Bedanya TRD dengan Toyota Gazoo Racing di Indonesia

By Ferdi Julias - Agustus 19, 2021

Toyota Gazoo Racing resmi menggantikan TRD di Indonesia. Apa bedanya TRD dengan Toyota Gazoo Racing?

Bedanya TRD dengan Toyota Gazoo Racing

Penggemar otomotif Indonesia pasti sudah tidak asing dengan embel-embel TRD atau Toyota Racing Development yang banyak melekat di mobil-mobil Toyota. Namun, apa bedanya TRD dengan Toyota Gazoo Racing?

Keduanya memiliki karakteristik dan produk yang berbeda. Awalnya, TRD memang mengembangkan dan memasarkan part racing di Jepang.

Namun seiring berjalannya waktu, TRD Indonesia juga mulai fokus pada sport part untuk mobil keluaran Toyota.

Perwakilan TRD di tanah air, yaitu PT TRD Indonesia, berdiri sejak tahun 2012 dan bekerja sama dengan PT Toyota Astra Motor (TAM).

Baca juga: Resmi! Toyota Gazoo Racing Gantikan TRD di Indonesia

TRD Indonesia dipercaya sebagai developer dan pendukung dari mobil-mobil yang digunakan oleh Toyota Team Indonesia di ajang balap.

Namun, tepat di hari ini (19/8/2021), Toyota Gazoo Racing (TGR) resmi menggantikan TRD di Indonesia.

Apa bedanya TRD dengan Toyota Gazoo Racing?

Bedanya TRD dengan Toyota Gazoo Racing bisa dilihat dari perjalanan mereka di dunia otomotif nasional maupun global.

Sebelumnya, TRD memiliki tiga varian andalan di Indonesia, yaitu TRD Product, TRD S, dan TRD Sportivo.

TRD product merupakan spare parts asli dari Jepang langsung yang dikhususkan untuk keperluan balap, tidak untuk mobil-mobil komersial.

Bagi mobil Toyota yang digunakan untuk balap di lintasan tentu membutuhkan aerodinamika dan kecepatan maksimum dalam melajukan kendaraannya.

Di Indonesia, TRD Product digunakan oleh Toyota Team Indonesia (TTI) yang adalah tim balap mobil Toyota. TTI menggunakan mobil Toyota Agya dan Toyota Etios.

Baca juga: Ada Embel-embel TRD di Mobil Toyota, Ini Artinya

Sedangkan kelas Touring, andalannya adalah Toyota Yaris. Selain itu, TTI juga mengikuti kelas Speed Off Road dan Cross Country dengan mobil andalan Toyota Fortuner.

Selanjutnya, mobil Toyota dengan emblem TRD S di Indonesia biasanya dikhususkan untuk varian tertinggi, sebut saja di antaranya Toyota New Agya TRD S.

Mobil TRD S sudah dilengkapi dengan penambahan body kit yang sporty pada bagian eksterior. Sementara di bagian interiornya ditambah beberapa aksesoris.

Pada bagian mesin, tidak ada ubahan atau sentuhan spare part racing yang diberikan. Artinya TRD S hanya penambahan body kit dan aksesoris interior.

Tidak berbeda jauh dengan TRD S, mobil TRD Sportivo juga sering menjadi varian tertinggi di berbagai line-up.

Mobil-mobil TRD Sportivo yang dikenal adalah produk standar Toyota yang sudah lulus uji dengan standar kualitas Jepang dan dikembangkan oleh TRD Indonesia berkolaborasi dengan PT Toyota Astra Motor (TAM), khusus disediakan untuk konsumen yang menginginkan sentuhan gaya sporty.

Tidak hanya hanya penambahan body kit dan aksesoris interior, mobil TRD Sportivo disematkan beberapa spare parts, misalnya suspensi, velg, dan lain-lain.

Tidak semua mobil dari Toyota yang dipasarkan di Indonesia mendapatkan varian TRD Sportivo.

Sebenarnya, terdapat varian terakhir dengan embel-embel TRD, yaitu Kijang Innova TRD Sportivo Limited.

Baca juga: Fitur dan Harga Toyota Kijang Innova TRD Sportivo Limited Saat Diluncurkan

Mobil ini dibagi menjadi varian G dan V yang dibekali dengan transmisi manual lima percepatan dan otomatis lima percepatan.

Mesin Kijang Innova TRD Sportivo Limited berkapasitas 2.400 cc berbahan bakar diesel dengan tenaga 149 ps.

Selain VVT-i, mesin berkode 2GD-FTV yang juga digunakan pada Toyota Fortuner dan Toyota Hilux ini dilengkapi dengan variable nozzle turbocharger (VNT) dan intercooler.

Embel-embel Limited yang disematkan pada Kijang Innova TRD Sportivo bukan hanya sekedar penamaan.

Secara unit, TAM memang memproduksi mobil ini secara terbatas.

Baca juga: Toyota Kijang Kapsul dan Isuzu Panther, Mau Pilih Mana?

