Begini Cara Traveling Hemat Antiboros, Nomor 4 Perlu Dicatat!

Sebenarnya liburan itu tak perlu mahal. Kamu bisa traveling hemat dengan cara antiboros liburan seperti berikut ini.

Tak sedikit di antara kamu yang berpikir kalau liburan selalu membutuhkan dana lebih. Bahkan, karena perjalanan liburan tersebut,  acap kali kita mengeluarkan bujet tambahan untuk sesuatu yang tak terduga, entah biaya tol,  parkir, bahkan camilan tambahan buat di perjalanan. Alhasil, setelah liburan kamu malah kehabisan uang.

 

Padahal, seharusnya tak demikian. Untuk mencapai tempat traveling yang diimpikan, kamu bisa kok, berhemat tanpa perlu mengeluarkan biaya lebih. Memang, tak ada traveling yang gratis, tetapi setidaknya kamu bisa melakukan tips ampuh antiboros traveling hemat yang dijamin bakalan aman di dompet.

 

Lalu, gimana caranya? Yuk, baca uraian ini sampai habis agar liburanmu lebih menguntungkan.

1. Budgeting

Hal pertama yang tak boleh luput adalah mengatur dana untuk liburan. Pekerjaan ini memang sedikit menyulitkan, kamu perlu menganggarkan biaya liburan, mulai dari ongkos kendaraan, tiket masuk wisata, makan, hingga biaya untuk membeli oleh-oleh misalnya sehingga tidak over budget.

 

Dari cara ini, liburanmu akan lebih terarah dan dapat terhindar dari biaya tak terduga.

2. Tentukan tanggal keberangkatan

Setelah kamu selesai mengatur tempat liburan dan budgeting, kamu pun harus mengatur waktu keberangkatan. Carilah tanggal-tanggal yang menyediakan waktu liburan panjang, seperti harpitnas (hari kejepit nasional) atau pekan liburan.

 

Bahkan kamu juga perlu menyiasati waktu liburanmu di hari-hari low season dengan memanfaatkan jatah cuti di kantor. Strategi ini tak hanya membantumu berhemat, tetapi sangat menguntungkan.

 

Sebab, di hari-hari tersebut umumnya tiket tempat wisata, tiket transportasi, dan pusat perbelanjaan tidak mematok harga yang mahal. Jadi, sedapat mungkin atur waktu liburan sebaik-baiknya, ya.

3. Jangan menginap di hotel

Hal lain yang terkadang paling menyedot anggaran liburan ialah penginapan. Pasalnya, saat liburan tak sedikit di antara para wisatawan yang memilih untuk menginap di hotel. Padahal biaya menginap di hotel tidaklah murah, ya, meski kadang ada promo, tetapi tetap saja tak dapat membantu kita untuk berhemat.

 

Bila kamu ingin liburan yang lebih ekonomis, kamu dapat menekan biaya penginapan dengan menyewa home stay. Banyak home stay yang menyediakan fasilitas lengkap, yang dapat membantu kamu traveling hemat.

 

Bila kamu pergi bersama keluarga ataupun teman, kalian bisa patungan dana untuk membayar sewa. Dengan begitu, traveling-mu akan jauh lebih hemat, bukan?

4. Manfaatkan Promo “Semobil Bareng Kapten Sejalan”

Hal terakhir yang perlu kamu lakukan ialah menentukan mekanisme perjalanan: apakah naik kendaraan umum, seperti travel, atau kendaraan pribadi. Jika kamu memutuskan naik kendaraan pribadi, kamu bisa jadi Kapten Sejalan dengan memanfaatkan kursi kosong mobilmu.

 

Kamu juga bisa menambah biaya liburan dari kursi kosong yang kamu tawarkan dan keuntungan dari promo yang Sejalan tawarkan untukmu. Adapun ketentuan promo “Semobil Bareng Kapten Sejalan”, seperti berikut:

  1. Subsidi tol saat weekend dengan jarak lebih dari 15 km sebesar Rp10.000 dan kurang dari 15 km akan mendapatkan subsidi senilai Rp20.000 (min. jarak 10 km)
  2. Untuk perjalanan ke luar kota saat akhir pekan, akan disubsidi sebesar Rp50.000 minimal jarak 100 km.
  3. Lalu, ada intensif tambahan buat Kapten Sejalan yang banyak melakukan trip sukses senilai Rp5.000 per kursi untuk perjalanan dalam kota dan Rp10.000 untuk perjalanan ke luar kota.
  4. Terakhir, ada banyak voucer yang bisa kamu bawa pulang, khusus untuk kamu yang beruntung.

 

Selain itu, buat kamu Teman Sejalan, yang ingin jalan bareng Kapten Sejalan di program promo tersebut, kamu juga bisa mendapatkan keuntungan menarik, di antaranya:

  1. Subsidi perjalanan weekday dalam kota Rp10.000 untuk jarak <15 km dan perjalanan >15 km senilai Rp15.000.
  2. Lalu, perjalanan weekend ke luar kota akan mendapat subsidi sebesar Rp40.000 maksimal jarak 100 km.
  3. Akan ada voucer menarik juga yang bisa kamu bawa pulang untuk kamu yang beruntung.

 

Jadi, itulah trik traveling hemat yang bisa membantu kamu mengurangi biaya perjalanan. Namun, as additional note, kamu perlu melakukan perjalanan atau memesan tiket perjalanan bersama Sejalan dari sekarang, ya. Sebab, promo ini hanya berlangsung dari 25 Maret–21 April 2019 saja.