Biaya Transfer Antar Bank Akan Turun Jadi Rp 2.500

Bukan lagi Rp 6.500, mulai 21 Desember 2021 biaya transfer antar bank bakal turun jauh! Apa aja daftar banknya?

biaya transfer antar bank

Tak lama lagi, biaya transfer antar bank akan jadi lebih murah. Selama ini, biaya transfer antar bank mencapai Rp 6.500 per transaksi, namun mulai 21 Desember 2021 mendatang, akan turun menjadi Rp 2.500 per transaksi.

BI-Fast menjadi alasan dari penurunan biaya transfer ini. BI-Fast sendiri merupakan infrastruktur sistem pembayaran Bank Indonesia (BI) untuk memfasilitasi pembayaran ritel sepanjang waktu dan real time.

Baca juga: 5 Investasi yang Cocok Buat Pemula dan Minim Risiko

Selain itu, BI-Fast juga merupakan sistem pembayaran yang akan memfasilitasi pembayaran ritel nasional sebagai pengganti Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia (SKNBI).

Dengan adanya sistem pembayaran BI-Fast, BI menargetkan seluruh perbankan dapat terhubung dengan sistem tersebut pada tahun 2022, sehingga transaksi ekonomi dan keuangan dapat dilakukan lebih mudah dan efisien.

Dikutip dari Kompas.com, BI memastikan penerapan BI-Fast pada 21 Desember 2021. “Pada tanggal 21 Desember 2021 Bank Indonesia akan meluncurkan BI-Fast sebagai infrastruktur pembayaran ritel yang real time dan beroperasi tanpa henti,” ujar Gubernur BI Perry Warjiyo dalam konferensi pers virtual, Kamis (16/12/2021).

Baca juga: Tips Mengelola Bonus Akhir Tahun untuk Persiapan Tahun 2022

Untuk batch pertama, penurunan biaya transfer antar bank belum berlaku secara menyeluruh. Hanya berlaku pada 22 bank saja.

biaya transfer antar bank

Berikut adalah 22 calon peserta BI-Fast tahap pertama pada 21 Desember 2021.

  1. BTN
  2. DBS Indonesia
  3. Permata Bank
  4. Bank Mandiri
  5. Danamon
  6. CIMB Niaga
  7. BCA
  8. HSBC Indonesia
  9. UOB Indonesia
  10. Bank Mega
  11. BNI
  12. BSI
  13. BRI
  14. OCBC NISP
  15. UUS BTN
  16. UUS PemataBank
  17. UUS CIMB Niaga
  18. UUS Danamon
  19. BCA Syariah
  20. Bank Sinarmas
  21. Citibank NA
  22. Bank Woori Saudara.
biaya transfer antar bank

Penurunan biaya transfer antar bank ini akan berlaku pada berbagai layanan, mulai dari transfer antar bank melalui ATM, internet banking, agen, hingga mobile banking

Baca juga: Bisnis di Tahun 2022? Pahami Bedanya UMKM dan Start-up

Adapun jumlah dana maksimal yang bisa ditransfer senilai Rp 250 juta. Harga yang ditetapkan oleh BI bagi bank peserta Rp 19 per transaksi, sedangkan dari peserta ke nasabah maksimal Rp 2.500 per transaksi. Transaksi ini bisa berlangsung selama 24 jam dalam 7 hari.

Ke depannya, nasabah bisa melakukan layanan transfer uang hanya dengan menggunakan nomor handphone (HP) dan alamat email, melalui proxy address.

Syarat untuk bisa menggunakan layanan BI-Fast melalui nomor HP atau alamat email, nasabah yang akan melakukan transaksi dan menerima transaksi harus mendaftar terlebih dahulu di bank peserta.

Baca juga: Kenapa Bisa Pengajuan Kredit Mobil Ditolak?

Proxy address pada BI-Fast digunakan sebagai alias untuk nomor rekening penerima, sehingga memudahkan nasabah dalam bertransaksi karena cukup menyebutkan nomor HP atau email.

Apabila baik pengirim dan penerima tidak terdaftar secara khusus, maka tidak akan bisa menggunakan layanan BI-Fast.