Jumlahnya hanya sekitar 2.633 unit. Tentu bisa menjadi collector item di masa yang akan datang, mengingat mobil ini menjadi MPV pertama dari Toyota yang memiliki versi TRD Sportivo.

Sejarah Toyota Gazoo Racing

Kemudian, bedanya TRD dengan Toyota Gazoo Racing adalah waktu berdirinya. Toyota Gazoo Racing secara resmi berdiri di tahun 2015.

Namun, sejarah Toyota Gazoo Racing sudah diukir jauh sebelumnya sejak tahun 2007, saat Toyota memutuskan untuk mengikuti ajang Nürburgring 24 jam dengan nama tim Gazoo Racing.

Nama Gazoo digunakan lantaran terdengar unik dan menggambarkan kegembiraan saat bertarung di lintasan balap.

Tim yang berlaga terdiri atas para karyawan Toyota tidak memiliki pengalaman di dunia balap, baik sebagai pembalap ataupun mekanik.

Baca juga: Perbedaan Label Pure GR dan GR Sport di Mobil-mobil Toyota

Awalnya, hanya ada 3 hal yang ingin diraih, yaitu mengasah kemampuan karyawan Toyota di lingkungan yang berat, mengembangkan performa kendaraan di trek balap paling ekstrem, serta berbagi harapan, kegembiraan dan antusiasme kepada para pecinta balap.

Mengandalkan 2 unit Toyota Altezza RS200, targetnya adalah menyelesaikan balapan selama 24 jam penuh.

Nyatanya, para karyawan Toyota berhasil survive di lomba yang begitu menuntut ketangguhan mobil, pembalap, dan mekanik.

Competition is the best training, karyawan Toyota belajar banyak dari lomba penuh tantangan ini.

Toyota Gazoo Racing

Seiring berjalannya waktu, Toyota Gazoo Racing melebarkan sayapnya, bersamaan dengan visi Akio Toyoda, yaitu to make ever-better cars.

Belajar dari pengalaman di dunia balap, Toyota melihat bahwa kompetisi di sirkuit membuat engineer memberikan dukungan teknologi sampai batas maksimal hingga melahirkan terobosan dan inovasi yang bisa diterapkan ke produksi massal.

Toyota Gazoo Racing mencatat raihan juara pertama umum di sirkuit Silverstone Inggris, Spa Belgia, Fuji Jepang, Shanghai China, dan Bahrain.

Baca juga: Kiprah Toyota Gazoo Racing, Kompetisi adalah Latihan Terbaik

Bahkan, di Spa dan Fuji sanggup meraih podium 1 dan 2. TGR mengakhiri musim 2017 di urutan kedua klasemen umum WEC 2017.

Pada 2018, Toyota Yaris dan Toyota Gazoo Racing langsung mencatat tinta emas dengan menjadi juara di lima kejuaraan reli dunia.

Lanjut tahun 2019, Ott Tänak dan Martin Järveoja meraih gelar juara dunia reli pertama mereka atau kelima untuk pereli Toyota, sedangkan Toyota Gazoo Racing meraih posisi kedua overall.

Saat pandemi Covid-19 belum melanda dunia tahun 2020, Toyota Yaris berhasil menang di Reli Swedia dan Meksiko.

Sementara di awal bulan September 2020, setelah lomba balap dunia mulai digelar kembali, pereli Toyota Gazoo Racing Sébastien Ogier berhasil meraih juara ketiga Reli Estonia.

Toyota GR Sport

Toyota Gazoo Racing gantikan TRD di Indonesia

Resmi hadir di Indonesia, Toyota Gazoo Racing (TGR) adalah jawaban PT Toyota Astra Motor (TAM) untuk memenuhi kebutuhan mobilitas, teknologi, serta tren yang beragam dan terus berkembang.

TGR membawa spirit motorsport, sebagai bagian dari upaya menghadirkan ever-better cars yang menyenangkan untuk dikendarai di Indonesia serta memenuhi kebutuhan pelanggan berjiwa sporty.

“Setelah 6 tahun resmi berdiri dan berkompetisi di berbagai ajang motorsport global, hari ini kami hadirkan Toyota Gazoo Racing untuk masyarakat Indonesia,” kata President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM) Susumu Matsuda.

Baca juga: 5 Model Toyota GR Sport Resmi Meluncur di Indonesia

Melalui Toyota Gazoo Racing, lanjutnya, TAM senantiasa berupaya untuk mewujudkan komitmen untuk menghadirkan ever-better cars dengan berpartisipasi aktif di berbagai ajang motorsport dunia.

Hadirnya TGR melalui line-up mobil varian GR Sport, maka otomatis menggantikan deretan varian TRD yang sudah hadir di Indonesia lebih dulu.

Datangnya brand TGR di Indonesia diklaim akan memberikan pilihan line-up yang lebih lengkap, mulai dari sports car hingga sporty car yang dapat menunjang kebutuhan mobilitas pelanggan sehari-hari.

Menarik untuk ditunggu, bagaimana bedanya TRD dengan Toyota Gazoo Racing bila disandingkan dengan produk-produk Toyota.

Berita Terkait

Author