Benarkah Alarm yang Terus Menyala Tidak Membuat Aki Soak?

By Reka Harnis - Februari 1, 2021

Banyak yang beranggapan kalau alarm terus aktif dapat membuat aki soak. Benarkah demikian?

memperbaiki alarm mobil

Adanya alarm membuat tindakan kriminal pada mobil dapat diminimalisir. Namun, sama seperti komponen mobil lainnya, alarm juga sering bermasalah dengan tiba-tiba aktif tanpa sebab.

Beberapa orang beranggapan, jika alarm aktif secara terus-menerus dapat membuat aki soak. Apakah bisa berdampak seperti itu? 

Faktanya, daya untuk mengaktifkan alarm bisa digambarkan seperti daya untuk mengoperasikan jam tangan, kecil bila dibandingkan dengan daya aki pada mobil sehingga kemungkinan buat aki tekor minim.

Baca juga: Resmi Mengaspal, Ini Ubahan dan Harga New BMW X5 xDrive40i

Selain itu alarm sebenarnya didesain bekerja dalam interval waktu. Misal satu menit menyala kemudian mati, lalu menyala kembali beberapa menit. Ini tergantung desain dari masing-masing produsen alarm.

Alarm yang membuat aki boros atau soak besar kemungkinan disebabkan oleh unsur manusia. Artinya, selama dalam pemasangan dan penggunaannya sesuai prosedur, aki tentu tidak boros atau cepat rusak. 

Intinya, Asalkan pemasangan dan instalasi kelistrikannya benar, kemudian tidak terdapat korsleting, maka aki berpotensi lebih awet.

Selain itu, untuk alarm yang memang sudah diberikan dari pabrikan mobil biasanya jarang bermasalah. Kemungkinan akan masalah bila mobil menggunakan alarm yang tidak teruji dengan baik.

Lalu, apa saja yang menyebabkan aki soak? Selengkapnya pada halaman berikut ini.

Berita Terkait

Author