Berkemah Bisa Menjadi Solusi Liburan Aman Saat New Normal

By Reka Harnis - June 30, 2020

Tak sabar ingin segera berlibur? Cobalah berkemah bersama keluarga saat new normal.

berkemah

Seiring dengan diberlakukannya fase new normal, tak sedikit orang yang sudah mulai kembali merencanakan liburannya. Namun, tak sedikit pula yang masih bertanya-tanya apakah aman untuk berlibur di masa seperti ini?

Adakah solusi liburan yang aman di tengah new normal? Mungkin, kamu bisa mencoba berkemah atau pergi ke lokasi wisata alam yang tidak terlalu ramai.

Baca juga: Rangkuman Panduan New Normal Indonesia dari Kemenkes RI

Melakukan kegiatan di alam terbuka akan membuat kita lebih mudah menjaga jarak dengan pengunjung lainnya. Namun, jika tempat wisata alam terbuka tersebut juga ramai dikunjungi, kamu perlu mempertimbakannya lagi.

Kamu juga perlu melakukan research mengenai tempat yang akan kamu kunjungi untuk berkemah, pastikan tempat wisata alam terbuka tersebut memiliki langkah-langkah untuk mencegah keramaian, aturan seperti apa yang diterapkan untuk mengurangi jumlah pengunjung.

Pastikan pula bahwa tempat wisata alam terbuka yang hendak kamu kunjungi menyediakan fasilitas-fasilitas yang mendukung selama pandemi ini.

Ketika hendak pergi berkemah, sebaiknya ajaklah anggota keluarga yang tinggal dalam satu atap bersamamu. 

Hal ini untuk menjaga kenyamanan dan cenderung lebih tahu bagaimana anggota keluarga sendiri menerapkan physical distancing serta riwayat perjalanan mereka, seperti apakah mereka pernah terlibat dalam aktivitas berisiko atau tidak. 

Jika seseorang yang kamu ajak berkemah telah bertemu banyak orang di luar rumah, sebaiknya pertimbangkan kembali.

Baca juga: Apa Bedanya Istilah Social Distancing dan Physical Distancing?

Pastikan pula bahwa kondisi kesehatan kamu dan keluarga dalam keadaan baik dan prima. Apabila ada anggota keluarga yang sakit, sebaiknya batalkan rencana liburan agar terlalu berisiko.

Bawa lah perlengkapan-perlengkapan yang dibutuhkan selama new normal, seperti masker, handsanitizer, atau desinfektan.

Bawa juga tisu kering, hal ini akan berguna apabila kamu ingin mencuci tangan di toilet umum yang disediakan. Sebab, kamu perlu menghindari penggunaan pengering udara. 

Baca juga: Wisata Kesehatan, Tren Baru Traveling Usai Pandemi

Pasalnya, pengering udara dapat menyebarkan kuman dengan meniupkan tetesan ke udara. Maka dari itu, lebih baik gunakan tisu untuk mengeringkan tanganmu.

Kemudian, bawalah tisu disinfektan untuk membersihkan area yang banyak disentuh orang seperti keran dan kait pintu kamar mandi, serta memakai sarung tangan lateks dapat membantu mengurangi kemungkinan kita menyimpan kuman di tangan.

Hindari pula tempat umum jika dipenuhi banyak orang. Tanpa menjaga jarak setidaknya dua meter, kita akan berisiko mengekspos diri sendiri atau orang lain terhadap virus.

Baca juga: Cegah Corona dengan Membersihkan Interior Mobil Secara Mandiri

Meski berkemah adalah salah satu liburan lebih aman yang dapat kita lakukan selama new normal, tetapi harus dicatat, mengunjungi tempat terbuka tidak membuat kita terbebas dari risiko.

Maka dari itu, pertimbangan matang perlu dilakukan sebelum kamu benar-benar berangkat berlibur.

Penerapan protokol kesehatan ketika dalam perjalanan menuju lokasi wisata juga penting. Terlebih jika kamu tidak menggunakan kendaraan pribadi dan memilih untuk menggunakan transportasi umum.

Baca juga: Destinasi Wisata yang Patut Dikunjungi Usai Pandemi Kelar!

Namun dengan Sejalan kamu tak perlu khawatir, karena Sejalan sudah siapkan protokol kesehatan yang akan membuat kamu merasa tenang, aman dan nyaman pergi berlibur di tengah pandemi seperti ini.

Jadi, jangan lupa download Sejalan, ya.

Berita Terkait

Author