Begini Tanda-tanda Karet Pintu Mobil yang Harus Diganti

Karet pintu mobil adalah salah satu komponen fast moving. Yuk catat tanda-tanda karet pintu mobil perlu diganti.

karet pintu mobilJika diperhatikan, terdapat sejumlah karet yang terpasang di beberapa bagian mobil. Salah satunya ada pada pintu mobil. Keberadaannya yang tersembunyi seringkali membuat komponen yang satu ini terlupakan. Padahal, karet pintu mobil termasuk sebagai komponen yang penting.

Karet pintu mobil memiliki 3 fungsi utama, yakni untuk mencegah air dari luar masuk ke kabin, mencegah udara atau angin yang membawa debu masuk dan fungsi yang terakhir untuk meredam getaran pintu, sehingga tidak menimbulkan bunyi berisik yang dapat mengganggu pengemudi dan penumpang yang ada di dalam mobil.

Baca juga: Beresiko Fatal, Hindari Menggunakan 5 Aksesoris Mobil Ini

Untuk itu, kamu perlu memberi perhatian lebih terhadap komponen yang satu ini. Sebab, karet pintu mobil tidak bisa digunakan selamanya dan ada waktu yang diperlukan untuk mengganti dengan yang baru (fast moving). Biasanya, ketika performanya dirasa sudah tak lagi bekerja maksimal. 

Seperti dilansir dari Daihatsu Indonesia, ini dia cara mudah untuk mengetahui kalau karet pintu mobil harus segera diganti.

Karet pintu mobil berubah bentuk

Jika perubahan bentuk terjadi pada karet pintu mobil, tandanya kamu harus segera menggantinya dengan yang baru. Perubahan bentuk ini biasanya ditandai dengan karet pintu mobil yang berubah menjadi gepeng. 

Apabila kamu menemui karet pintu mobil dengan kondisi tersebut, maka sudah dapat dipastikan kamu harus menggantinya dengan yang baru.

Kurang kedap suara

Lalu, saat kamu sedang menutup pintu mobil dan muncul suara antara besi seperti beradu, maka dapat dipastikan kamu sudah harus mengganti karet pintu mobil. Selain itu, hal ini juga membuat kedap suara pada mobil berkurang.

Terdengar suara angin seperti siulan

Ciri berikutnya ialah munculnya suara angin seperti siulan yang masuk ke dalam kabin mobil. Apalagi pada saat berkendara di kecepatan tinggi, suara angin tersebut akan terasa lebih jelas. Jika kamu menemui kondisi tersebut saat sedang berkendara, sebaiknya segera ganti karet pintu mobil kamu.

Baca juga: Modifikasi yang Berbahaya Bila Diterapkan Pada Mobil Harian

Membiarkan karet pintu mobil dalam keadaan rusak akan berdampak pada keadaan kabin, karena tingkat kekedapan kabin berkurang dan tidak terasa nyaman. Selain itu karet mobil yang rusak bisa menyebabkan air hujan masuk ke dalam sehingga mengakibatkan yang berada di dalam mobil akan kebasahan.

Jenis karet pintu mobil

Jika komponen ini dirasa sudah tak bekerja maksimal, maka kamu bisa menggantinya dengan karet yang baru.

Jenis pintu karet mobil yang biasa digunakan ada dua. Jenis pintu karet mobil yang pertama adalah karet balon. Karet jenis ini terdiri dari dua tipe, yaitu polos dan balon bibir. 

Tipe balon bibir biasa digunakan dan berfungsi sebagai pinggiran plafon karena sudah ditambah dengan pelindung tambahan. Sedangkan untuk balon polos bermanfaat sebagai penjepit permukaan pintu.

Jenis pintu karet mobil kedua yaitu karet pintu letter K, dimana bentuknya seperti huruf K. Jenis ini mempunyai daya rekat yang kuat dikarenakan desainnya yang lebih menyudut. Bahkan jenis karet ini dapat mencegah bahkan menahan benturan yang keras.

Baca juga: Cara Merawat Jok Mobil Berbahan Kulit, Semi Kulit, Nilon, dan Vinyl

Tips merawat karet pintu mobil

Setelah menggantinya dengan yang baru, kamu perlu melakukan perawatan agar karet tersebut lebih awet. Berikut tipsnya.

Pilihlah tempat parkir yang aman

Parkirlah mobil di tempat parkir yang aman dan teduh agar terhindar dari paparan matahari terik yang dapat membuat karet cepat kering.  Sebab, jika karet cepat kering, akan berdampak pada masa pemakaiannya.

Menghindari kontak langsung dengan karet

Agar karet lebih awet, sebisa mungkin hindari kontak langsung dengan karet, terutama jika kamu sedang memasukkan atau mengeluarkan barang dari mobil. 

Pasalnya, hal tersebut dapat menimbulkan gesekan yang dapat berakibat merusak dan merobek karet pintu mobil.

Membersihkan kotoran yang menempel

Kotoran yang dibiarkan menempel pada karet pintu mobil juga dapat membuatnya tidak awet. Oleh karenanya, kamu harus rutin membersihkan kotoran yang menempel pada komponen ini.

Caranya tak sulit, cukup dengan mencuci dan menyiram sela-sela lekukan pada karet mobil menggunakan air bersih dan cairan silikon guna menjaga kelembaban karet.

Jadi, mulai sekarang beri perhatian lebih pada karet pintu mobil agar berkendara terasa aman dan nyaman. Jangan lupa pula untuk melakukan pengecekan rutin agar performa setiap komponen pada mobil tetap bekerja maksimal. Tak usah khawatir, ada Seva.id yang siap bantu kamu.