

 

Untuk mobil seperti Toyota All New Calya ini nyamannya mengangkut lima orang dan barang bawaan. Sebab jika dibuat penuh tujuh orang, Anda hanya memiliki sedikit ruang untuk barang bawaan. Tidak disarankan untuk melebihi kapasitas mobil karena pasti akan mengganggu kinerja shock breaker dan kenyamanan di dalam kabin juga akan berkurang

 

Jika Anda hanya berangkat dengan keluarga kecil yang anggotanya hanya empat orang, sebenarnya tidak ada masalah, asalkan alokasi barang bawaan sudah diperhitungkan. Pastinya bawa barang bawaan sesuai kebutuhan dan keperluan. Jangan lupa juga untuk bawa obat-obatan pribadi.

 

Meski kadang mengganggu dan menjadi beban, sebaiknya Anda jangan pernah menurunkan atau tidak membawa ban cadangan, dongkrak, segitiga pengaman, dan tool box. Anda tidak akan pernah tahu kapan keadaan darurat itu datang saat di perjalanan mudik.

 

Saran dari kami, jangan penuhi kapasitas bagasi mobil saat berangkat mudik. Minimal Anda menyisakan ruang sekitar 20 persen dari luas bagasi. Karena sepulangnya Anda dari kampung halaman pasti akan membawa oleh-oleh yang nantinya akan dibagikan ke kerabat, tetangga, atau teman kantor.

 

2. Perawatan mesin

Pada bagian dapur pacu, Toyota All New Calya dibekali mesin berkode 3NR-VE berkapasitas 1.197 cc 4-silinder DOHC Dual VVT-i yang siap memberikan impresi tenaga yang responsif, sekaligus tetap hemat BBM.

 

Sangat penting untuk selalu melakukan perawatan dan servis berkala mobil. Jika hendak melakukan perjalanan jauh atau mudik, minimal seminggu sebelum keberangkatan, lakukanlah hal tersebut.

 

Infokan ke juga ke pihak bengkel kalau mobil bakal dipake buat perjalanan jauh, jadi sama mekanik akan dicek secara menyeluruh. Ganti juga suku cadang yang memang sudah waktunya diganti. Pastikan, untuk juga untuk selalu melakukan perawatan dan servis berkala di bengkel resmi, karena sudah terjamin dengan mekanik yang berpengalaman, pelayanan yang nyaman, dan suku cadangnya asli.

 

Sebelum berangkat, tidak ada salahnya jika Anda kembali mengecek mobil agar perjalanan makin aman dan nyaman, seperti air radiator, air wiper, volume oli, hingga oli power steering.

 

Selain menyiapkan kondisi badan dengan istirahat cukup dan minum multivitamin bila perlu, mesin mobil juga perlu perhatian.

 

3. Jaga keamanan

Meski masuk dalam segmen LCGC, tapi untuk perjalanan jauh atau mudik, dari segi keamanan dan kenyamanan, Toyota All New Calya tidak ada bedanya dengan MPV atau city car pada umumnya.

 

Untuk menjaga keamanan selama perjalanan, mobil ini sudah dilengkapi dengan seat belt tiga titik untuk seluruh penumpang, fitur ISOFIX atau pengait kursi bayi di jok baris kedua, Dual SRS Airbag, hingga Anti-Lock Braking System (ABS) yang menjaga rem tidak terkunci saat pengereman mendadak.

 

Jangan lupa, faktor keamanan ini juga bergantung dengan bagaimana cara Anda berkendara. Jadi jaga selalu kecepatan berkendara serta patuhi aturan serta peraturan lalu lintas yang berlaku.

 

4. Kenyamanan kabin

Kabin Toyota Calya ini sanggup mengakomodir kenyamanan dari depan hingga belakang ruang kabin di sepanjang perjalanan. Walau tidak dilengkapi AC double blower, mobil ini memiliki air circulator agar baris kedua dan ketiga tetap mendapatkan udara segar.

 

Bawa balita? Sediakan selalu makanan ringan kesukaannya untuk menemani perjalanan. Tak hanya itu bawa juga air mineral untuk Anda agar tidak melulu harus mampir jika haus. Tentunya untuk keamanan dan kenyamanan, gunakan selalu sabuk pengaman sepanjang perjalanan.

 

Tak hanya itu, kenyamanan dalam kabin Toyota Calya juga didukung fitur hiburan dari head unit audio yang dapat dikoneksikan dengan smartphone melalui koneksi USB, AUX, hingga bluetooth.

 

Karena itu, ada baiknya Anda juga menyiapkan playlist lagu-lagu kesayangan untuk menemani perjalanan mudik.

 

tips berkendara5. Istirahat

Jika Anda menyetir mobil sendiri sepanjang perjalanan mudik, jangan terlalu memvorsir badan dan keadaan. Saat musim mudik, biasanya jalanan akan macet, Anda akan mudah lelah dan mulai ngantuk.

 

Ada baiknya Anda mampir ke rest area atau posko-posko mudik untuk istirahat, melemaskan tubuh, atau bahkan tidur sejenak.

 

Anjurannya, untuk pengemudi istirahat lah tiap empat hingga lima jam. Bawa juga uang tunai lebih, siapa tahu Anda ingin wisata kuliner di tengah jalan, sementara ATM sedang tidak dalam jangkauan.

 

Bukan kecepatan, tapi keselamatan adalah hal yang utama selama perjalanan mudik. Ingat, keluarga menanti kedatangan Anda di kampung halaman!

 

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.