Bingung Memilih Hunian Rumah Atau Apartemen? Simak 5 Tips Ini

By admin - Februari 2, 2018

Membeli hunian yang tepat merupakan salah satu hal penting untuk menentukan kebutuhan jangka panjang, khususnya bagi millenials. Selain harganya yang tidak murah, keadaan lingkungan serta lokasi juga menjadi faktor pertimbangan yang harus dipikirkan secara matang.

Umumnya, hunian yang sekarang ini sering diperbincangkan adalah rumah tapak dan hunian vertikal, salah satunya adalah apartemen. Kedua pilihan tersebut sering membuat bingung millenials dalam menentukan hunian mana yang cocok untuk mereka.

Untuk itu, berikut ini ada beberapa tips yang mungkin bisa membantu millenials dalam menentukan hunian apa yang cocok untuk kebutuhan.

1. Tujuan membeli

Hal pertama yang harus menjadi perhatian adalah tujuan dalam membeli. Apakah tujuannya untuk tempat tinggal atau sebagai investasi? Jika sebagai tempat tinggal, ada baiknya memilih lokasi yang tepat sesuai dengan mobilitas sehari-hari.

Tetapi, jika untuk investasi apartemen atau pun rumah, lebih baik memilih hunian yang nilainya berpeluang meningkat drastis dalam beberapa tahun ke depan.

2. Status hak millik

Rumah tapak dan apartemen memiliki status hak milik yang berbeda. Jika rumah tapak, artinya pembeli memiliki sertifikat bangunan dan tanahnya sekaligus. Sedangkan apartemen, pembeli hanya memiliki ruangannya saja. Tetapi, pada umumnya apartemen menyediakan fasilitas seperti sarana olahraga, tempat bermain anak, food hall, dan lain-lain bagi para penghuninya.

3. Biaya pemeliharaan

Perbedaan selanjutnya adalah biaya pemeliharaan. Jika ingin membeli sebuah rumah, ada baiknya memperhitungkan biaya pemeliharaan dan perawatannya karena pemilik bertanggung jawab penuh untuk semua perawatannya.

Berbeda dengan apartemen, yang bertanggung jawab atas pemeliharaan dan perawatannya adalah pengelola. Pemilik hanya mengeluarkan biaya untuk hal tersebut dan besarnya biaya tergantung dari pengelola.

4. Lokasi dan harga

Ini menjadi salah satu faktor penting dalam memilih hunian yang tepat. Biasanya, strategis atau tidaknya lokasi hunian tersebut juga menentukan harga jualnya. Semakin strategis lokasinya, harganya juga akan semakin mahal.

Untuk itu, pertimbangkanlah sesuai dengan kebutuhan. Jangan sampai membeli hunian yang tidak sesuai dengan keinginan. Ada baiknya juga membandingkan harga dengan yang lainnya agar mendapatkan harga terbaik sesuai dengan kemampuan.

5. Privasi

Biasanya, apartemen lebih menjaga privasi pemilik dibandingkan dengan rumah. Tetapi, jika tinggal di apartemen, kemudahan sosialisasi dengan masyarakat sekitar akan lebih sulit daripada tinggal di rumah tapak.

Jika sudah mendapatkan gambaran untuk memilih hunian maupun untuk investasi properti yang cocok sesuai dengan kebutuhan, segeralah menghubungi pihak yang terkait agar tidak ditikung orang lain. Selamat mencoba!

Berita Terkait

Author