Search Cars

Travel & Lifestyle

Melirik Prestasi dan Keindahan Alam Papua Bumi Cendrawasih

Dari prestasi membanggakan Papua, Anda akan tahu betapa hebatnya Indonesia. Ini prestasi dan keindahan alam yang perlu diketahui.

Sebagai wilayah yang berada di timur Indonesia, Papua yang dikenal dengan sebutan “Bumi Cendrawasih” ini banyak menyimpan pesona yang jarang diketahui masyarakat Pulau Jawa. Mulai dari pesona alam, budaya, dan sumber daya manusia yang ada di sana menjadi aset berharga.

 

Mengingat beragamnya objek tersembunyi dari Papua, tak sedikit media yang terbilang masif menginformasikan seputar konflik multikultural yang belakangan ini terjadi. Salah satunya seperti insiden mahasiswa Papua di Surabaya dan konflik rasial menyoal warna kulit.

 

Kekacauan yang terjadi membuat redupnya ‘Cahaya dari Timur Indonesia’ ini. Oleh karenanya, sebagai bentuk penghargaan sekaligus upaya mengenal Papua, Seva.id mengajak Anda meng-upgrade informasi baik seputar prestasi membanggakan Papua seperti berikut.

Bidang pendidikan

Meski terbilang jauh dari ibukota, bukan berarti masyarakat Papua kehilangan kesempatan untuk mengenyam pendidikan. Memang, sarana dan prasarana edukasi tidaklah selengkap seperti di Jakarta. Namun, urusan pendidikan, Papua tidak kalah dengan pelajar di Jakarta.

 

Berbekal semangat belajar yang tinggi, Septinus George Saa berhasil mendapatkan prestasi bertaraf internasional pada tahun 2004. Putra Papua ini dinobatkan sebagai pemenang dalam lomba riset Fisika  atau The First Step to Nobel Prize in Physics di Inggris.

 

Baca juga: Jangan Sedih! Masih Banyak Cara Masuk PTN dengan Jalur Berikut

 

Selain itu,  ia juga mendapatkan penghargaan sebagai pemakalah terbaik dengan mengalahkan ratusan peserta dari 73 negara. Kerennya lagi, berkat makalahnya itu, George Saa berkesempatan belajar dan meneliti di Polish Academy of Science Polandia selama sebulan.

 

Setelahnya, berbagai tawaran perguruan tinggi pun berdatangan. Namun, ketika lulus SMA, ia memilih melanjutkan studi di bidang Aerospace Engineering di Florida, Amerika Serikat.

 

Bidang Penelitian dan Tata Surya

Bergabung bersama NASA adalah prestasi yang sangat membanggakan. Kebanggaan yang muncul dari kesempatan tersebut tak hanya berdampak pada diri portofolio diri sendiri saja, tetapi bisa berdampak pada mengharumnya nama bangsa dan negara.

 

Seperti Bob Royend Sabatino Kaway dan Thinus Lamek Yewi. Siswa kelas XII dari distrik Waibu, Jayapura dikabarkan lolos seleksi di NASA pada saat bersekolah di kelas tersebut di tahun 2016.

 

Berdasarkan informasi yang dilansir dari Papuanews.id, keduanya adalah pemuda berprestasi dari Jayapura yang masuk dalam Tim Padi NASA untuk meneliti apakah padi dapat tumbuh di luar angkasa.

Bidang olahraga

Selanjutnya, dalam ajang olahraga. Pemerintah Papua tidak pernah absen mengirimkan pemuda terbaiknya untuk berlaga di kompetisi nasional maupun intersional. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya prestasi yang dibawa pulang oleh pemuda Papua saat berjuang membela negara.

 

Pada tahun 2011, putri Papua, Serafi Anelies Unani membuktikan hal itu. Ia berhasil menyabet medali emas di ajang Asian Games 2011 di cabor atletik. Dirinya keluar sebagai pelari tercepat dengan 11,69 detik mencapai garis finis.

 

Baca juga: Game Online Dijadikan Olahraga di Piala Presiden 2019, Ini Alasannya

 

Selain Anelies, ada juga nama seperti Franklin Ramses Burumi yang membawa tiga medali emas di cabor estafet putra, Boaz Salosa yang berhasil membobol gawang Uruguay dalam pertandingan internasional antara Indonesia dan Uruguay, dan Raema Lisa Rumbewas di bidang angkat besi.

Hasil bumi

Bukan rahasia jika Papua menjadi menjadi wilayah di Indonesia Timur yang sangat kaya. Hasil tambang berupa emas dan tembaga melimpah ruah. Bahkan, kualitas tanah juga mendukung tumbuhnya berbagai tanaman.

 

Salah satu contohnya ialah kelapa sawit, kakao, kopi arabika, buah merah, dan karet yang tumbuh di hutan maupun perkebunan sekitar 5 hektar di tanah Papua.

 

Karena begitu potensialnya hasil bumi tersebut, tak sedikit warga Papua yang memanfaatkan hasil bumi untuk menjalankan hidupan, baik untuk berdagang maupun dimanfaatkan sendiri.

Wisata

Jika bicara soal wisata di Papua, pasti banyak di antara kita langsung mengingat Raja Ampat. Padahal, pesona wisata alam di Papua tidak hanya ada di Raja Ampat saja.

 

Banyak spot-spot indah yang bisa dibilang belum terjamah. Lembah Baliem dan Museum Loka Budaya misalnya.

 

Kedua tempat ini adalah lokasi wisata yang tepat bila Anda tertarik mengenal Papua. Di Lembah Baliem Anda bisa berinteraksi langsung dengan suku asli Papua, yakni Dani, Yali, dan Lani.

 

Lalu, untuk mengetahui sejarah Papua, kamu bisa melipir ke Museum Loka Budaya. Banyak peninggalan sejarah yang sudah tersimpan sekitar 300 tahun dan benda-benda sejarah lainnya yang dianggap sakral oleh warga Papua.

 

Bahkan, bila Anda ingin liburan ke wilayah perairan, Pantai Bosnik atau Air Terjun Wafsarak bakal memanjakan diri Anda dengan nuasana yang asri dan menenangkan.

Berkat potensi luar biasa dari Papua itu, rasanya Papua adalah wilayah terbaik yang bisa Anda manfaatkan untuk upgrade your life dari berbagai sisi, entah soal pendidikan, olahraga, dan jalan-jalan.

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.