Beli Mobil Off The Road dan Cara Mengurus Dokumennya

By Arris Riehady - September 11, 2019

Harga yang tertera memang lebih murah, tapi apakah boleh beli mobil off the road? Lalu bagaimana mengurus dokumennya? Ini dia jawabannya!

beli mobi off the road

Bagi Anda yang pernah membeli mobil pasti familiar dengan istilah harga on the road dan off the road.

Sekedar informasi, harga on the road merupakan harga yang sudah meliputi segala macam proses legalisasi dokumen kendaraan hingga ke tangan konsumen.

Legalisasi tersebut meliputi pajak kendaraan, Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB), Surat Tanda Kendaraan Bermotor (STNK), dan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB).

Intinya, secara sah kendaraan yang konsumen beli legal untuk dikendarai di jalan umum karena memiliki surat-surat yang dikeluarkan oleh pihak berwenang.

Baca juga: Biaya dan Cara Mengurus Pelat Nomor Cantik Kendaraan Bermotor

Sementara, off the road berarti harga yang dikeluarkan konsumen untuk membeli kendaraan hanya untuk unit saja tanpa kelengkapan dokumen lainnya.

Kendaraan menjadi tidak legal atau ilegal untuk dikendarai di jalan umum. Jika sampai tertangkap, polisi berhak untuk melakukan penyitaan terhadap kendaraan tersebut.

Kebanyakan agen pemegang merek (APM) di Indonesia biasanya hanya menyampaikan harga OTR. Harga off the road biasanya digunakan untuk mobil-mobil mewah yang harganya di atas Rp 1 milyar.

Biar tidak salah paham, harga on road biasa disingkat atau dituliskan OTR. Sedangkan harga off the road akan ditulis lengkap tanpa disingkat.

Gunanya untuk mempertegas dan memberikan informasi yang lebih jelas pada konsumen.

Berita Terkait

Author

What (apa), Who (siapa), When (kapan), Where (dimana), Why (kenapa), dan How (bagaimana). Suka kecepatan dan ketinggian. I am @arristoocrazy!