Berapa Lama Masa Berlaku Pelat Nomor Cantik di Indonesia?

By Arris Riehady - August 11, 2020

Memilikinya akan membuat mobil tampil beda. Yuk cari tahu dulu masa berlaku pelat nomor cantik dan cara mengurusnya.

pelat nomor cantik

Menggunakan pelat nomor cantik atau nomor polisi (nopol) pilihan tentu akan membuat mobil yang kamu miliki akan semakin istimewa.

Terlebih bila mobil tersebut adalah mobil kesayangan yang terbilang langka atau sudah dimodifikasi. Selain menjadi pembeda dengan mobil lainnya, menggunakan pelat nomor cantik pun dapat berguna sebagai identitas pemiliknya.

Hal ini karena angka dan huruf yang tertera dapat dipilih sesuai dengan keinginan dan menjadi simbolisasi pemiliknya.

pelat nomor cantik

Masa berlaku pelat nomor cantik

Berbeda dengan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) yang umum, ada masa berlaku pada pelat nomor cantik.

Baca juga: Cara Mengurus Blokir STNK Kendaraan yang Sudah Dijual Secara Online

Masa berlaku pelat nomor cantik adalah lima tahun. Jika masa berlaku pelat nomor cantik sudah habis, pemiliknya wajib mengajukan perpanjangan pelat nomor cantik miliknya, jika ingin tetap memakai nomor yang sama.

Cara memperpanjang pelat nomor cantik hampir mirip dengan biaya pengajuannya di awal. Jika pemiliknya tidak memperpanjang, maka diwajibkan menggunakan TNKB biasa seperti kendaraan pada umumnya.

Pelat nomor cantik pun bisa tidak berlaku apabila pemiliknya melakukan perubahan alamat, warna, dan mesin dalam kode wilayah yang sama.

Berita Terkait

Author

What (apa), Who (siapa), When (kapan), Where (dimana), Why (kenapa), dan How (bagaimana). Suka kecepatan dan ketinggian. I am @arristoocrazy!