Search Cars

Uncategorized

Minuman Khas Daerah Ini Bisa Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Banyak cara yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh, salah satunya dengan mengonsumsi minuman herbal daerah. Berikut ulasannya!

Tea

Terus meningkatnya angka orang yang positif terpapar virus Covid-19 mungkin membuat kamu kini rajin mengkonsumsi makanan serta suplemen yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh.  

Tapi tahukah kamu? Minuman khas daerah di Indonesia ini juga bisa memperkuat daya tahan tubuhmu lho. Minuman yang dibuat dari rempah atau bumbu-bumbu alami ini nyatanya berkhasiat untuk imunitas.

Berikut beberapa minuman khas daerah yang bisa dikonsumsi agar kekebalan tubuhmu meningkat.

 

Baca juga: 9 Minuman Indonesia yang Mendunia dan Dijamin Bikin Haus

 

Sarabba

Di Makassar, Sulawesi Selatan tidak hanya terkenal karena wisata kuliner Coto Makassar, Pallubasa, Sop Konro atau Pisang Ape saja. Tapi ada juga satu minuman yang tidak boleh dilewatkan dan menjadi minuman khas asli kota Daeng yakni Sarabba.

Minuman hangat yang terbuat dari jahe, gula aren dan sejumlah rempah-rempah ini dipercaya bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Tidak heran, jahe yang menjadi bahan baku minuman ini memang dikenal mengandung antioksidan yang baik bagi kekebalan tubuh.

 

Baca juga: Rekomendasi Makanan Sehat Khas Indonesia yang Baik Untuk Daya Tahan Tubuh

 

Kamu bisa menikmati Sarabba lewat pedagang kaki lima yang berjejer di sepanjang Jalan Sungai Cerekang. Kawasan sepanjang sungai ini sejak dulu memang dikenal menjadi salah satu tempat favorit bagi warga lokal untuk menikmati Sarabba, mulai dari kalangan muda hingga lanjut usia.

 

https://www.instagram.com/p/B2ptTw5nfPU/

Wedang Secang

Wedang asli Mojokerto, Jawa Timur ini merupakan minuman hangat yang terbuat dari kayu secang, jahe, kayu manis, cengkeh, kapulaga yang dicampur dengan daun pandan dan gula aren. Minuman berwarna merah ini merupakan minuman kegemaran para raja-raja di masa Kerajaan Majapahit. 

Sejak dulu Wedang Secang dipercaya memiliki khasiat untuk meningkatkan daya tahan tubuh, karena kandungan dalam kayunya yang bernama brazilin bermanfaat sebagai anti radang dan antioksidan.

 

Baca juga: Cara Mudah Antisipasi Penularan Virus COVID-19 Saat dalam Perjalanan

 

Di tempat asalnya, wedang secang diproduksi oleh ibu-ibu di Desa Bejijong, Kecamatan Trowulan. Wedang ini pun dibuat sesuai pesanan untuk menjaga khasiat dari wedang itu sendiri. Bagi kamu yang berminat, bisa membawa pulang minuman secang sebagai oleh-oleh saat singgah di Trowulan.

Wedang Coro

Mungkin belum banyak yang pernah mendengar minuman hangat yang diberi nama Wedang Coro. Minuman khas tradisional Kudus, Jawa Tengah ini sepintas mirip dengan bir pletok namun sebenarnya keduanya memiliki perbedaan.

Wedang Coro sebenarnya berkaitan erat dengan tradisi pertanian di Kudus dan dipercaya memiliki khasiat untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan menangkal kolesterol. Di daerah asalnya Wedang Coro dapat kamu temukan di warung dekat areal persawahan Desa Undaan Tengah.

Bahan-bahan utama yang dibutuhkan untuk membuat minuman sehat ini antara lain jahe, serai, merica, santan, dan gula merah. Minuman ini memiliki tekstur yang kental dan berwarna coklat muda. Rasanya pun cukup unik karena sedikit manis dan pedas.

Baca juga: Kaya Manfaat, Ini Daerah Penghasil Cokelat di Indonesia

 

Nah, itulah beberapa minuman tradisional yang dipercaya memiliki khasiat yang baik bagi tubuh. Meski tak bisa mencicipi minuman tradisional di atas dari tempat asalnya kamu tetap bisa membuatnya sendiri di rumah.

Saat ini langkah terbaik yang dapat kamu ambil adalah tetap #dirumahajadulu dan konsumsilah makanan hingga minuman yang dapat membantu tubuhmu tetap sehat.

Selain itu, untuk mengisi waktumu kamu juga bisa ikut bermain atau menyebarkan hal-hal menarik untuk sesama melalui sosial media Movic yaitu di Instagram @movic.id dan twitter @movic.id

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.