Bisakah Pasang Defogger Sendiri di Kaca Belakang Mobil?

By Arris Riehady - November 8, 2020

Punya fungsi penting menjaga visibilitas pengemudi, tapi tidak ada di semua mobil, lalu apa bisa pasang defogger sendiri?

pasang defogger

Pasang defogger sendiri

Sebenarnya, tidak disarankan untuk pasang defogger sendiri. Meski sekilas hanya seperti sticker, tetapi bila terjadi kesalahan pemasangan bisa terjadi korslet.

Lebih parahnya, bila suhu pemanasan tidak tepat atau terlalu panas, bisa saja membuat kaca mobil terancam retak atau pecah.

Hal ini terjadi karena kaca memuai akibat perubahan suhu yang ditimbulkan oleh cara pasang defogger yang tidak sesuai standar pabrikan.

Baca juga: Masuk Musim Hujan, Cek Komponen Mobil Agar Aman di Jalan

Jika sampai terjadi hal seperti itu, bukan tidak mungkin pemilik mobil mengeluarkan dana yang lebih besar untuk mengganti kaca belakang.

Lagipula, biaya pasang defogger sendiri tidak murah, seperti yang sudah disebutkan di atas, defogger bukan hanya sekedar sticker garis melintang yang menghantarkan panas.

pasang defogger

Pertama, kaca belakang mobil perlu diganti untuk menyesuaikan pemuaian akibat pemanasan dari defogger. Lalu, perlu pemasangan dan membuat jalur kabel baru. Terakhir diperlukan modul dan tombol.

Baca juga: Kelebihan dan Fungsi Water Repellent untuk Mobil Saat Musim Hujan

Daripada pasang defogger sendiri yang banyak resikonya, sebenarnya masalah embun bisa diatasi dengan cara manual yang lebih aman, yakni dengan mengelapnya menggunakan lap microfiber kering.

Tetapi cara ini tidak bisa dilakukan saat berkendara sendirian dan mobil sedang berjalan. Kamu harus menepikan mobil terlebih dahulu untuk melakukannya.

Mengelap kaca akan lebih mudah bila ada teman berkendara. Kamu tinggal meminta bantuan penumpang agar konsentrasi berkendara tidak terganggu.

Berita Terkait

Author

What (apa), Who (siapa), When (kapan), Where (dimana), Why (kenapa), dan How (bagaimana). Suka kecepatan dan ketinggian. I am @arristoocrazy!