Search Cars

Tips & Rekomendasi

Jangan Tertipu, Ini Tips Cek Keaslian Odometer Mobil Bekas

Tidak jarang, odometer mobil bekas diragukan keasliannya. Tetapi jangan khawatir, berikut cara memeriksanya.

odometer mobilBagi sebagian orang, membeli mobil bekas justru lebih menguntungkan daripada membeli mobil baru. Tetapi, sebelum benar-benar membelinya, Anda harus memastikan bahwa kondisi mobil tersebut masih bagus dan bernilai untuk digunakan.

 

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengecek kondisi mobil, salah satunya adalah dengan melihat jarak tempuhnya di odometer.

 

Sebagai informasi, odometer adalah alat yang berguna untuk menampilkan jarak kendaraan dan tidak jarang dijadikan sebagai patokan ketika ingin mengganti oli. Ada dua jenis odometer, yaitu odometer analog (mekanik) dan digital (elektronik).

 

Tetapi, saat mengecek odometer, ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk memastikan keasliannya. Pasalnya, ada sebagian pedagang yang berlaku curang dengan cara menurunkan angka odometer, agar pembeli tertipu saat melihatnya.

 

Cara memastikan keaslian odometer mobil bekas adalah sebagai berikut.

 

Terdapat goresan-goresan di instrumen cluster

Cara yang sering digunakan oleh para “pedagang nakal” adalah dengan membuka instrumen cluster dan memutar angka di odometer untuk menurunkan angkanya. Jadi, informasi yang diberikan odometer mengenai jarak tempuh lebih sedikit dibandingkan yang seharusnya.

 

Untuk menurunkan angka, mereka harus membongkar instrumen cluster. Oleh karena itu, tidak jarang terdapat goresan atau lecet bekas pembongkaran.

 

Baca juga: Tips Memilih Mobil Bekas Secara Langsung dan Online

 

Apabila hal tersebut terjadi pada Anda, ada baiknya untuk menanyakan kepada penjual, apa penyebab dari goresan itu. Bila jawabannya dirasa kurang meyakinkan, Anda bisa mencari mobil lain yang mungkin memiliki kualitas lebih baik.

Namun, kasus ini hanya terjadi pada mobil jadul yang memiliki odometer analog, bukan di mobil modern seperti sekarang, yang sudah menggunakan instrumen cluster digital.

 

Walaupun begitu, pedagang nakal ternyata masih bisa memainkan angka odometer di instrumen digital. Bedanya adalah pada tingkat kesulitannya, dimana mobil-mobil modern sudah menggunakan software pada ECU, sehingga sulit untuk melakukan kecurangan angka di odometer.

 

Memeriksa buku servis mobil

Cara lainnya adalah dengan memeriksa buku servis mobil bekas yang ingin dibeli. Pastinya, buku servis akan menyimpan seluruh riwayat mobil, mulai dari kerusakan-kerusakan yang pernah terjadi, sampai dengan catatan kilometer mobil.

 

Pencatatan kilometer itu berpatokan kepada odometer mobil. Apabila angka yang ada di odometer berbeda dengan yang tertera di buku servis, mungkin Anda harus cek lebih lanjut kebenaran angka odometer dengan menanyakan kepada penjual.

 

Kondisi fisik mobil

Kondisi fisik mobil bisa juga menjadi salah satu acuan untuk mengecek odometer. Mobil yang jarang dipakai pasti memiliki angka odometer yang rendah. Dengan melihat kondisi fisik mobil, Anda bisa memperkirakan apakah mobil tersebut sering digunakan atau tidak.

 

Baca juga: Mending Beli Mobil Bekas di Dealer atau Perorangan?

 

Anda bisa melihat kondisi interior maupun eksterior, seperti kerapihan dashboard, sarung jok, cat mobil, kaki-kaki, dan lain sebagainya. Rata-rata, mobil yang jarang dipakai kondisinya masih terllihat prima dan segar, apalagi setelah dicuci.

 

Ban mobil

Selanjutnya adalah melihat tapak ban mobil. Tetapi sebelumnya, pastikan bahwa mobil masih menggunakan ban bawaan pabrikan. Mobil yang jarang dipakai biasanya masih memiliki kembang atau groove ban yang bagus.

 

Bila ban mobil masih dalam kondisi bagus dan layak pakai, Anda tidak perlu curiga dengan angka odometer yang rendah. Kecuali, kondisi ban sudah botak tetapi angka odometer masih rendah, Anda layak mencurigainya.

 

Tahun pembuatan

Terakhir adalah dengan cara melihat tahun pembuatan mobil. Rata-rata, mobil yang dipakai harian akan menempuh jarak 15 ribu sampai 20 ribu kilometer per tahun. Otomatis, odometer akan menunjukkan angka yang sama dengan jarak tempuh mobil.

 

Baca juga: Tutorial Cara Mudah Beli Mobil Bekas di Seva.id

 

Jika odometer mobil jauh lebih rendah dari jarak yang seharusnya, pastikan bahwa jarak yang tertera memang benar dengan menanyakannya kepada penjual.

 

Memang, ketika membeli mobil bekas, Anda harus teliti memeriksa keseluruhan bagian mobil, termasuk memasitkan keaslian jarak tempuh di odometer. Bila perlu, datanglah bersama teman atau montir yang mengerti tentang mobil ke tempat penjual.

 

Baca juga: Mobil Bekas Berkualitas Premium Hanya di Pilihan Expert Seva.id

 

Atau, jika Anda tidak ingin repot mengecek mobil, Anda bisa mendapatkan mobil bekas berkualitas di Pilihan Expert Seva.id. Mobil-mobil yang tersedia di Pilihan Expert dijamin berkualitas, anti banjir, odometer asli, dan lain-lain. Dapat dikatakan, kualitas mobil yang tersedia di Pilihan Expert layaknya mobil baru.

 

Jadi, apabila Anda ingin membeli mobil bekas berkualitas, langsung kunjungi Pilihan Expert di Seva.id dan dapatkan penawaran terbaiknya.

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.