Search Cars

Review Otomotif

Cekidot! Ini 6 Mobil Impian Anak Generasi 90-an

Apakah Anda generasi 90-an? Atau penggemar mobil-mobil tahun 90-an? Deretan mobil tahun 90-an di bawah ini mungkin bisa membuat Anda bernostalgia. Yuk, di simak.

Generasi 90-an atau biasa disebut dengan millennials adalah generasi yang mendominasi saat ini. Oleh karena itu, banyak karya atau benda yang sempat terkenal di tahun 1990-an menjadi incaran saat ini, misalnya adalah mobil.

 

Kala itu, ada beberapa mobil yang sangat populer dan menjadi impian banyak orang. Mulai dari mobil-mobil keluaran pabrikan Jepang, sampai dengan mobil yang berasal dari Benua Biru, Eropa.

 

Nah, buat Anda yang suka mengoleksi mobil jadul, khususnya Generasi 90-an, mungkin mobil-mobil di bawah ini pernah menjadi impian Anda saat kecil dulu.

 

Toyota Kijang

Mobil pertama adalah Toyota Kijang, yang muncul pertama kali di Indonesia pada tahun 1977. Mulanya, Kijang adalah kendaraan niaga berkonsep Basic Utility Vehicle (BUV). Lalu, konsep tersebut berevolusi dan membuat Toyota Kijang di jaman sekarang menjadi salah satu Multi Purpose Vehicle (MPV) terbaik di Indonesia.

 

Baca juga: Toyota Kijang, dari Mobil Rakyat hingga Mobil Resmi Asian Games 2018

 

Seiring dengan perjalanan panjangnya di Indonesia, sudah banyak jenis Toyota Kijang yang merasakan aspal Indonesia. Mulai dari Kijang Buaya, Kijang Doyok, Kijang Kapsul, sampai dengan Kijang Innova generasi terbaru bermesin 4 silinder DOHC.

 

Gen X, millennials, dan gen Z pasti sempat merasakan Toyota Kijang “series”. Oleh karena itu, Kijang punya tempat tersendiri di hati penggemarnya, termasuk di Generasi 90-an.

 

Isuzu Panther

Siapa yang tidak kenal dengan Isuzu Panther, apalagi anak 90-an. Mobil ini menjadi salah satu mobil legendaris di Indonesia. Pada jamannya, Panther sangat banyak terlihat lalu lalang di jalan dan menjadi salah satu mobil impian sebagian orang.

 

Panther diproduksi pertama kali pada tahun 1991 dengan 6 varian, yaitu Panther Grand Deluxe, Deluxe (Total Assy), Panther Hi – Grade, Bravo, Miyabi, dan Standart.

 

Baca juga: Bertahan Lebih dari 2 Dekade, Ini Sejarah Isuzu Panther

 

Setelah meraih kesuksesan pada generasi pertama, Panther kembali mengeluarkan produk terbarunya di tahun 1996. Generasi kedua ini menggunakan mesin yang berbeda dengan sebelumnya, yaitu berkapasitas 2.500 cc OHV direct injection. Mesin tersebut dapat menyemburkan tenaga maksimal sebesar 86 hp di 3.900 rpm.

 

Generasi terakhir dari Panther terlahir tahun 2005, yang mengalami perubahan dari grill, desain lampu, dan juga interior. Lalu, di 2009 dan 2013 Panther melakukan facelift untuk mempermuda penampilannya. Total, Panther sudah menginjak usia 28 tahun sejak kelahirannya di Indonesia.

 

Daihatsu Taft

mobil tahun 90anBerikutnya ada nama Daihatsu Taft, yang sekarang ini sering dijadikan sebagai mobil off-road. Daihatsu Taft sangat terkenal di tahun 90-an sebagai Sport Utility Vehicle (SUV) boxy yang menggunakan sistem penggerak 4 roda.

