Search Cars

Tips & Rekomendasi

Pertama Kali Beli Mobil, Pilih Mobil Baru atau Mobil Bekas?

Beberapa orang kadang dilema saat memilih mobil pertama. Mana yang lebih baik, membeli mobil baru atau mobil bekas?

mobil baruMembeli mobil untuk pertama kalinya adalah hal yang menyenangkan bagi sebagian orang, apalagi mobil tersebut memang sangat dibutuhkan sebagai alat transportasi keluarga. Namun, kadang beberapa di antara mereka bingung untuk menentukan mobil pertamanya.

 

Selain bingung dengan tipe mobil, ada juga yang sulit untuk memilih, ingin membeli mobil baru atau mobil bekas berkualitas sebagai mobil pertama.

 

Sebenarnya, untuk menentukan hal itu tergantung dari kebutuhan Anda. Tetapi, bila Anda masih memiliki pertimbangan lain, mungkin tips di bawah ini bisa membantu Anda menentukan mobil baru atau bekas yang akan menjadi mobil pertama Anda.

 

Jumlah budget

Hal pertama yang harus dipertimbangkan adalah jumlah budget Anda. Jangan sampai harga mobil yang diinginkan melebih jumlah budget yang sudah dialokasikan.  Lalu, bila Anda membeli mobil secara kredit, hitung juga berapa biaya yang dibutuhkan untuk membayar cicilan bulanan.

 

Baca juga: Siapkan Hal Berikut Ini Sebelum Membeli Mobil Secara Kredit

 

Jumlah budget yang tersedia otomatis ikut menentukan jenis dan kondisi mobil yang sesuai dengan Anda.

 

Sesuaikan dengan kebutuhan

barang bawaan mudikHal kedua yang harus diketahui oleh para pembeli pemula adalah menentukan mobil sesuai dengan kebutuhan, termasuk model, fitur, transmisi, dan kelengkapan mobil lainnya. Pastikan semua kelengkapan yang dibutuhkan terdapat di dalam mobil pilihan Anda.

 

Cari informasi sebanyak-banyaknya tentang mobil yang dipilih. Anda dapat membuka berbagai situs untuk mendapatkan informasi tersebut.

 

Baca juga: Kredit Mobil Baru dan Mobil Bekas, Mana Lebih Untung?

 

Setelah mendapatkan mobil yang dibutuhkan, ketahui harga mobil tersebut untuk menentukan uang muka atau down payment (DP). Biasanya, besar uang muka yang harus dibayarkan sekitar 20 persen dari harga mobil.

 

Namun, apabila mobil tersebut memiliki harga yang lebih mahal dari budget Anda, ada baiknya untuk memilikirkan kembali hal yang harus dilakukan, seperti menambah budget, mengganti pililhan, atau solusi lainnya yang tidak akan memberatkan Anda.

 

Kelebihan dan kekurangan mobil baru dan bekas

Membeli mobil baru memang terasa lebih menenangkan dan menyenangkan karena kondisi mobil masih benar-benar dari dealer sehingga tidak ada kerusakan maupun kekurangan lain akibat pemakaian.

 

Berbeda dengan mobil bekas, yang telah digunakan oleh orang lain sebelumnya, sehingga besar kemungkinan adanya rusak pemakaian oleh pemilik sebelumnya. Walaupun begitu, tetap saja mobil bekas dengan kondisi yang nyaris sempurna seperti baru tetaplah ada.

 

Untuk perbandingan harga, mobil baru kini juga ada yang murah, seperti jenis LCGC yang diusung oleh berbagai merek besar seperti Daihatsu dan Toyota. Hal tersebut memungkinkan Anda sebagai konsumen untuk membeli mobil baru dengan harga yang lebih murah.

 

Baca juga: Pilihan Expert, Mobil Bekas dengan Kualitas Premium

 

Namun dengan harga yang serupa, Anda bisa mendapatkan mobil yang kelasnya di atas mobil baru tersebut namun dengan kondisi bekas.

Nah, apabila Anda ingin mencari mobil baru atau bekas, Anda bisa mengunjungi website Seva.id. Marketplace ini menyediakan berbagai fitur menarik, salah satunya adalah Pilihan Expert. Fitur ini membantu Anda untuk menemukan mobil bekas dengan kualitas terjamin. Jadi, mobil bekas yang ada di Pilihan Expert sangat terjaga kondisinya dan selayaknya mobil baru.

 

Untuk itu, bila Anda ingin mendapatkan mobil baru atau bekas berkualitas, jangan lupa untuk mengunjugi Seva.id dan nikmati segala promo menarik yang ditawarkan khusus untuk Anda.

 

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.