Benarkah Asap Rokok Bisa Sebabkan Kerusakan pada AC Mobil?

By Reka Harnis - July 7, 2020

Banyak kabar yang beredar bahwa asap rokok bisa menyebabkan kerusakan pada AC mobil. Mitos atau fakta?

ac mobilMerokok saat berkendara dianggap mampu membangkitkan stamina dan menghilangkan rasa kantuk. Oleh karena itu, tidak heran bila merokok di dalam mobil menjadi kebiasaan para pecandu rokok. 

Demi menjaga kabin tetap sejuk, beberapa dari mereka sering melakukan kebiasaan ini dalam keadaan Air Conditioner (AC) tetap menyala dan kaca jendela terbuka.

Namun benarkah kebiasaan tersebut dapat menyebabkan kerusakan pada AC mobil?

Faktanya, hal tersebut tidaklah sepenuhnya benar. Lebih tepatnya, merokok di dalam mobil akan membuat AC mobil akan lebih cepat kotor dan menimbulkan bau tidak sedap.

Baca juga: Sesuaikan Kondisi Cuaca, Ini Cara Mudah Mengatur AC Mobil

Karena ketika merokok di dalam mobil, pengendara cenderung membuka kaca mobil terlebih dahulu, sehingga debu dari luar masuk ke dalam kabin dan terhisap oleh blower dan diembuskan ke evaporatorOleh sebab itu, saat pengendara hendak merokok di dalam mobil, sebaiknya mematikan fitur AC mobil.

Pasalnya, merokok dalam keadaan AC menyala dapat membuat asap dari puntung rokok dan debu dari luar terhisap dan memenuhi evaporator.

Hal tersebut dapat menyebabkan evaporator menjadi bau dan cepat kotor. Jika dibiarkan, kinerja evaporator dapat terganggu.

Apabila kinerja evaporator terganggu lantaran endapan asap rokok, bukan tak mungkin kamu harus mengeluarkan biaya lebih untuk melakukan perbaikan pada evaporator.

Evaporator adalah komponen penting pada AC mobil yang berperan untuk mengeluarkan hawa sejuk di dalam kabin mobil.

Jika evaporator tidak bekerja dengan maksimal, maka kinerja AC untuk mendinginkan kabin jadi berkurang, sehingga udara panas di siang hari tidak bisa diubah menjadi lebih dingin. 

Maka dapat disimpulkan bahwa anggapan merokok dapat langsung merusak AC mobil adalah kurang tepat, melainkan kebiasaan tersebut dapat mempercepat masa pakai AC mobil kesayanganmu.

Baca juga: Amankah Menyalakan AC Mobil Saat Menerjang Banjir?

Selain itu, bau rokok juga bisa menempel pada jok dan dasbor sehingga akan menimbulkan rasa tidak nyaman saat berkendara serta mengganggu kesehatan, baik pengendara maupun penumpang.

Berita Terkait

Author