 

Baca juga: Sejarah Daihatsu Taft, dari Kancil hingga Rocky

 

Melihat minat yang bagus dari masyarakat Indonesia, beberapa generasi pun diluncurkan dengan berbagai nama, seperti Feroza dan Rocky yang merupakan turunan dari Taft. Mobil tiga pintu ini semakin terkenal dikalangan Generasi 90-an saat meluncurkan Taft Independent di tahun 1995.

 

Desain Taft Independent tidak berbeda jauh dengan Taft sebelumnya. Perbedaan yang paling mencolok terlihat dari body-nya yang bongsor dan desain lampu yang sudah tidak lagi bundar, melainkan berubah menjadi kotak.

 

BMW Seri 3

modifikasi bmw e30

Mobil ini juga menjadi primadona di kalangan Generasi 90-an. Malah, salah satu variannya, yaitu BMW E30, dipakai dalam film Catatan si Boy. Hal ini menjadikan BMW E30 semakin digandrungi anak-anak muda era 90-an.

 

E30 adalah mobil yang mengusung konsep the ultimate driving machine, yang berarti bahwa kendaraan bertipe sedan ini memiliki mesin bandel dan hebat saat dikendarai. Untuk itu, kualitasnya tidak perlu diragukan lagi.

 

Baca juga: Mengenal BMW Seri 3 dari Masa ke Masa

 

Ada tujuh generasi dari BMW seri 3 yang sudah dikenalkan oleh BMW. Generasi pertama tercipta pada tahun 1975 dengan konsep sedan 2 pintu. Sedangkan generasi terakhir, yaitu generasi ketujuh, sudah diperkenalkan di Paris Motor Show 2018 lalu.

 

Peugeot 206

Masih ingat dengan Peugeot 206? Mobil bertipe hatchback ini sempat mencuri perhatian Generasi 90-an karena desainnya yang modern dan sporty. Hal tersebut membuat Peugeot 206 mencapai era keemasannya pada saat itu.

 

Bukan hanya itu, mobil mungil ini merupakan model terlaris Peugeot sepanjang masa. Sebagai informasi, angka penjualannya melewati lima juta unit pada 2005. Bahkan, di 2009 angka penjualannya melewati 370 ribu unit di seluruh dunia.

 

Baca juga: Peugeot 206 Community: Berawal dari Milis Menjadi Komunitas

 

Tetapi sayang, Peugeot sudah menghentikan produksi 206 mereka di akhir tahun 2011 karena undang-undang Uni Eropa mengenai standar emisi.

 

Tetapi, bukan tidak mungkin Peugeot 206 akan muncul lagi dengan mesin dan standar emisi yang baru. Ini pasti menjadi impian para penggemarnya. Semoga, impian ini bisa terwujud dan 206 kembali berjaya di era digital.

 

Toyota Corolla

Mobil terakhir adalah Toyota Corolla, yang sempat menjadi mobil sedan terlaris di dunia pada tahun 1997. Corolla generasi pertama dirilis di Jepang pada 1966. Tetapi, baru masuk ke Indonesia di tahun 1970 dengan membawa generasi keduanya.

 

Corolla memiliki 11 generasi yang beberapa diantaranya menjadi legenda di Indonesia. Contohnya adalah Toyota Corolla DX atau Toyota Corolla Twincam, yang bertebaran di jalanan tanah air pada eranya.

 

Baca juga: Mengenal Toyota Corolla dari Generasi ke Generasi

 

Corolla Twincam menggunakan camshaft ganda yang juga sudah dibekali power steering dan power window, sehingga sedan ini terlihat canggih kala itu.

 

Ada 4 tipe yang dilahirkan oleh Corolla Twincam,  yaitu 1.3 SE sedan, 1.6 SE Limited Sedan, 1.6 Gti sedan, dan 1.6 Liftback 5 – door.

 

Selain itu, ada beberapa mobil lagi yang namanya tenar di era 90-an, seperti Toyota Starlet, Daihatsu Charade, Timor, dan banyak lagi yang lainnya.

 

Nah, dari keenam mobil yang sempat menjadi idaman Generasi 90-an di atas, mana yang juga menjadi mobil idaman Anda?

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.