Search Cars

Travel & Lifestyle

Berbagai Ucapan Tahun Baru Imlek Selain Gong Xi Fa Cai

Ternyata, banyak juga ucapan tahun baru Imlek lainnya dari berbagai negara selain Gong Xi Fa Cai. Yuk, temukan di bawah ini.

Momen pergantian tahun baru Cina atau yang biasa dikenal dengan Imlek dapat dikatakan menjadi perayaan yang masif. Banyak hal menarik mengenai Imlek yang pastinya kerap ditemui, diantaranya pemberian angpao, perayaan kembang api, barongsai, pernak-pernik berwarna merah, hingga ucapan selamat tahun baru imlek yakni Gong Xi Fa Cai.

 

Ucapan Gong Xi Fa Cai memang identik dengan ucapan tahun baru Imlek, karena memiliki makna ucapan doa kebahagiaan dan kesejahteraan. Namun, selain Gong Xi Fa Cai, ternyata banyak ucapan-ucapan tahun baru Imlek lainnya di dunia.

 

Mau tau? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

Baca juga: Tanggal Merah yang Pas untuk Cuti dan Liburan di 2020

 

Xin Nian Kuai Le

Xin Nian Kuai Le atau yang dalam bahasa Kanton disebut Sun Leen Fai Lok memiliki arti harfiah selamat tahun baru. Meskipun tidak sepopuler ucapan Gong Xi Fa Cai, Xin Nian Kuai Le masih dapat Anda dengar atau lihat pada tulisan atribut maupun dekorasi tahun baru imlek.

Nian Nian You Yu

Nian Nian You Yu jika diartikan secara harfiah memiliki arti “tahun baru ada sisa”,  memang sedikit sulit dipahami maknanya. Namun, banyak yang mengartikan makna dari ucapan ini adalah untuk mendoakan agar setiap tahun Anda tetap memiliki sisa berkat atau kekayaan yang melimpah.

 

Asal pemaknaan tersebut dikarenakan kemiripan penulisan latin dan cara baca dari kata Yu, yang memiliki arti sisa. Lalu, pelafalan Yu yang memiliki arti sisa sering dibaca sebagai Yu yang berarti ikan. Sebagai informasi, simbol ikan merupakan lambang yang menandakan berkah yang melimpah.

 

Baca juga: 3 Destinasi Liburan Perayaan Imlek yang Meriah di Indonesia

Shen Ti Jian Kang

Selain Gong Xi Fa Cai, Anda juga bisa mengucapkan Shen Ti Jian Kang saat tahun baru imlek tiba. Kalimat ini memiliki arti “tubuh yang sehat,” atau jika dalam ucapan sehari-hari menjadi “semoga sehat selalu.” Dengan mengucapkan kalimat ini, kerabat yang mendapat ucapan ini diharapkan dapat memiliki tubuh yang sehat sepanjang tahun.

 

Wan Shi Ru Yi

Selanjutnya adalah Wan Shi Ru Yi, yang memiliki arti yaitu “agar segala hal atau urusan berjalan lancar sesuai rencana dan harapan.” Wan Shi Ru Yi biasanya diucapkan seseorang bersandingan dengan ucapan Gong Xi Fa Cai.

Xin Nian Jin Pu

Seperti ucapan lainnya yang mengandung arti baik, Xin Nian Jin Pu memiliki arti “semoga mendapat kemajuan di tahun baru.” Kalimat ini sering diucapkan sebagai pengharapan di tahun baru agar menjadi langkah yang memberikan kemajuan di segala aspek kehidupan.

 

Momen tahun baru Imlek tentu menjadi momen yang tepat untuk mengucapkan pengharapan dan saling mendoakan. Selain sebagai pelengkap dari sebuah perayaan, ungkapan harapan dapat menjadi tanda bahwa kamu selalu mendukung dan mendoakan kesejahteraan keluarga maupun orang-orang yang kamu cintai.

 

Baca juga: 10 Makanan Khas Imlek dan Penjelasan Maknanya

 

Nah, itulah beragam ucapan Selamat Tahun Baru Imlek 2020 selain Gong Xi Fa Cai yang bisa kamu kirimkan kepada orang-orang terdekat dan terkasih. Selamat merayakan Tahun Baru Imlek!

 

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.