Search Cars

Uncategorized

Biaya Pendidikan Anak Kian Mahal? Persiapkan Semua Dengan 4 Tips Ini!

Biaya pendidikan anak kian meningkat tiap tahunnya. Lalu, bagaimana cara agar para orang tua tidak kelimpungan dalam mengelola biaya pendidikan anak yang kian mahal? Simak tips berikut ini!

Melonjaknya biaya pendidikan anak setiap tahunnya tidak jarang membuat para orang tua kelabakan saat harus membayar biaya pendidikan. Tidak hanya sekolah dasar, kini taman kanak-kanak pun memiliki biaya pendidikan yang fantastis. 

 

Baca juga: Tips Memperbaiki Kondisi Keuangan Sebelum Tahun 2019 Berakhir

 

Meskipun biaya pendidikan anak terbilang cukup mahal, bukan berarti Anda tidak bisa mempersiapkan biaya pendidikan anak Anda sejak dini. Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk menyiasati mahalnya biaya pendidikan anak Anda.

Jangan gengsi soal pendidikan

Tidak sedikit orang tua yang memilih sekolah anaknya atas dasar gengsi dan pada akhirnya memaksakan buah hatinya bersekolah di sekolah yang elit. Hal itupun akhirnya berujung pada macetnya keuangan keluarga. Padahal sangat banyak tempat pendidikan yang cukup baik dengan biaya masuk dan uang bulanan yang terjangkau dan  tentunya dengan kualitas yang baik pula. 

 

Baca juga: 5 Cara Sederhana Mengelola Keuangan Keluarga Kecil Anda

 

Oleh karena itu, untuk urusan pendidikan janganlah Anda mengedepankan gengsi. Sesuaikanlah pendidikan dengan kebutuhan dan juga kemampuan Anda. Jangan biarkan gengsi akhirnya membuat Anda dan keluarga terjerat kesulitan saat harus membayar biaya pendidikan anak.

Riset dan sesuaikan anggaran

Setelah mengetahui kebutuhan dan kemampuan Anda, selanjutnya hal yang harus Anda lakukan adalah mencari informasi perihal biaya pendaftaran masing-masing sekolah. Dengan begitu, Anda dapat menyesuaikan keinginan dengan bujet atau kemampuan keuangan keluarga. 

 

Baca juga: 5 Tips yang Bisa Bantu Millenials Mengatur Keuangan Setelah Gajian 

 

Simulasikan biaya-biaya tersebut mulai dari uang pangkal hingga kelulusan. Jika Anda memiliki beberapa opsi maka ada baiknya gunakan simulasi biaya yang tertinggi sebagai bahan acuan.

 

Membuat tabungan pendidikan 

Biaya pendidikan anak yang cukup tinggi pastinya membuat Anda sebagai orang tua harus memiliki siasat dalam mengelola keuangan. Ada banyak cara untuk mengumpulkan dana untuk biaya pendidikan. Salah satu cara yang bisa dilakukan sejak dini adalah menabung.

 

Baca juga: Lebih Menguntungkan Investasi Emas atau Reksa Dana? Ini Perbandingannya

 

Pengertian menabung dalam hal ini tidak hanya menyimpan uang Anda di bank semata. Kini definisi menabung sudah lebih luas. Anda bisa menabung dalam berbagai bentuk seperti mulai menabung emas hingga saham. 

Beli asuransi pendidikan

Selain menabung, Anda juga dapat mulai membeli asuransi pendidikan. Dengan memutuskan membeli asuransi pendidikan, itu artinya Anda sedang merencanakan masa depan anak serta memberikan rasa aman terhadap beban finansial.

 

Baca juga: Agar Tidak Bingung, Pahami Dulu Istilah Ini dalam Asuransi

 

Namun, dalam memilih asuransi pun Anda tidak boleh asal membeli. Ketahui perusahaan apa saja yang menawarkan produk asuransi pendidikan yang paling menarik dan menguntungkan. Bagi Anda yang tertarik untuk membeli asuransi pendidikan, setidaknya ada beberapa jenis asuransi pendidikan di Indonesia yang dapat Anda pilih. Contohnya seperti asuransi pendidikan dari HappyOne.id. 

 

Dapatkan Sekarang

 

Nah, itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mempersiapkan biaya pendidikan anak Anda. Dengan mempersiapkan keuangan dengan baik, biaya pendidikan anak yang meningkat setiap tahun seharusnya tidak lagi menjadi halangan. Selamat mencoba!

 

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.