Search Cars

Tips & Rekomendasi

Benarkah Pewangi Helm Bisa Membunuh Virus Corona?

Pewangi helm dapat menjadi alternatif untuk membunuh virus corona. Benarkah demikian?

pewangi helm

Sejak munculnya wabah virus corona di Indonesia, berbagai cara dilakukan agar terhindar dari virus ini. Salah satunya adalah dengan menjaga kebersihan tubuh dan benda-benda di sekitar.

Hal ini membuat beberapa barang mendadak langka di pasaran, salah satunya adalah desinfektan. Cairan ini banyak digunakan untuk mencegah penularan virus dan bakteri.

Tingginya kebutuhan akan desinfektan, membuat Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia melakukan riset, untuk mencari alternatif dari senyawa kimia tersebut.

Dikutip dari laman resmi LIPI, ada beberapa produk yang bisa dijadikan alternatif sebagai pengganti cairan desinfektan. Menurut data LIPI,  ada beberapa produk rumah tangga yang mengandung konsentrasi bahan aktif dan sesuai untuk desinfeksi. Bahan aktif tersebut terbukti efektif melawan virus corona berdasarkan dari studi literatur yang dilakukan.

Baca juga: Cegah Corona dengan Membersihkan Interior Mobil Secara Mandiri

Jika produk desinfektan yang aktif terhadap virus corona tidak tersedia, produk desinfektan lain yang memiliki aktivitas virucidal terhadap virus berselimut (enveloped virus) juga dapat digunakan.

Setidaknya, ada 11 bahan aktif yang bisa digunakan untuk campuran disinfektan, di antaranya adalah Accelerated hydrogen peroxide (0.5%), Benzalkonium chloride/quaternary ammonium/alkyl dimethyl benzyl ammonium chloride (0.05%), Chloroxylenol (0.12%), dan Ethyl alcohol atau ethanol (62-71%).

Selain itu, ada juga Iodine in iodophor (50 ppm), Isopropanol atau 2-propanol (50%), Pine oil (0.23%), Povidone-iodine (1% iodine), Sodium hypochlorite (0.05 – 0.5%), Sodium chlorite (0.23%), dan Sodium dichloroisocyanurate (0.1-0.5%).

Berdasarkan data yang dihimpun Loka Penelitian Teknologi Bersih LIPI, salah satu produk yang bisa dijadikan alternatif sebagai pengganti desinfektan adalah produk pewangi helm.

Pewangi helm mengandung senyawa Benzalkonium chloride, dengan konsentrasi 0,05 persen. Kamu dapat menggunakan produk ini secara langsung tanpa perlu dicampur dengan air.

Benzalkonium chloride adalah zat amonium yang umumnya terkandung dalam produk antiseptik, seperti sampo atau sabun.

Selain itu, benzalkonium chloride juga menjadi salah satu bahan dalam produk-produk obat yang bermanfaat sebagai preparat mulut dan menangani gangguan ringan pada mata. Zat ini bekerja dengan menghentikan pertumbuhan beberapa jenis bakteri, virus, atau jamur yang dapat membahayakan tubuh.

Selain kandungannya yang dapat dimanfaatkan sebagai desinfektan, baunya yang tidak menyengat membuat kamu nyaman menggunakannya.

Baca juga: Apakah Asuransi Dapat Menerima Klaim Virus Corona?

Kebutuhan desinfektan yang meningkat membuat barang sulit didapatkan, itulah mengapa produk ini dapat kamu andalkan karena mudah ditemukan. Kamu bisa mendapatkannya melalui swalayan terdekat maupun toko online.

Kamu bisa memanfaatkan produk ini untuk disemprotkan kepada benda-benda yang ada di rumah kamu agar steril dari kuman, virus dan bakteri.

Sementara itu, untuk proses penyemprotan ke helm harus disesuaikan dengan kebutuhan. Pastikan jangan berlebih dan wajib didiamkan sejenak sebelum digunakan.

Semprotkan pewangi helm ke area mouth vent dalam helm. Kemudian, diamkan dulu karena harus evaporasi dan melakukan penguapan. Hal ini perlu dilakukan karena sifat parfum dan alkohol yang cukup tajam.

Selain pewangi helm, produk lain yang memiliki kandungan yang sama dan dapat digunakan sebagai desinfektan adalah tisu basah.

Baca juga: Jenis-jenis Kain yang Aman untuk Membersihkan Mobil Anda

Produk ini juga mengandung Benzalkonium chloride, dengan konsentrasi 0,05 persen dan dapat langsung digunakan tanpa perlu dicampur dengan air.

Nah sekarang kamu tak perlu panik lagi akibat kehabisan stok desinfektan, karena pewangi helm dapat kamu andalkan sebagai alternatif.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.