Search Cars

Tips & Rekomendasi

Benarkah Alarm yang Terus Menyala Tidak Membuat Aki Soak?

Banyak yang beranggapan kalau alarm terus aktif dapat membuat aki soak. Benarkah demikian?

memperbaiki alarm mobil

Adanya alarm membuat tindakan kriminal pada mobil dapat diminimalisir. Namun, sama seperti komponen mobil lainnya, alarm juga sering bermasalah dengan tiba-tiba aktif tanpa sebab.

Beberapa orang beranggapan, jika alarm aktif secara terus-menerus dapat membuat aki soak. Apakah bisa berdampak seperti itu? 

Faktanya, daya untuk mengaktifkan alarm bisa digambarkan seperti daya untuk mengoperasikan jam tangan, kecil bila dibandingkan dengan daya aki pada mobil sehingga kemungkinan buat aki tekor minim.

Baca juga: Resmi Mengaspal, Ini Ubahan dan Harga New BMW X5 xDrive40i

Selain itu alarm sebenarnya didesain bekerja dalam interval waktu. Misal satu menit menyala kemudian mati, lalu menyala kembali beberapa menit. Ini tergantung desain dari masing-masing produsen alarm.

Alarm yang membuat aki boros atau soak besar kemungkinan disebabkan oleh unsur manusia. Artinya, selama dalam pemasangan dan penggunaannya sesuai prosedur, aki tentu tidak boros atau cepat rusak. 

Intinya, Asalkan pemasangan dan instalasi kelistrikannya benar, kemudian tidak terdapat korsleting, maka aki berpotensi lebih awet.

Selain itu, untuk alarm yang memang sudah diberikan dari pabrikan mobil biasanya jarang bermasalah. Kemungkinan akan masalah bila mobil menggunakan alarm yang tidak teruji dengan baik.

Lalu, apa saja yang menyebabkan aki soak? Selengkapnya pada halaman berikut ini.

Mobil tidak digunakan dalam waktu yang lama

Pada saat seperti sekarang ini, mobil menjadi lebih sering parkir di garasi dan berpotensi menciptakan penyebab utama yang bisa mempengaruhi kondisi aki.

Jika mobil tidak digunakan dalam waktu lama, apalagi sama sekali tidak pernah dinyalakan, maka kesehatan aki mobil akan menurun.

Hal ini disebabkan karena ketika mesin mobil tidak dinyalakan, aki tidak akan bisa menyimpan daya.

Dapat dibayangkan jika sumber utama kelistrikan di dalam mobil tidak memiliki daya sama sekali, tentu saja hal-hal yang tidak diinginkan saat berkendara bisa saja terjadi, seperti mobil tiba-tiba mogok, kelistrikan mobil tidak berfungsi, dan sebagainya.

Ada baiknya ketika mobil hanya parkir saja di garasi disarankan untuk melepas terminal aki terlebih dahulu.

Air aki habis

Salah satu kelebihan aki mobil tipe basah adalah bisa diisi ulang sehingga membuat masa pakainya lebih lama dan perawatannya lebih mudah. 

Namun, pengguna aki basah seringkali lupa melakukan pengecekan sehingga tanpa disadari air aki sudah habis. Hal tersebut beresiko membuat aki tidak bisa bekerja sebagaimana mestinya.

Baca juga: Deretan Mobil Listrik BMW yang Akan Hadir di Tahun 2021

Apabila hal ini dibiarkan maka aki bisa soak. Oleh karenanya, pemilik mobil sangat disarankan untuk memeriksa kondisi air aki sebelum melakukan perjalanan.

Air aki keruh

Aki yang bermasalah juga bisa dilihat dari air aki yang keruh. Kondisi tersebut biasanya disebabkan oleh kotoran-kotoran yang menumpuk.

Tidak hanya warna air aki yang keruh, tapi juga sel-sel yang ada di dalamnya bengkok dan ada warna putihnya.

Alternator rusak

Alternator atau biasa disebut dengan dinamo ampere adalah peranti yang berfungsi sebagai generator yang menghasilkan arus listrik Alternating Current (AC) dan sekaligus mengubahnya menjadi arus Direct Current (DC). 

Selain itu, komponen ini juga berperan sebagai pembangkit energi listrik. Bila alternator atau dinamo ampere aus, arus listrik yang dihasilkan menjadi tidak stabil, dan jika tidak segera diganti atau diperbaiki maka akan berdampak pada aki.

Baca juga: Cara Membaca Arti Seri Mobil BMW Berupa Angka dan Huruf

aliran modifikasi audio

Modifikasi yang tidak sesuai

Siapa sangka modifikasi ternyata bisa membuat aki soak. Tentunya, tidak semua modifikasi dapat menyebabkan kondisi tersebut.

Hanya modifikasi yang tidak sesuai dan berlebihan saja yang dapat membuat aki tidak bisa bertahan lama. Sebut saja modifikasi di bagian audio, sistem audio pasti membutuhkan daya listrik cukup besar.

Sehingga, jika kamu melakukan modifikasi pada audio, beban aki secara otomatis akan bertambah berat dan kamu perlu melakukan penyesuaian pada kapasitas aki yang digunakan.

Melakukan servis secara berkala mampu menghindari resiko aki soak.

Keterbatasan waktu seringkali menjadi kendala untuk membawa mobil kesayangan ke bengkel. Namun bersama Seva.id, tak perlu lagi khawatir soal perkara waktu.

Ada layanan Booking Service dan Home Service yang tak hanya aman, namun juga praktis!

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.