Begini Tanda-tanda Karet Pintu Mobil yang Harus Diganti

By Reka Harnis - August 10, 2020

Karet pintu mobil adalah salah satu komponen fast moving. Yuk catat tanda-tanda karet pintu mobil perlu diganti.

karet pintu mobilJika diperhatikan, terdapat sejumlah karet yang terpasang di beberapa bagian mobil. Salah satunya ada pada pintu mobil. Keberadaannya yang tersembunyi seringkali membuat komponen yang satu ini terlupakan. Padahal, karet pintu mobil termasuk sebagai komponen yang penting.

Karet pintu mobil memiliki 3 fungsi utama, yakni untuk mencegah air dari luar masuk ke kabin, mencegah udara atau angin yang membawa debu masuk dan fungsi yang terakhir untuk meredam getaran pintu, sehingga tidak menimbulkan bunyi berisik yang dapat mengganggu pengemudi dan penumpang yang ada di dalam mobil.

Baca juga: Beresiko Fatal, Hindari Menggunakan 5 Aksesoris Mobil Ini

Untuk itu, kamu perlu memberi perhatian lebih terhadap komponen yang satu ini. Sebab, karet pintu mobil tidak bisa digunakan selamanya dan ada waktu yang diperlukan untuk mengganti dengan yang baru (fast moving). Biasanya, ketika performanya dirasa sudah tak lagi bekerja maksimal. 

Seperti dilansir dari Daihatsu Indonesia, ini dia cara mudah untuk mengetahui kalau karet pintu mobil harus segera diganti.

Karet pintu mobil berubah bentuk

Jika perubahan bentuk terjadi pada karet pintu mobil, tandanya kamu harus segera menggantinya dengan yang baru. Perubahan bentuk ini biasanya ditandai dengan karet pintu mobil yang berubah menjadi gepeng. 

Apabila kamu menemui karet pintu mobil dengan kondisi tersebut, maka sudah dapat dipastikan kamu harus menggantinya dengan yang baru.

Kurang kedap suara

Lalu, saat kamu sedang menutup pintu mobil dan muncul suara antara besi seperti beradu, maka dapat dipastikan kamu sudah harus mengganti karet pintu mobil. Selain itu, hal ini juga membuat kedap suara pada mobil berkurang.

Terdengar suara angin seperti siulan

Ciri berikutnya ialah munculnya suara angin seperti siulan yang masuk ke dalam kabin mobil. Apalagi pada saat berkendara di kecepatan tinggi, suara angin tersebut akan terasa lebih jelas. Jika kamu menemui kondisi tersebut saat sedang berkendara, sebaiknya segera ganti karet pintu mobil kamu.

Baca juga: Modifikasi yang Berbahaya Bila Diterapkan Pada Mobil Harian

Membiarkan karet pintu mobil dalam keadaan rusak akan berdampak pada keadaan kabin, karena tingkat kekedapan kabin berkurang dan tidak terasa nyaman. Selain itu karet mobil yang rusak bisa menyebabkan air hujan masuk ke dalam sehingga mengakibatkan yang berada di dalam mobil akan kebasahan.

Berita Terkait

Author