Bila Tiba-tiba Rem Blong, Apa yang Harus Dilakukan?

By Arris Riehady - November 23, 2020

Keadaan darurat bisa terjadi kapan saja, untuk mengatasinya lakukan hal berikut ini bila tiba-tiba rem blong.

Gunakan rem tangan

Bila memanfaatkan engine break belum cukum untuk menghentikan laju kendaraan, cara selanjutnya adalah menggunakan bantuan rem tangan.

Baca juga: Merawat Rem Tangan Mobil agar Tetap Optimal Ketika Digunakan

Namun, untuk menariknya lakukan secara perlahan, jangan langsung. Sebab, dapat menyebabkan roda terkunci dan mobil kehilangan kendali serta berpotensi terbalik.

Tarik dan turunkan tuas rem tangan berkali-kali dengan mengimbangi kecepatan sambil mengarahkan mobil ke pinggir jalan.

Benturkan kendaraan

Ini cara yang terakhir yang bisa dilakukan untuk menghentikan laju kendaraan karena rem blong. Tetapi ingat, ini adalah cara terakhir.

Jika sangat terpaksa, kamu bisa benturkan kendaraan dengan benda yang aman, seperti pagar kayu atau semacamnya, atau arahkan kendaraan ke dalam lumpur, pasir, air, dan sebagainya yang dapat membantu menghentikannya.

Baca juga: Jangan Lupa Merawat Kampas Rem Saat Musim Hujan dengan Cara Ini

Beberapa ruas jalan menurun curam kini telah memiliki jalur penyelamatan dan pengaman benturan untuk mengantisipasi kendaraan yang remnya blong.

Jalur darurat ini umumnya berada di sisi paling kiri, di luar jalur darurat, berupa tanjakan curam berkontur kasar untuk mengentikan laju kendaraan.

Sementara pengaman benturan biasanya berisi karung atau tong yang diisi dengan pasir.

tiba-tiba rem blong

Tetapi, yang lebih baik adalah mencegah rem blong terjadi dengan melakukan pemeriksaan dan servis berkala di bengkel resmi untuk memastikan kondisi kendaraan siap untuk digunakan.

Tidak perlu repot dan ribet antre, kamu bisa menggunakan layanan Booking Service dan Home Service dari Seva.id.

Baca juga: Jangan Tertukar, Ini Bedanya Jarak Minimal dan Jarak Aman

Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan mobil bekas berkualitas di fitur Pilihan Expert Seva.id. Jadi, tidak perlu takut rem blong, karena setiap mobil bekas yang ada di Pilihan Expert sudah melewati tahap pengecekan secara detail oleh inspektor profesional.

Lalu, mobil bekas Pilihan Expert Seva.id dijamin bebas banjir, bebas tabrak, keaslian odometer, kelengkapan dokumen kendaraan, dan sebagainya.

Untuk itu, bila ingin membeli mobil bekas, ingat Pilihan Expert Seva.id ya.

Pilihan Expert

Berita Terkait

Author

What (apa), Who (siapa), When (kapan), Where (dimana), Why (kenapa), dan How (bagaimana). Suka kecepatan dan ketinggian. I am @arristoocrazy!