Search Cars

Tips & Rekomendasi

Biar Luwes Ngobrol dengan Sales di Pameran Otomotif, Baca Ini Dulu

beli mobil bekas berkualitasMembeli dan memiliki mobil sendiri impian banyak orang, di sisi lain ada juga yang menganggap proses beli mobil itu ribet. Nah, biar beli mobil jadi lebih mudah, ada baiknya kalau kamu datang ke pameran otomotif.

 

Mengapa? Sebab di setiap ajang pameran, banyak produsen mobil yang memberikan beragam promo terbaik. Anda tinggal pintar-pintar memilih promo terbaik yang paling sesuai dengan keinginan dan kebutuhan.

 

Ajang pameran otomotif tahunan yang akan digelar dalam waktu dekat adalah Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS). Direncanakan berlangsung selama 2-12 Agustus 2018 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Tangerang.

 

Sebagai persiapan mengunjungi pameran nanti, ada baiknya Anda mengenali berbagai istilah yang biasa digunakan para sales saat pameran otomotif. Istilah-istilah ini akan sangat membantu kamu untuk lebih memahami proses pembelian kendaraan. Yuk, cari tahu apa saja!

jual beli mobil1. Brosur dan Price List

Setiap kali mengunjungi booth pameran, pasti ada sales yang membagikan brosur yang berisi berbagai keunggulan produk mereka. Mulai dari info fitur utama, spesifikasi varian warna hingga tipe kendaraan. Sedangkan price list adalah daftar harga.

 

Jadi dari brosur dan price list ini, Anda dapat memperoleh banyak informasi mengenai spesifikasi kendaraan dan juga harganya. Keduanya sangat bermanfaat untuk membantu Anda dalam membandingkan dan memilih mobil.

2. Uang Muka

Sebagai cara beli mobil lebih mudah, Anda bisa bekerja sama dengan lembaga pembiayaan untuk menikmati servis pembelian kendaraan dengan cara kredit.

 

Pilihan lembaga pembiayaan yang terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan di Indonesia di antaranya Astra Credit Companies brand dari PT Astra Sedaya Finance yang menyediakan fasilitas pembiayaan untuk pembelian mobil dan alat berat dalam kondisi baru ataupun bekas serta fasilitas pembiayaan investasi, pembiayaan modal kerja, pembiayaan multiguna dan sewa operasi (operating lease).

 

Astra Credit Companies (ACC) juga mendukung penjualan mobil melalui jaringan dealershowroom maupun perseorangan di seluruh wilayah Indonesia. Selain itu juga ada TAF brand dari PT Toyota Astra Financial Services yang menawarkan pembiayaan mobil khusus brand Toyota, Daihatsu, dan Lexus.

 

Bila pilihan melalui lembaga pembiayaan yang Anda ambil, sebaiknya pahami apa itu uang muka. Uang muka adalah jumlah nominal yang wajib dibayarkan terlebih dahulu sebagai awal proses kredit. Biasanya jumlahnya sekitar 20-25 persen dari harga jual.

3. Angsuran

Istilah ketiga ini berkaitan dengan istilah uang muka. Kalau uang muka adalah jumlah nominal yang dibayarkan di awal, angsuran ini adalah jumlah nominal yang harus kamu bayarkan per bulan, selama periode waktu yang telah ditentukan.

 

Biasanya, mayoritas lembaga pembiayaan memberikan masa kredit maksimal lima tahun, jadi Anda bisa mengangsur pembelian mobil hingga 59 atau 60 kali.

4. Tenor

Dari angsuran, Anda juga harus mengetahui satu istilah lainnya, yaitu tenor pinjaman. Di atas sudah dibahas sedikit bila Anda bisa mengangsur pembelian mobil hingga 59 atau 60 kali. Nah, jangka waktu itulah yang disebut tenor pinjaman.

 

Lebih lengkapnya lagi tenor pinjaman adalah jangka waktu pinjaman di mana selama jangka waktu tersebut Anda harus membayar cicilan angsuran setiap bulannya. Tenor pinjaman dapat berbeda tergantung dengan jumlah pinjaman dan kemampuan pembayaran Anda.

 

Jika nominal pinjaman besar dan kemampuan pembayaran kecil, maka tenor pinjaman akan menjadi lebih panjang. Kebalikannya, jika nominal pinjaman kecil, maka tenor pinjaman bisa menjadi lebih singkat.

5. ADDM

Hitungan kredit mobil pada dasarnya diawali dengan uang muka seperti yang kita bahas di atas. Namun ada juga pilihan untuk Anda bila ingin melakukan ADDM atau yang lebih dipahami sebagai Angsuran Dibayar Di Muka. Bila mengambil pilihan ini, artinya kamu perlu membayar angsuran pertama bersamaan dengan uang muka.

 

Dengan begitu, setelah transfer Total Bayar Pertama, jumlah tenor kredit berkurang satu bulan.

jual mobil masih kredit6. ADDB

Bila ADDM adalah angsuran dibayar di muka, ADDB berarti kamu memilih Angsuran Dibayar Di Belakang. Istilah ini mengacu pada pembayaran angsuran yang akan jatuh tempo di bulan berikutnya.

 

Jadi saat membeli mobil di pameran otomotif, Anda hanya membayar uang muka saja dan periode kredit akan tetap sesuai dengan kesepakatan yang kamu ambil dengan lembaga pembiayaan.

 

7. SPK & SPM

Setelah Anda memutuskan untuk membeli kendaraan, biasanya sales di pameran akan menyiapkan sejumlah dokumen. Di antaranya SPK yang merupakan Surat Pemesanan Kendaraan atau biasa juga disebut Surat Pemesanan Mobil. Surat ini akan mencantumkan data diri Anda, sebagai calon pemilik kendaraan, yang nantinya akan tertera di BPKB (Buku Pemilik Kendaraan Bermotor) dan STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan).

 

Selain itu, SPK akan berisi keterangan tipe mobil, warna mobil, dan harga yang disetujui. Dokumen-dokumen ini harus kamu simpan, hingga nanti saat penyerahan mobil dari dealer.

 

Setelah paham berbagai istilah yang biasa digunakan sales saat pameran, Anda akan makin yakin saat ingin membeli mobil. Catat tanggalnya dan jangan sampai ketinggalan pameran GIIAS 2018 Agustus nanti ya.

 

Disadur dari: Yuk, Kenali Istilah yang Biasa Digunakan Sales Saat Pameran Mobil

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.