Search Cars

Otomotif

Berkenalan dengan Kartini yang Akrab di Arena Balap

Dunia otomotif masih identik dengan kaum pria, karena memang rata-rata pria sangat menyukai bidang yang berhubungan dengan kecepatan dan mesin ini. Walaupun begitu, bukan berarti sosok perempuan tidak ada yang menggeluti dunia otomotif.

 

Kartini di bidang otomotif salah satunya yaitu Alexandra Asmasoebrata, pembalap Indonesia yang memulai debutnya sejak berusia 12 tahun sebagai pembalap Go Kart kelas 60 cc. Namanya sempat tercatat di Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai satu-satunya pembalap wanita di Indonesia dan Asia.

 

Perempuan yang biasa dipanggil Andra ini memiliki segudang prestasi, dari nasional sampai dengan tingkat internasional. Sebut saja National Kart Championship yang sudah 2 kali dimenanginya pada tahun 2002 dan 2005, lalu 13th World Championship Junior Rotax Max 2005, juara pertama China Formula Campus Asian Division 2005, dan Juara 2 Asian Formula Renault (AFR) 2011.

 

Ia juga berhasil menempati posisi start pertama atau pole position pada Oktober 2005 di kejuaraan seri terakhir 7 dan 8 Formula Campus di goldenport Motorpark Circuit, Beijing.

 

Ratu drifting

Selain itu masih ada Alinka Hardianti, pembalap Indonesia yang belakangan ini namanya sering tercantum di berbagai kompetisi tanah air. Bukan hanya membalap, Alinka juga merupakan drifter. Bahkan, perempuan berusia 25 tahun ini disebut-sebut sebagai Ratu Drifting Indonesia.

 

Awal mula Alinka terjun ke dunia balap adalah ketika sering melihat ayahnya latihan slalom. Oleh karena itu, lama-kelamaan Alinka mulai senang dengan dunia balap. Kesenangannya itu berlanjut ketika rasa ingin tahunya tentang dunia balap semakin tinggi, bahkan ia sering ikut ayahnya ke bengkel untuk belajar tentang otomotif.

 

Setelah itu, Alinka termotivasi untuk melanjutkan perjuangannya menjadi pembalap dengan belajar mobil bertransmisi manual. Pelajaran pertama yang didapatnya adalah tentang slalom.

 

 

Mobil balap ayahnya menjadi ‘guru’ pertama Alinka. Awalnya, ia belum mendapat restu dari ayahnya. Mobil yang dikemudikan Alinka juga sempat terbalik di tikungan kedua Sirkuit Sentul pada saat latihan. Untungnya tidak ada luka serius yang dialami oleh gadis cantik ini.

 

Setelah mahir mengemudikan mobil balap akhirnya wanita kelahiran Jakarta 21 Juni 1992 itu mendapat restu dari ayahnya untuk menjadi seorang pembalap.

 

Alinka pertama kali terjun di dunia drifting pada tahun 2009 dan langsung menjadi juara pertama di kelas front wheel drive. Lalu, pada tahun 2011 ia ditarik oleh salah satu produsen ban mobil di Indonesia untuk menjadi drifter mereka.

 

Drifting memang menjadi fokus Alinka saat ini karena menurutnya drifting lebih menarik dan berbeda dari balapan mobil lainnya. Bukan hanya balapan, tetapi Alinka juga menyukai sisi entertainment-nya.

 

Dunia yang ia tekuni sekarang memang didominasi oleh para pria. Tetapi Alinka tidak mau menyerah, ia ingin membuktikan bahwa perempuan juga bisa melakukan apa yang selama ini dilakukan oleh para pria.

 

Bersaing di antara kaum adam

Kemudian, ada juga pembalap perempuan Indonesia yang sudah menorehkan prestasi gemilang, yaitu  Clio Clarissa Tjonadi. Karir balap Clio diawali saat usianya masih sangat muda, yaitu 16 tahun. Pada saat itu, ia berlaga di kejuaraan Go Kart.

 

Saat menginjak umur 18 tahun, wanita yang lahir di Jakarta, 25 Juni 1995 ini sukses menjadi juara di salah satu ajang slalom tahun 2013. Menjadi pembalap muda pada saat itu tidak membuatnya takut menghadapi pembalap lainnya, bahkan ia mampu bersaing dengan pembalap lain yang didominasi oleh kaum adam.

 

Selain orangtua, karir Clio di dunia balap juga didukung oleh pendidikannya di The Otomotif College (TOC) Malaysia, jurusan Motorsport Technology.  Ia juga sering mengikuti ajang balap di luar negeri, seperti di Malaysia, Maccau, dan juga Eropa.

Bukan mereka saja, masih banyak Kartini di luar sana yang bisa menjadi menginspirasi anak-anak muda Indonesia. Hadirnya perempuan-perempuan tangguh ini juga menjadi motivasi bagi para perempuan lainnya yang ingin berkarir di dunia otomotif.

 

Bagi Anda, khususnya kaum hawa, yang masih malu-malu atau masih tertahan untuk terjun ke otomotif, tembus batasan tersebut sampai Anda mendapatkan apa yang Anda impikan. Jangan menyerah ya!

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.