Search Cars

Tips & Rekomendasi

Cara Merawat Kabin Mobil agar Terhindar dari Virus dan Bakteri

Cegah penyebaran virus dan bakteri di dalam kabin mobil kamu dengan cara berikut ini.

merawat kabin mobilKabin mobil adalah salah satu bagian penting untuk dirawat demi kenyamanan berkendara, baik oleh pengemudi maupun penumpang. Bila kabin kotor dan menjadi sarang bakteri, virus, atau serangga, pastinya kenyamanan berkendara akan terganggu. 

Ditambah lagi, belakangan ini muncul berita seputar penyebaran virus melalui udara yang berasal di Cina, yaitu virus corona. Virus ini membuat masyarakat dunia panik. Bahkan, ada salah satu produsen otomotif yang berinisiatif menciptakan kendaraan baru yang bisa mentralisasi virus di dalam kabin. 

 

Baca juga: Ternyata Merawat Mobil Mewah Itu Mudah, Ini Buktinya

 

Maka dari itu, agar sirkulasi udara di dalam kabin mobil tetap bersih dan sehat, jangan lupa untuk merawatnya. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk #BikinKamuSiap ketika ingin membersihkan interior kendaraan. Lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini. 

Fogging

Fogging bisa dibilang ampuh dalam membunuh kuman dan bakteri yang bersarang di dalam kabin. Pasalnya, sistem kerja fogging mobil menggunakan daya uap yang dapat mematikan kuman serta bakteri secara menyeluruh.

 

Sebelum melakukan fogging, pastikan area kabin bersih terlebih dulu agar kotoran yang ada tidak bercampur. Anda wajib mengeluarkan barang-barang di dalam mobil, apalagi yang mudah terkontaminasi uap.

 

Baca juga: Jenis-Jenis Perawatan di Salon Mobil yang Layak untuk Anda Coba

 

Melakukan fogging membuat pemilik mobil dapat menikmati area kabin yang lebih segar, bersih, dan terhindar dari aroma tidak sedap.

Perawatan fumigator

Hampir sama dengan fogging, fumigator juga sama-sama memanfaatkan uap dalam merawat kendaraan. Hanya bedanya, fumigator membasmi serangga, seperti kecoa, semut, serta jamur yang ada di area kabin.

 

Saat kamu melakukan perawatan fumigator, kamu diwajibkan menyalakan AC dan kipas secara maksimal. Lalu, jangan biarkan asap fumigator keluar kabin. 

Bersihkan filter AC

AC mobil juga tak kalah penting untuk dirawat karena bisa mengeluarkan udara yang tidak sehat dan kasat mata. Bila AC kotor, maka udara yang kamu hirup selama berkendara adalah udara yang tidak sehat.

 

Untuk itu, membersihkan AC wajib dilakukan secara berkala, khususnya di bagian filter yang sering menjadi sarang penyumbatan kotoran.

Baca juga: Amankah Menyalakan AC Mobil Saat Menerjang Banjir?

 

Namun, jika kamu mulai menemukan gejala kerusakan pada sistem interior mobil, khususnya di bagian AC, segera bawa mobilmu ke bengkel resmi agar mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut. 

Untuk memudahkan proses perawatan berkala, gunakan fitur booking service di Seva.id agar kamu terhindar dari antrean panjang, sehingga kendaraan pun mendapat perawatan lebih cepat.

 

Nah, semoga tips di atas #BikinKamuSiap mencegah berbagai penyebaran penyakit, virus, dan bakteri yang ada di dalam kabin mobil. Selamat berkendara dengan nyaman.

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.