Begini Aturan Bawa Barang di Mobil Penumpang

By Arris Riehady - November 20, 2020

Mobil MPV atau SUV memang memiliki kemampuan untuk membawa banyak barang, tapi bisa ditilang loh. Begini aturan bawa barang di mobil penumpang.

aturan bawa barang di mobil penumpang

Keberadaan Multi Purpose Vehicle (MPV) dan Sport Utility Vehicle (SUV) yang menerapkan konfigurasi tujuh penumpang di Indonesia tampaknya menarik perhatian masyarakat.

Pasalnya, masyarakat Indonesia, khususnya yang sudah berkeluarga memang membutuhkan mobil yang nyaman, namun tetap memiliki daya angkut yang banyak.

Yap, selain mampu memuat banyak penumpang, baik MPV atau SUV juga mampu memuat banyak barang. Oleh karena itu, tidak heran bila produsen mobil kemudian berbondong-bondong merilis kendaraan roda empat jenis ini.

Memang, MPV dan SUV tujuh penumpang memiliki kemampuan mengangkut barang, tapi harus sesuai ketentuan. Malah kalau melanggar kamu bisa ditilang, loh.

Baca juga: Bagaimana Aturan Mengangkut Barang Menggunakan Motor?

Supaya lebih jelas, begini aturan bawa barang di mobil penumpang.

aturan bawa barang di mobil penumpang

Arti mobil penumpang

Sebelum lebih jauh mengetahui aturan bawa barang di mobil penumpang, ada baiknya mengetahui terlebih dulu definisi dari mobil penumpang.

Dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Pasal 47 Ayat 2 Huruf B, yang dimaksud dengan mobil penumpang adalah Kendaraan bermotor angkutan orang yang memiliki tempat duduk maksimal 8 (delapan) orang, termasuk untuk pengemudi atau yang beratnya tidak lebih dari 3.500 (tiga ribu lima ratus) kilogram.

Sementara di pasal dan ayat yang sama Huruf D dijelaskan, yang dimaksud dengan mobil barang adalah kendaraan bermotor yang digunakan untuk angkutan barang.

Baca juga: Mobil untuk Keluarga Mending MPV atau SUV?

Tetapi, mobil barang tetap boleh mengangku penumpang dengan syarat yang ada pada Pasal 137.

Mobil barang dilarang digunakan untuk angkutan orang, kecuali seperti yang dijelaskan di bawah ini.

  1. rasio kendaraan bermotor untuk angkutan orang, kondisi geografis, dan prasarana jalan di provinsi/kabupaten/kota belum memadai;
  2. untuk pengerahan atau pelatihan Tentara Nasional Indonesia dan/atau Kepolisian Negara Republik Indonesia; atau
  3. kepentingan lain berdasarkan pertimbangan Kepolisian Negara Republik Indonesia dan/atau Pemerintah Daerah.

Aturan-aturan tersebut ditegaskan pula dalam Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 55 Tahun 2012 Tentang Kendaraan dan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 74 Tahun 2014 Tentang Angkutan Jalan.

Jadi, mobil MPV dan SUV berkapasitas tujuh orang itu masuk ke dalam kategori mobil penumpang. Lantas bagaimana kalau mau bawa barang di mobil penumpang?

Berita Terkait

Author

What (apa), Who (siapa), When (kapan), Where (dimana), Why (kenapa), dan How (bagaimana). Suka kecepatan dan ketinggian. I am @arristoocrazy!