Bila Tiba-tiba Rem Blong, Apa yang Harus Dilakukan?

By Arris Riehady - November 23, 2020

Keadaan darurat bisa terjadi kapan saja, untuk mengatasinya lakukan hal berikut ini bila tiba-tiba rem blong.

rem mobil blong

Saat melaju di jalan, mobil atau motor membutuhkan rem untuk memperlambat kecepatan atau berhenti. Komponen ini memiliki fungsi penting untuk keselamatan pengemudi dan penumpang.

Oleh karena itu, rem memerlukan perawatan secara berkala agar terhindar dari kerusakan. Jadi, periksa bagian rem, seperti selang minyak rem, piston, tabung minyak rem, dan lain-lain sebelum berkendara.

Pastikan seluruhnya aman dan bekerja dengan maksimal. Jangan sampai ada kekurangan karena dapat mengganggu kinerja rem, bahkan dapat membuat rem mobil blong.

Hal tersebut membuat kendaraan akan meluncur kehilangan kendali. Tentu saja ini akan berbahaya bagi  bagi pengendara dan penumpang, bahkan pengguna jalan lainnya.

Baca juga: 4 Hal Penyebab Sistem Rem ABS Mobil Tidak Bekerja Maksimal

Jika tiba-tiba rem blong, jangan langsung panik. Lakukan beberapa langkah berikut ini untuk mengurangi resiko terjadinya kecelakaan.

tiba-tiba rem blong

Fokus kendalikan kendaraan dan beri peringatan pada pengendara lain

Seperti tersebut di atas, jika tiba-tiba rem blong sebaiknya jangan panik dan tetap fokus untuk mengendalikan kendaraan supaya tidak membahayakan diri sendiri dan pengguna jalan lainnya.

Bila panik, bukan tidak mungkin kamu bisa salah menginjak pedal dan menambah laju kendaraan. Sebisa mungkin, buat diri kamu lebih tenang.

Kemudian, bunyikan klakson secara simultan untuk menarik perhatian pengguna jalan lain sehingga dapat memberi kamu ruang untuk mengendalikan kendaraan dan meminimalisir resiko kecelakaan.

Berita Terkait

Author

What (apa), Who (siapa), When (kapan), Where (dimana), Why (kenapa), dan How (bagaimana). Suka kecepatan dan ketinggian. I am @arristoocrazy!