Bila Tiba-tiba Rem Blong, Apa yang Harus Dilakukan?

By Arris Riehady - November 23, 2020

Keadaan darurat bisa terjadi kapan saja, untuk mengatasinya lakukan hal berikut ini bila tiba-tiba rem blong.

Kocok rem

Tiba-tiba rem blong terjadi karena adanya  penyumbatan di selang minyak rem yang disebabkan oleh kotoran sehingga mengganggu mekanisme pengereman.

Baca juga: Bisakah Pasang Defogger Sendiri di Kaca Belakang Mobil?

Untuk itu, jika tiba-tiba rem blong, segera kocok pedal rem kendaraan untuk memastikan bahwa kerusakan tersebut hanya terjadi sementara atau memang terjadi kerusakan total pada fungsi rem.

Jika hanya terjadi sementara, rem akan berfungsi kembali setelah dikocok. Tetapi, jika kendaraan tetap meluncur bebas, berarti memang terjadi kerusakan total pada mekanisme rem kendaraan.

Manfaatkan engine break

Saat tiba-tiba rem blong jangan langsung mematikan mesin kendaraan.  Pada mobil, jika mematikan mesin maka elektroniknya pun ikut mati, termasuk power steering.

Padahal power steering berguna membantu pengemudi untuk mengendalikan mobil.

Selain itu, dengan mesin yang masih menyala, kamu bisa memanfaatkan engine break untuk menahan laju kendaraan.

Baca juga: Rem Darurat, Injak Pedal atau Tarik Rem Tangan?

Pada transmisi manual, turunkan gigi secara bertahap, dari posisi awal ke posisi terendah. Misalnya, pada awal terjadinya rem blong kamu sedang di posisi gigi 5. Turunkan gigi secara bertahap, dari 5, 4, 3, 2, 1.

Jangan langsung menurunkan posisi gigi 5 ke gigi 1 karena dapat membuat kendaraan kehilangan kendali. Gear box dan mesin berpotensi jebol.

Sementara untuk kendaraan dengan transmisi otomatis khususnya mobil, tekniknya sama, yaitu turunkan transmisi ke posisi L.

Berita Terkait

Author

What (apa), Who (siapa), When (kapan), Where (dimana), Why (kenapa), dan How (bagaimana). Suka kecepatan dan ketinggian. I am @arristoocrazy!