Search Cars

Tips & Rekomendasi

Bisakah Pasang Engine Start/Stop Button di Toyota Avanza?

Fitur ini terdapat di mobil mewah dan varian tertinggi, tapi bisakah pasang engine start/stop button di Toyota Avanza?

engine start/stop button

Toyota Avanza facelift atau Toyota New Avanza yang resmi mengaspal sejak awal tahun 2019 lalu memang dijejali beragam fitur terbaru.

Namun Multi Purpose Vehicle (MPV) kebanggan masyarakat Indonesia ini belum disematkan fitur engine start/stop button dan keyless entry.

Bila menilik saudara kembar dari Toyota Avanza, yakni Toyota Veloz atau Toyota New Veloz (nama sesudah facelift) kedua fitur tersebut sudah tersedia.

Yap, seluruh varian Toyota Avanza, baik yang bermesin 1.300 cc dan bermesin 1.500 cc sebagai varian tertinggi belum disematkan fitur engine start/stop button dan keyless entry.

Semetara seluruh varian Toyota Veloz dari mesin 1.300 cc hingga 1.500 cc sudah menggunakan fitur-fitur ini.

Baca juga: Bisakah Pasang Defogger Sendiri di Kaca Belakang Mobil?

Tetapi, bisakah Toyota Avanza pasang engine start/stop button atau keyless entry? Mengingat di dashboard-nya sudah ada dudukan untuk soketnya.

Cara kerja engine start/stop button dan keyless entry

Berbeda dengan remote alarm mobil pada umumnya dengan anak kunci yang terpisah, remote untuk mobil yang dilengkapi fitur engine start/stop button dan keyless entry memiliki sinyal yang terkoneksi dengan ECU.

Remote keyless entry memiliki chip pemancar radio yang mengirimkan sinyal ke reciever di dalam mobil. Sinyal tersebut nantinya dicocokan dengan kode yang sudah tertanam di chip remote dan ECU.

Jadi, mobil dengan keyless entry memiliki kodenya masing-masing sehingga sinyal tidak saling bertabrakan dengan mobil lainnya dengan fitur yang sama.

Baca juga: Rekomendasi Ukuran Velg Sedan yang Bikin Tampilannya Kece

Adanya keyless entry membuat pengemudi cukup mengantongi remote, menekan tombol yang ada pada handle pintu atau menariknya, maka sudah bisa masuk ke dalam mobil.

Sedangkan untuk mengunci, dapat dilakukan dengan menekan tombol di handle pintu, menekan tombol kunci di remote, atau cukup menjauh dari mobil dengan jarak sekitar dua meter maka pintu akan terkunci secara otomatis.

start/stop button

Cara kerja engine start/stop button antara mobil bertransmisi manual dan otomatis terdapat perbedaan. Namun untuk mengaktifkan mesin mobil, kondisi transmisi harus berada di netral pada mobil manual dan P atau N di mobil otomatis.

Pada mobil bertransmisi manual, sebelum menekan engine start/stop button harus menginjak pedal kopling secara full agar mesin menyala. Bila tidak atau hanya setengah kopling mesin tetap tidak akan menyala.

Baca juga: Perbedaan Toyota New Avanza 2019 dengan Generasi Sebelumnya

Sedangkan mobil bertransmisi otomatis harus menginjak pedal rem baru menekan engine start/stop button agar mesin dapat menyala.

Jika tidak mengikuti mekanisme di atas dan hanya menekan engine start/stop button, maka mesin tetap tidak akan menyala atau hanya akan menyalakan sistem kelistrikan mobil saja.

start/stop button

Pasang engine start/stop button dan keyless entry

Tidak hanya pada Toyota Avanza, fitur engine start/stop button dan keyless entry sebenarnya bisa diaplikasikan pada semua mobil, bahkan mobil lawas sekalipun.

Saat ini banyak bengkel aksesoris mobil yang menawarkan untuk pemasangan kedua fitur tersebut dengan harga mulai Rp 3 jutaan.

Harga engine start/stop button dan keyless entry aftermarket sudah termasuk modul, remote, dan handle pintu.

Baca juga: Fitur Daihatsu Ayla yang Bikin Perjalanan Kamu Makin Asik

Proses pemasangan pun tidak lama, hanya sekitar dua jam saja, tergantung jenis mobilnya. Cara kerjanya mirip dengan bawaan pabrik dan dijamin keamanannya.

Tetapi, untuk mobil baru, pasang engine start/stop button dan keyless entry dapat menghanguskan garansi karena mengubah orisinalitas dan sistem kelistrikan.

Sekilas, fitur engine start/stop button dan keyless entry dari Toyota Veloz dapat diaplikasikan pada Toyota Avanza secara plug n play.

start/stop button

Perawatan engine start/stop button dan keyless entry

Tidak ada perlakuan khusus dalam perawatan engine start/stop button dan keyless entry.

Baca juga: Kenapa Crumple Zone Bikin Mobil Aman Namun Mudah Ringsek?

Sebagai pemilik mobil dengan fitur engine start/stop button dan keyless entry cukup memastikan baterai pada remote tidak habis. Bila baterai sudah melemah, biasanya sinyal yang dihasilkan remote akan berkurang.

Jika sudah begitu, remote harus didekatkan dengan mobil atau modulnya, baru sistem bisa merespon. Selain itu, pastikan kondisi aki mobil selalu prima.

Jika daya pada aki sudah lemah, otomatis engine start/stop button dan keyless entry tidak akan bekerja.

Ini alasan mengapa pada bagian remote keyless entry masih disediakan anak kunci untuk keadaan darurat.

Jadi, bila aki lemah dan remote tidak merespon, pemilik mobil dapat tetap membuka mobil dengan kunci yang tersedia untuk melakukan penggantian aki.

start/stop button

Ganti aki kini bisa dari rumah saja loh, gunakan saja Booking Service dan Home Service dari Seva.id. Tidak hanya ganti suku cadang seperti aki, kamu juga bisa melakukan servis berkala, pengecekan, dan perawatan mobil kesayangan.

Jadi, gunakan layanan Home Service atau Booking Service Seva.id. Mobil akan selalu terawat dan kegiatanmu tetap terus berjalan.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.