Search Cars

Tips & Rekomendasi

Begini Cara Beli Mobil Baru dengan Cicilan Ringan

Mobil merupakan sebuah keperluan yang penting bagi beberapa orang. Bagaimanakah solusi untuk beli mobil baru dengan cicilan ringan? Ini jawabannya!

Mobil merupakan salah satu kebutuhan manusia untuk mendukung mobilitas di hidupnya. Untuk itu produsen mobil berlomba-lomba menghasilkan produk yang terbaik guna memenuhi kebutuhan tersebut.

 

Di sisi lain konsumen pun mempertimbangkan untuk membeli mobil mana yang sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan mereka. Berbagai hal dipertimbangkan, mulai dari jenis, performa, harga, hingga  cara pembayarannya.

 

Beberapa konsumen memilih membeli mobil dengan prosedur pembayaran kredit, karena dirasa pembayaran tunai lebih berat atau selisihnya dapat digunakan untuk keperluan lain.

 

Baca juga: Bonus yang Ditawarkan Dealer Kepada Pelanggan Saat Membeli Mobil Baru

 

Untuk yang ingin kredit, berikut cara beli mobil baru dengan cicilan ringan.

beli mobil baru

Sesuaikan kebutuhan dan kemampuan

Sebelum mengeluarkan uang untuk membayar uang muka, sebaiknya Anda memastikan mobil jenis apa yang sesuai dengan kebutuhan Anda, karena ini akan mempengaruhi besarnya cicilan Anda setiap bulannya.

 

Jika untuk penggunaan dalam kota, Anda bisa memilih city car atau LCGC (Low Cost Green Car). yang mungil. Sedangkan bagi yang sudah berkeluarga dan gemar road trip dapat memilih mobil berjenis MPV atau SUV.

 

Selain itu, jangan sampai Anda tidak mampu membayar cicilan kareba membeli mobil di luar kebutuhan karena gengsi.

 

Baca juga: Laporan Penjualan Kendaraan dan Mobil Paling Laris 2019

 

Alhasil karena pembayaran cicilan yang macet, mobil ditarik oleh dealer, leasing, atau bank. Pertimbangkan hal tersebut dengan penghasilan per bulan yang Anda peroleh.

 

Baca selanjutnya.

jual mobil jarang dipakai

Perbesar DP

Cara beli mobil baru dengan cicilan ringan selanjutnya adalah dengan memperbesar DP.

 

Surat Edaran Bank Indonesia Nomor 14/10/DPN mewajibkan seluruh lembaga perbankan dan pembiayaan mengenakan uang muka atau down payment (DP) minimal 25% untuk kredit kendaraan bermotor (KKB) roda dua, dan 30% untuk kredit kendaraan roda empat.

 

Namun, untuk memperkecil cicilan bulanan, Anda bisa membayar uang muka dengan persentase yang lebih besar. Misalnya dengan uang muka 40%, Anda cukup mengajukan kredit sebesar 60% untuk melunasi sisanya.

 

Meski ditambah dengan biaya lain-lain, tapi dengan uang muka yang lebih besar, cicilannya tetap akan lebih ringan.

 

Baca juga: Dampak DP 0 Persen Pembelian Kendaraan Bagi Masyarakat dan Perusahaan Pembiayaan

 

Belakangan, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pun berusaha mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia di sektor otomotif dengan memberikan kebijakan kepada perusahaan multifinance (pembiayaan) berupa layanan tanpa uang muka atau DP 0 persen untuk pembelian kendaraan bermotor, baik mobil maupun sepeda motor.

beli mobil

Jangka waktu terpanjang

Kini, jangka waktu kredit mobil semakin bervariasi, bahkan bisa mencapai 8 tahun.

 

Sebetulnya, semakin lama jangka waktu kredit Anda, maka semakin banyak bunga yang harus Anda bayarkan.

 

Akan tetapi, dengan periode kredit yang lebih lama, Anda bisa menikmati keuntungan berupa cicilan yang lebih ringan setiap bulannya.

 

Baca juga: Mana yang Lebih Menguntungkan, Menjual Mobil Secara Pribadi Atau Tukar Tambah?

beli mobil

Sistem balloon payment

Berbeda dengan kredit mobil standar yang jumlah cicilan per bulannya sama hingga akhir periode, sistem Balloon Payment memungkinkan cicilan lebih kecil di beberapa tahun pertama, lalu beban cicilan diakumulasikan di belakang.

 

Baca selanjutnya.

beli mobil

Asuransi sendiri

Biaya cicilan mobil baru biasanya ditambah dengan beban bunga, asuransi, dan administrasi. Untuk membuat cicilan lebih ringan, Anda bisa mengakalinya dengan mencari asurasi sendiri.

 

Dengan memilih asuransi sendiri, Anda bisa menyesuaikan kebutuhan asuransi Anda, sehingga ini jadi cara beli mobil baru dengan cicilan ringan.

 

Baca juga: Ternyata Mobil Rusak Akibat Demo Ditanggung Oleh Asuransi

sejarah toyota supra

Waktu yang tepat

Salah satu waktu yang tepat sekali untuk membeli mobil adalah pada akhir tahun.

 

Biasanya, dealer harus menghabiskan sisa produk yang belum terjual karena di tahun berikutnya akan mendapat mobil rakitan terbaru.

 

Untuk mengakalinya, dealer pun menawarkan mobil dengan harga murah, potongan uang muka, potongan harga, hingga cash back.

 

Baca juga: Tips Bijak Menggunakan Kartu Kredit Agar Tidak Bangkrut

 

Selain itu, Anda juga bisa datang ke dealer di akhir bulan karena biasanya salesman sedang mengejar target penjualan, sehingga diskon tambahan yang diberikan bisa bertambah besar.

 

Akibatnya, cicilan bulanan Anda pun bisa lebih ringan.

 beli mobil baru dengan cicilan ringan

Kalkulator kredit

Cara beli mobil baru dengan cicilan ringan adalah dengan menggunakan layanan Kalkulator Kredit di Seva.id.

 

Dalam membeli mobil baru, tentu Anda menginginkan transparansi dan harga yang jelas.  Seva.id membantu Anda untuk mengetahui kisaran biaya pembelian mobil baru yang akan dikeluarkan.

 

Simulasikan langsung transaksi tersebut di Seva.id, mulai dari uang muka, pembayaran bulanan, dan tenor kredit agar sesuai dengan kemampuan Anda.

 

Kalkulator Kredit

 

Yuk cari dan beli mobil baru di Seva.id sekarang!

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.